Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu senyawa yang mengandung belerang dan oksigen diketahui sebagai senyawa polutan berbahaya. Senyawa ini menjadi penyebab utama terjadinya hujan asam. Analisis terhadap sampel senyawa mumi ini menunjukkan bahwa senyawa ini mengandung 51,1% belerang dan 49,9% oksigen dalam persen massa. Apa rumus empiris senyawaini?

Suatu senyawa yang mengandung belerang dan oksigen diketahui sebagai senyawa polutan berbahaya. Senyawa ini menjadi penyebab utama terjadinya hujan asam. Analisis terhadap sampel senyawa mumi ini menunjukkan bahwa senyawa ini mengandung 51,1% belerang dan 49,9% oksigen dalam persen massa. Apa rumus empiris senyawa ini?space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang paling tepat adalah SO 2 ​ . Rumus empiris merupakan rumus yang menunjukan perbandingan paling sederhana jumlah atom-atom dari suatu senyawa. Nilai perbandingan ini dapat diperoleh dengan membagi jumlah mol setiap atom dengan mol atom yang jumlahnya paling kecil. Jumlah atom dalam suatu senyawa adalah tertentu sesuai dengan persentasenya masing-masing. Untuk menjawab soal ini maka harus ditentukan jumlah mol atom unsur Belerang dan unsur Oksigen, kemudian bandingkan dengan hasil jumlah mol atom terkecil diantara kedua unsur tersebut. Dengan asumsi bahwa massa senyawa murninya adalah 100 gram maka alur perhitungannya adalah sebagai berikut : Massa atom S = 51 , 1% x 100 gram Massa atom S = 51 , 1 gram Massa atom O = 49 , 9% x 100 gram Massa atom O = 49 , 9 gram Jumlah mol atom S = BM S Massa atom S ​ Jumlah mol atom S = 32 gram / mol 51 , 1 gram ​ Jumlah mol atom S = 1 , 59 mol Jumlah mol atom O = BM O Massa atom O ​ Jumlah mol atom O = 16 gram / mol 49 , 9 gram ​ Jumlah mol atom O = 3 , 12 mol Mol terkecil = mol atom S = 1 , 59 mol Jumlah mol atom terkecil Jumlah mol atom S ​ = 1 , 59 mol 1 , 59 mol ​ Jumlah mol atom terkecil Jumlah mol atom S ​ = 1 Jumlah mol atom terkecil Jumlah mol atom O ​ = 1 , 59 mol 3 , 12 mol ​ Jumlah mol atom terkecil Jumlah mol atom O ​ = 2 Berdasarkan pemaparan tersebut bahwa Belerang memiliki 1 atom dan Oksigen memiliki 2 atom. Jika ada hasil bagi yang desimal, dibulatkan saja.

Jawaban yang paling tepat adalah  .


Rumus empiris merupakan rumus yang menunjukan perbandingan paling sederhana jumlah atom-atom dari suatu senyawa. Nilai perbandingan ini dapat diperoleh dengan membagi jumlah mol setiap atom dengan mol atom yang jumlahnya paling kecil. Jumlah atom dalam suatu senyawa adalah tertentu sesuai dengan persentasenya masing-masing. Untuk menjawab soal ini maka harus ditentukan jumlah mol atom unsur Belerang dan unsur Oksigen, kemudian bandingkan dengan hasil jumlah mol atom terkecil diantara kedua unsur tersebut. Dengan asumsi bahwa massa senyawa murninya adalah 100 gram maka alur perhitungannya adalah sebagai berikut :



Berdasarkan pemaparan tersebut bahwa Belerang memiliki 1 atom dan Oksigen memiliki 2 atom. Jika ada hasil bagi yang desimal, dibulatkan saja.   

Latihan Bab

Hitungan Stoikiometri Reaksi Sederhana

Hitungan Stoikiometri Reaksi dengan Pereaksi Pembatas

Hitungan Stoikiometri Reaksi dengan Senyawa Hidrat

Stoikiometri Senyawa

453

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam percobaan di laboratorium, terjadireaksi antara N 2 ​ F 4 ​ dengan S 2 ​ O 6 ​ F 2 ​ yang terjadipada suhu ruang. Analisis terhadap gastersebut memberikan hasil 9,48% N ; 20,9% S ; 31,62% O ; da...

143

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia