Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20.


Pangeran Surabaya mengumpulkan para bupati Bang Wetan yang belum tunduk kepada Mataram. Mereka bermusyawarah untuk membedah Mataram karena sudah lama mereka dikejar-kejar. Lalu, mereka menemui Kanjeng Sunan Giri untuk memohon restu. Akan tetapi, Sunan Giri tidak mengizinkannya karena Kanjeng Sunan sudah tahu kepastian Allah bahwa negeri Mataram akan memerintah seluruh tanah Jawa. Para bupati tidak diizinkan melanjutkan niatnya. Jika berani, akan mendapat kerusakan. Akan tetapi, para bupati memaksa karena percaya kepada prajuritnya yang banyak. Para bupati sudah pamit lalu berkumpul di Surabaya, mengatur strategi dan jalan yang akan dilalui. Kata Kajineman Surabaya, "Sebaiknya lewat Madiun. Daerahnya rata, murah padi, dan sumber airnya banyak."

(Babad Tanah Jawi)space 

Strukturyang dominan pada teks tersebut adalah bagian ....

Struktur yang dominan pada teks tersebut adalah bagian ....space 

  1. orientasispace 

  2. urutan peristiwaspace 

  3. komplikasispace 

  4. solusispace 

  5. reorientasispace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Teks cerita sejarah merupakan teks narasi yang menceritakan peristiwa sejarah di masa lampau. Teks cerita sejarah dapat menceritakan peristiwa, tokoh, maupun momen bersejarah. Teks cerita sejarah memiliki struktur meliputi orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Penjelasan masing-masing struktur sebagai berikut: Orientasi , yaitu berisi gambaran umum mengenai peristiwa sejarah tersebut. Bagian ini biasanya berada di awal teks yang berisi nama peristiwa, latar belakang peristiwa, waktu terjadinya peristiwa, dan informasi umumlainnya yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Urutan Peristiwa , yaitu penyajian rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis. Bagian ini bisa berisiperistiwa yang menjadi latar belakang atau penyebab dan peristiwa-peristiwa lanjutan melalui penggunaan waktu seperti hari, tanggal, bulan, tahun, dan tempat kejadian. Reorientasi , yaitu peninjauan kembali peristiwa sejarah untuk masa kini. Bagian ini bersifat opsional, artinya boleh dibuat maupun tidak. Kutipan teksdi atas merupakan teks cerita sejarah bagian urutan peristiwa. Tekstersebut berisi rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis. Mulai dari Pangeran Surabaya yang mengumpulkanpara bupati Bang Wetan yang belum tunduk kepada Mataram. Lalu, menemuiKanjeng Sunan Giri untuk memohon restu membedah Mataram. Akan tetapi, Sunan Giri tidak mengizinkan niat tersebut. Para bupati memaksa karena percaya kepada prajuritnya yang banyak dan tetap melanjutkan niatnya. Berdasarkan penjelasan di atas, strukturyang dominan pada teks tersebut adalah bagian urutan peristiwa . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Teks cerita sejarah merupakan teks narasi yang menceritakan peristiwa sejarah di masa lampau. Teks cerita sejarah dapat menceritakan peristiwa, tokoh, maupun momen bersejarah. Teks cerita sejarah memiliki struktur meliputi orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Penjelasan masing-masing struktur sebagai berikut:

  1. Orientasi, yaitu berisi gambaran umum mengenai peristiwa sejarah tersebut. Bagian ini biasanya berada di awal teks yang berisi nama peristiwa, latar belakang peristiwa, waktu terjadinya peristiwa, dan informasi umum lainnya yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.
  2. Urutan Peristiwa, yaitu penyajian rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis. Bagian ini bisa berisi peristiwa yang menjadi latar belakang atau penyebab dan peristiwa-peristiwa lanjutan melalui penggunaan waktu seperti hari, tanggal, bulan, tahun, dan tempat kejadian.
  3. Reorientasi, yaitu peninjauan kembali peristiwa sejarah untuk masa kini. Bagian ini bersifat opsional, artinya boleh dibuat maupun tidak. 

Kutipan teks di atas merupakan teks cerita sejarah bagian urutan peristiwa. Teks tersebut berisi rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis. Mulai dari Pangeran Surabaya yang mengumpulkan para bupati Bang Wetan yang belum tunduk kepada Mataram. Lalu, menemui Kanjeng Sunan Giri untuk memohon restu membedah Mataram. Akan tetapi, Sunan Giri tidak mengizinkan niat tersebut. Para bupati memaksa karena percaya kepada prajuritnya yang banyak dan tetap melanjutkan niatnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, struktur yang dominan pada teks tersebut adalah bagian urutan peristiwa.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dilihat dari strukturnya, kutipan novel sejarah tersebut termasuk ke dalam . . . .

13

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia