Roboguru

Sebutkan tiga contoh norma hukum!

Pertanyaan

Sebutkan tiga contoh norma hukum!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tiga contoh norma hukum:

  1. Membayar pajak
  2. Menaati peraturan lalu lintas
  3. Tidak merusak fasilitas umumundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

(1) Mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendaraan (2) Menunaikan ibadah dalam ajaran agama (3) Wajib membayar pajak penghasilan (4) Berlaku sopan terhadap orang lain (5) Bersedia menjadi saksi di pe...

Pembahasan Soal:

Norma hukum merupakan himpunan petunjuk atau perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat atau negara. Sangksi pada norma hukum bersifat mengikat dan memaksa. Berdasarkan ilustrasi perilaku yang mencerminkan norma hukum adalah:

  • Mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendaraan
  • Wajib membayar pajak penghasilan
  • Bersedia menjadi saksi di pengadilan

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Menunaikan ibadah dalam ajaran agama merupakan contoh norma agama
  • Berlaku sopan terhadap orang lain merupakan contoh norma kesopanan

0

Roboguru

Sekelompok penyeberang jalan melintas di zebra crops, sementara itu pengendara roda dua melaju dengan tertib dan memakai helm sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku. Kondisi tersebut menggambarkan ...

Pembahasan Soal:

Menyebrang di zebra cross serta mentaati peraturan lalu lintas adalah aturan-aturan hukum yang sudah tertulis di peraturan lalu lintas. Apabila ada yang melanggar bisa dikenakan sanksi hukum.

Berdasarkan penjelasn tersebut, jawaban yang tepat adalah A yaitu norma hukum.

0

Roboguru

Polisi menangkap dan menetapkan sembilan orang tersangka kasus narkoba. Adapun total barang bukti yang disita sejumlah 50,6 kg sabu dan 50 butir pil ekstasi. Berdasarkan tatanan sosialnya, peristiwa t...

Pembahasan Soal:

Tatanan sosial adalah suatu lingkungan sosial di mana individu-individunya saling berinteraksi atas dasar status dan peranan sosial yang diatur oleh seperangkat norma dan nilai. Dalam masyarakat terdapat beberapa macam norma sosial, yaitu :

  1. Norma Agama, merupakan norma yang menjadi pedoman hidup bagi manusia yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. 
  2. Norma kesusilaan, merupakan norma yang bersumber dari hati nurani manusia. Norma kesusilaan mendorong manusia untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan buruk. 
  3. Norma kesopanan, norma ini didasari beberapa hal, seperti kebiasaan, kepantasan, kepatutan yang berlaku di masyarakat. 
  4. Norma hukum, Norma hukum bersumber dari negara atau pemerintah yang diatur dalam Undang-Undang. Norma hukum memiliki sifat memaksa untuk melindungi kepentingan dalam pergaulan hidup di masyarakat.

Berdasarkan ilustrasi yang terdapat pada soal, maka dapat diketahui bahwa tatanan sosial tersebut termasuk pada norma hukum. Hal ini disebabkan adanya peranan lembaga kepolisian dalam mengatasi masalah. Sehingga, jawabannya adalah norma hukum.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan perilaku berikut! (1) Mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendaraan (2) Menunaikan ibadah dalam ajaran agama (3) Wajib membayar pajak penghasilan (4) Berlaku sopan terhadap orang lain...

Pembahasan Soal:

Norma merupakan kumpulan nilai-nilai yang dijadikan sebagai pedoman berperilaku di masyarakat. Salah satu jenis norma dapat berupa norma hukum. Norma hukum artinya segala peraturan yang diatur dalam undang-undang yang bersifat legal-formal. Contoh dari penerapan norma hukum dalam kehidupan sehari-hari, seperti mematuhi aturan lalu lintas, taat membayar pajak, dan menjadi saksi di pengadilan.

 

0

Roboguru

Jika melanggar norma hukum, pelanggarnya akan mendapatkan sanksi yang tegas karena ….

Pembahasan Soal:

Norma hukum adalah norma yang didasarkan pada undang-undang tertulis yang dibuat secara resmi oleh badan negara dengan tujuan mengatur kehidupan manusia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Norma ini sifatnya memaksa. Artinya, setiap anggota masyarakat wajib mematuhi segala aturan perundang-undangan yang berlaku. Selain bersifat memaksa, norma hukum juga memiliki sanksi yang tegas. Setiap jenis pelanggaran yang dilakukan, akan sesuai dengan hukum yang didapatkan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved