Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 4-6.


Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara, hari Buruh dijadikan hari libur tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.space 

Paragraf tersebut merupakan kutipan teks cerita sejarah bagian struktur ....

Paragraf tersebut merupakan kutipan teks cerita sejarah bagian struktur ....space 

  1. orientasispace 

  2. rangkaian peristiwaspace 

  3. komplikasispace 

  4. resolusispace 

  5. reorientasispace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Teks cerita sejarah merupakan teks narasi yang menceritakan peristiwa sejarah di masa lampau. Teks cerita sejarah dapat menceritakan peristiwa, tokoh, maupun momen bersejarah. Teks cerita sejarah memiliki struktur atau pola alur meliputi orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Penjelasan masing-masing struktur sebagai berikut: Orientasi , yaitu berisi gambaran umum mengenai peristiwa sejarah tersebut. Bagian ini biasanya berada di awal teks yang berisi nama peristiwa, latar belakang peristiwa, waktu terjadinya peristiwa, dan informasi umumlainnya yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Urutan Peristiwa , yaitu penyajian rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis. Bagian ini bisa berisiperistiwa yang menjadi latar belakang atau penyebab dan peristiwa-peristiwa lanjutan melalui penggunaan waktu seperti hari, tanggal, bulan, tahun, dan tempat kejadian. Reorientasi , yaitu peninjauan kembali peristiwa sejarah untuk masa kini. Bagian ini bersifat opsional, artinya boleh dibuat maupun tidak. Kutipan teks cerita sejarah di atas berisi gambaran umum mengenai peristiwa hari Buruh yang ditetapkan 1 Mei setiap tahunnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, paragraf tersebut merupakan kutipan teks cerita sejarah bagian struktur orientasi Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Teks cerita sejarah merupakan teks narasi yang menceritakan peristiwa sejarah di masa lampau. Teks cerita sejarah dapat menceritakan peristiwa, tokoh, maupun momen bersejarah. Teks cerita sejarah memiliki struktur atau pola alur meliputi orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Penjelasan masing-masing struktur sebagai berikut:

  1. Orientasi, yaitu berisi gambaran umum mengenai peristiwa sejarah tersebut. Bagian ini biasanya berada di awal teks yang berisi nama peristiwa, latar belakang peristiwa, waktu terjadinya peristiwa, dan informasi umum lainnya yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.
  2. Urutan Peristiwa, yaitu penyajian rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis. Bagian ini bisa berisi peristiwa yang menjadi latar belakang atau penyebab dan peristiwa-peristiwa lanjutan melalui penggunaan waktu seperti hari, tanggal, bulan, tahun, dan tempat kejadian.
  3. Reorientasi, yaitu peninjauan kembali peristiwa sejarah untuk masa kini. Bagian ini bersifat opsional, artinya boleh dibuat maupun tidak. 

Kutipan teks cerita sejarah di atas berisi gambaran umum mengenai peristiwa hari Buruh yang ditetapkan 1 Mei setiap tahunnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, paragraf tersebut merupakan kutipan teks cerita sejarah bagian struktur orientasi


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Najmi Fauziya Azmi

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dilihat dari strukturnya, kutipan novel sejarah tersebut termasuk ke dalam . . . .

14

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia