Iklan

Iklan

Pertanyaan

    Pada tanggal 12 November 1998, ratusan ribu mahasiswa dan masyarakat bergerak menuju ke gedung DPR/MPR dari segala arah (Semanggi, Slipi, Kuningan). Akan tetapi, tidak ada yang berhasil menembus ke sana. Wilayah-wilayah itu dikawal dengan sangat ketat oleh tentara, brimob, dan juga pamswakarsa (pengaman sipil yang bersenjata bambu runcing untuk diadu dengan mahasiswa). Pada malam harinya, terjadi bentrok pertama kali di kawasan Slipi. Puluhan mahasiswa masuk rumah sakit. Satu orang pelajar, Lukman Firdaus, terluka berat dan masuk rumah sakit. Beberapa hari kemudian, ia meninggal dunia.

    Esok harinya, Jumat, 13 November 1998, banyak mahasiswa dan masyarakat sudah bergabung dan mendekati kawasan Semanggi dan sekitarnya. Mereka bergabung dengan mahasiswa yang sudah ada di depan Kampus Unika Atma Jaya. Jalan Sudirman sudah dihadang oleh aparat sejak malam, pagi, hingga siang harinya jumlah aparat semakin banyak guna mengadang laju mahasiswa dan masyarakat. Kali ini, mahasiswa bersama masyarakat dikepung dari dua arah sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dengan menggunakan kendaraan lapis baja.space 

Kedua paragraf tersebut dikutip dari teks cerita sejarah bagian struktur ....

Kedua paragraf tersebut dikutip dari teks cerita sejarah bagian struktur ....space 

  1. orientasispace 

  2. rangkaian peristiwaspace 

  3. komplikasispace 

  4. resolusispace 

  5. reorientasispace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Teks cerita sejarah merupakan teks narasi yang menceritakan peristiwa sejarah di masa lampau. Teks cerita sejarah dapat menceritakan peristiwa, tokoh, maupun momen bersejarah. Teks cerita sejarah memiliki struktur meliputi orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Penjelasan masing-masing struktur sebagai berikut: Orientasi , yaitu berisi gambaran umum mengenai peristiwa sejarah tersebut. Bagian ini biasanya berada di awal teks yang berisi nama peristiwa, latar belakang peristiwa, waktu terjadinya peristiwa, dan informasi umumlainnya yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Urutan Peristiwa , yaitu penyajian rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis. Bagian ini bisa berisiperistiwa yang menjadi latar belakang atau penyebab dan peristiwa-peristiwa lanjutan melalui penggunaan waktu seperti hari, tanggal, bulan, tahun, dan tempat kejadian. Reorientasi , yaitu peninjauan kembali peristiwa sejarah untuk masa kini. Bagian ini bersifat opsional, artinya boleh dibuat maupun tidak. Kutipan teks cerita sejarah di atas berisi latar belakang dan urutan kronologis peristiwa demonstrasi yang dilakukan masyarakat dan mahasiswa pada 12-13 November 1998. Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan teks cerita sejarah tersebut termasuk bagian struktur rangkaian peristiwa . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Teks cerita sejarah merupakan teks narasi yang menceritakan peristiwa sejarah di masa lampau. Teks cerita sejarah dapat menceritakan peristiwa, tokoh, maupun momen bersejarah. Teks cerita sejarah memiliki struktur meliputi orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Penjelasan masing-masing struktur sebagai berikut:

  1. Orientasi, yaitu berisi gambaran umum mengenai peristiwa sejarah tersebut. Bagian ini biasanya berada di awal teks yang berisi nama peristiwa, latar belakang peristiwa, waktu terjadinya peristiwa, dan informasi umum lainnya yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.
  2. Urutan Peristiwa, yaitu penyajian rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis. Bagian ini bisa berisi peristiwa yang menjadi latar belakang atau penyebab dan peristiwa-peristiwa lanjutan melalui penggunaan waktu seperti hari, tanggal, bulan, tahun, dan tempat kejadian.
  3. Reorientasi, yaitu peninjauan kembali peristiwa sejarah untuk masa kini. Bagian ini bersifat opsional, artinya boleh dibuat maupun tidak. 

Kutipan teks cerita sejarah di atas berisi latar belakang dan urutan kronologis peristiwa demonstrasi yang dilakukan masyarakat dan mahasiswa pada 12-13 November 1998. 

Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan teks cerita sejarah tersebut termasuk bagian struktur rangkaian peristiwa.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penggalan teks di atas menggunakan struktur teks novel sejarah yaitu ...

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia