Roboguru

Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan tersebut adalah .... 

  1. Orang pertama sebagai pelaku utama 

  2. Orang ketiga terarah 

  3. Orang ketiga serba tahu 

  4. Orang ketiga bukan tokoh utama 

  5. Orang pertama sebagai pengamat 

Pembahasan Soal:

Novel adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur pembentuk intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur-unsur dalam atau merupakan unsur utama yang membangun utuhnya sebuah novel diantaranya yaitu tema, alur, latar, tokoh, penokohan, sudut pandang, gaya cerita, dan amanat. 

Unsur Intrinsik novel antara lain: 

  1. Tema. tema adalah makna yang dikandung oleh sebuah cerita.
  2. Tokoh dan penokohan. Tokoh adalah pemeran dalam cerita. Penokohan merupakan karakter tiap pemeran. Penokohan dibagi menjadi tiga, yaitu protagonis, antagonis, dan tirtagonis. 
  3. Latar. latar adalah keterangan waktu, tempat, atau suasana sebuah cerita berlangsung. 
  4. Alur.  Alur adalah istilah sastra yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang membentuk sebuah cerita, atau bagian utama dari sebuah cerita. Peristiwa-peristiwa ini berhubungan satu sama lain dalam suatu pola atau urutan. Alur dibagi menjadi, alur maju, alur mundur, dan alur campuran. 
  5. Sudut pandang. Sudut pandang adalah cara narasi yang digunakan penulis untuk membiarkan pembaca “mendengar” dan “melihat” apa yang terjadi dalam sebuah cerita. Sudut pandang dibagi menjadi sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang pertama dapat dibagi menjadi sudut pandang orang pertama pelaku utama dan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan. Sudut pandang orang ketiga, dibagi menjadi sudut pandang orang ketiga di luar cerita (pengamat) dan orang ketiga serba tahu. 
  6. Amanat. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan seorang pengarang melalui cerita. Amanat juga disebut sebagai pesan yang mendasari cerita yang ingin disampaikan pengarang kepada para pembaca.
  7. Gaya bahasa/gaya bercerita. gaya bahasa biasanya menggambarkan jenis cerita tersebut. Novel sastra biasanya menggunakan gaya bahasa baku, sedangkan novel populer menggunakan gaya bahasa santai atau semiformal.

Berdasarkan penjelasan tersebut, sudut pandang yang digunakan dalam kutipan di atas adalah sudut pandang Orang ketiga serba tahu. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan kata ganti orang ketiga, seperti menyebutkan nama atau -nya, dalam kalimat Saleh menganggap bahagia itu lain artinya. Jenis sudut pandang orang ketiga yang digunakan dalam kutipan novel di atas adalah orang ketiga serba tahu, pengarang tidak hanya sebagai pengamat, tapi mengetahui segala pemikiran tokoh baik yang diucapkan maupun dipikirkan. Hal ini terbukti dari kalimat Baginya yang dinamakan bahagia itu dapat menurutkan desakkan hatinya, dapat mengembangkan tenaga dan kecakapannyan sepenuh-penuhnya dan menyerahkannya kepada yang terasa terhadapnya dan yang termulia dalam hidup ini.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan novel tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Novel adalah karangan prosa yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seorang tokoh dengan tokoh di sekelilingnya dan menonjolkan watak setiap tokoh tersebut. Salah satu unsur intrinsik novel adalah sudut pandang, yaitu cara atau pandangan yang digunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita. Berikut adalah jenis sudut pandang:

  1. Sudut pandang orang pertama
    Pengarang langsung sebagai orang pertama, sebagai tokoh yang terlibat dalam cerita yang bersangkutan, biasanya menggunakan kata aku, saya, kami.
  2. Sudut pandang orang ketiga
    Pengarang berperan sebagai orang ketiga, yaitu sebagai pengamat, namun bisa juga serba tahu. Sebagai pengamat, pengarang tidak terlibat dalam cerita. Sementara itu, orang ketiga serba tahu memosisikan pengarang mengetahui jalan pemikiran tokoh. Biasanya menggunakan kata ganti orang ketiga dia atau nama orang untuk tokoh-tokohnya.

Pada kutipan novel di atas, penulis menggunakan kata aku. Oleh karena itu, sudut pandang yang digunakan dalam kutipan novel tersebut adalah orang pertama pelaku utama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Pada hari kedua, pertemuan diadakan di gedung Oost Java Bioscoop yang ada di Koningsplein Noord tepat pukul 08.00 WIB. Pengunjung temyata tetap banyak. Bahkan, sepengamatan Supratman tak hanya pemuda,...

Pembahasan Soal:

Pembahasan 

Sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga tunggal.
Bukti : ."..Bahkan, sepengamatan Supratman ......".

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Perhatikan kutipan novel berikut !     Sesudah bertahun-tahun mengajar, aku tidak menyesal telah menuruti nasihat orang tua. Aku senang kepada pekerjaanku. Setiap hari aku berhadapan dengan anak-ana...

Pembahasan Soal:

Sudut pandang pengarang dalam kutipan novel tersebut adalah orang pertama pelaku utama. Sebab, kutipan teks tersebut menggunakan kata "aku" di dalam ceritanya dan segala hal yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, tingkah laku, atau kejadian yang tokoh “aku” lakukan digambarkan pada cerita tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. undefined

Roboguru

Perhatikan kutipan novel berikut!     Hari itu, Annabele sibuk belajar menjahit bersama pembantunya di paviliun belakang rumah. Sementara, Jantje berlarian ke sana ke mari sambil membidikkan pistol-...

Pembahasan Soal:

Penokohan:

  1. Annabelle: peduli, penyayang, cerdas
  2. Jantje: mandiri

Latar: di paviliun belakang rumah: "Hari itu, Annabele sibuk belajar menjahit bersama pembantunya di paviliun belakang rumah.

Sudut pandang: orang ketiga serba tahu undefined

Roboguru

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam novel tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Novel merupakan jenis karya sastra yang ditulis dalam bentuk naratif yang mengandung konflik tertentu dalam kisah kehidupan tokoh-tokoh dalam ceritanya. Adapun salah satu unsur intrinsik novel adalah sudut pandang, yaitu posisi pengarang dalam menyampaikan ceritanya. Berikut adalah jenis sudut pandang:

  • Sudut pandang orang pertama, menempatkan pengarang berperan langsung sebagai orang pertama, atau sebagai tokoh yang terlibat dalam cerita yang bersangkutan, menggunakan kata ganti orang pertama, seperti aku, saya, kami.
  • Sudut pandang orang ketiga, menempatkan pengarang berperan sebagai orang ketiga, baik sebagai pengamat maupun orang ketiga serbatahu, menggunakan kata ganti orang ketiga dia atau nama orang untuk tokoh­-tokohnya.

Oleh karena itu, sudut pandang yang digunakan pengarang dalam novel tersebut adalah sudut pandang orang pertama pelaku utama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved