Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks tanggapan berikut!
 

Siswa dan Sarapan

    Sarapan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama siswa. Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang tidak sarapan. Saat tiba di sekolah para siswa beramai-ramai mengunjungi kantin sekolah. Para siswa membeli berbagai makanan yang tersedia di kantin. Beberapa siswa ada yang membeli gorengan, nasi, mie instan, atau minuman softdrink. Aktivitas tersebut mereka lakukan secara rutin setiap hari. Fenomena ini mungkin telah menjadi kebiasaan. Namun, apakah kebiasaan tersebut baik bagi tubuh kita?

    Tahukah siswa bahwa mereka berangkat ke sekolah mempunyai tujuan utama, yakni belajar. Proses belajar memerlukan aktivitas otak. Otak tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tidak diberi nutrisi dengan baik. Kinerja otak yang tidak baik akan memengaruhi proses belajar. Ada perbedaan sikap dan kesiapan antara siswa yang telah sarapan dengan yang belum sarapan. Siswa yang telah sarapan cenderung lebih tenang. Akan tetapi, siswa yang belum sarapan terlihat gelisah dan tidak siap menerima materi pelajaran. Wajahnya terlihat lesu dan kurang bersemangat.

    Penelitian menunjukkan siswa yang rutin sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding siswa yang berangkat dari rumah dengan perut kosong. Menu sarapan sebaiknya tidak berlebihan. Menu sarapan yang bisa dikategorikan sebagai bahan bakar otak adalah kaya serat, mengandung karbohidrat, dan vitamin. Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicerna dengan lambat sehingga menyediakan energi yang konstan dan tidak cepat lapar. Sarapan memiliki fungsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sarapan juga dapat menurunkan berat badan.

    Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan menjadi pola disiplin untuk sarapan. Kesiapan fisik siswa harus dijaga dalam keadaan baik. Fisik yang prima akan memberikan dampak yang baik bagi prestasi dalam belajar. Prestasi belajar yang cemerlang merupakan jalan untuk meraih kesuksesan.

Disadur dari: http://daunsimpor.blogspot.co.id/2015/10Contoh-teks-tanggapan-kritishtml,diunduh 16 Januari 2018space 

Struktur teks tanggapan di atas yang berisi penilaian terdapat pada paragraf ke…

Struktur teks tanggapan di atas yang berisi penilaian terdapat pada paragraf ke…space 

  1. 4space 

  2. 3space 

  3. 2space 

  4. 1space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A. ​​​​​​​

jawaban yang benar adalah pilihan A.space ​​​​​​​

Iklan

Pembahasan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat terhadap segala sesuatu seperti isu lingkungan hidup, kondisi sosial, keragaman budaya, peristiwa, fenomena, ucapan dan perbuatan, atau tentang suatu karya orang lain. Sebagaimana sebuah tanggapan pada umumnya, di dalam sebuah tanggapan terdapat sejumlah informasi, seperti kritik, sanggahan, alasan, saran, maupun pujian. Berikut struktur teks tanggapan: Evaluasi: berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. Deskripsi Teks: informasi tentang data-data dan fakta-faktauntuk mendukung pendapat yang disampaikan dalam teks tanggapan. Penegasan Ulang: berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah diungkapkan dalam deskripsi teks, dan biasanya berisi penilaian akhir terhadap sesuatu. Maka, struktur teks tanggapan di atas yang berisi penilaian terdapat pada paragraf ke- 4 . Berdasarkan kutipan berikut: Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan menjadi pola disiplin untuk sarapan. Ditandai dengan kalimat saran sebaiknya . Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A. ​​​​​​​

Teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat terhadap segala sesuatu seperti isu lingkungan hidup, kondisi sosial, keragaman budaya, peristiwa, fenomena, ucapan dan perbuatan, atau tentang suatu karya orang lain. Sebagaimana sebuah tanggapan pada umumnya, di dalam sebuah tanggapan terdapat sejumlah informasi, seperti kritik, sanggahan, alasan, saran, maupun pujian.

Berikut struktur teks tanggapan:

  1. Evaluasi: berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.
  2. Deskripsi Teks: informasi tentang data-data dan fakta-fakta untuk mendukung pendapat yang disampaikan dalam teks tanggapan.
  3. Penegasan Ulang: berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah diungkapkan dalam deskripsi teks, dan biasanya berisi penilaian akhir terhadap sesuatu.

Maka, struktur teks tanggapan di atas yang berisi penilaian terdapat pada paragraf ke-4. Berdasarkan kutipan berikut:

Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan menjadi pola disiplin untuk sarapan.

Ditandai dengan kalimat saran sebaiknya.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space ​​​​​​​

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

Marsya Ratu Shafira

Makasih ❤️

BotFuture

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Paragraf mana yang berisi evaluasi terhadap kondisi pencemaran lingkungan pada saat ini?

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia