Roboguru

“anak tukang cukur itu mau menikah. Nasibnya baik. Dia mendapatkan jodoh seorang pegawai negeri. Siapa mengira, anak si tukang cukur, bisa mendapatkan jodohnya seorang pegawai kantoran.” Sudut panda

“anak tukang cukur itu mau menikah. Nasibnya baik. Dia mendapatkan jodoh seorang pegawai negeri. Siapa mengira, anak si tukang cukur, bisa mendapatkan jodohnya seorang pegawai kantoran.”space 

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah …space 

  1. orang pertama sebagai tokoh utama.space 

  2. orang pertama sebagai tokoh sampingan.space 

  3. orang ketiga sebagai pencerita.space 

  4. orang pertama bukan tokoh utama.space 

  5. orang pertama dan ketiga.space 

Jawaban:

Sudut pandang merupakan cara suatu cerita dikisahkan atau pandangan yang dipergunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tidakan, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita dalam suatu karya kepada pembaca. Jenis sudut pandang yaitu:

  1. Sudut pandang orang pertama: pada sudut orang pertama penulis menempatkan diri sebagai sosok di dalam cerita. Sudut pandang orang pertama biasanya menggunakan kata ganti “aku” atau “saya” atau juga “kami” (jamak).
  2. Sudut pandang orang ketiga: pada sudut pandang orang ketiga penulis menempatkan diri sebagai sosok di luar cerita kata rujukanyang digunakan ialah “dia” “ia” atau nama tokoh dan juga mereka (jamak) .

 

Sudut pandang orang pertama menggunakan Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah orang ketiga sebagai pencerita.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved