Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Terbentuknya persekutuan yang melibatkan negara-negara besar politik aliansi menjadi salah satu faktor terjadinya Perang Dunia I. SEBAB Kuatnya persaingan antarnegara di Eropa didukung oleh kemajuan industri yang pesat memunculkan hasrat negara-negara tersebut untuk memperluas wilayah kekuasaannya.

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Terbentuknya persekutuan yang melibatkan negara-negara besar politik aliansi menjadi salah satu faktor terjadinya Perang Dunia I.

SEBAB

Kuatnya persaingan antarnegara di Eropa didukung oleh kemajuan industri yang pesat memunculkan hasrat negara-negara tersebut untuk memperluas wilayah kekuasaannya.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah B. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pernyataan benar. Terbentuknya persekutuan yang melibatkan negara-negara besar politik aliansi menjadi salah satu faktor terjadinya Perang Dunia I. Pembentukan politik aliansi Perang Dunia I dilatarbelakangi karena masing-masing negara merasa terancam oleh negara lain, sehingga politik ini bertujuan untuk membentuk kesepakatan apabila salah satu negara diserang, maka anggota negara yang lain harus membantu. Alasan benar. Kuatnya persaingan antarnegara di Eropa didukung oleh kemajuan industri yang pesat memunculkan hasrat negara-negara tersebut untuk memperluas wilayah kekuasaannya. Perkembangan industri, sistem imperialisme, dan militerisme di wilayah Eropa menyebabkan timbulnya banyak konflik diantara negara-negara Eropa. Mereka memiliki kepentingan yang berbeda, namun tujuannya sama yaitu untuk memperkaya negara mereka sendiri. Konflik-konflik yang terjadi membuat negara-negara yang bertikai membentuk aliansi politik dan militer untuk menyeimbangkan kekuatan dengan lawannya. Jadi pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah B.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pernyataan benar. Terbentuknya persekutuan yang melibatkan negara-negara besar politik aliansi menjadi salah satu faktor terjadinya Perang Dunia I. Pembentukan politik aliansi Perang Dunia I dilatarbelakangi karena masing-masing negara merasa terancam oleh negara lain, sehingga politik ini bertujuan untuk membentuk kesepakatan apabila salah satu negara diserang, maka anggota negara yang lain harus membantu.

Alasan benar. Kuatnya persaingan antarnegara di Eropa didukung oleh kemajuan industri yang pesat memunculkan hasrat negara-negara tersebut untuk memperluas wilayah kekuasaannya. Perkembangan industri, sistem imperialisme, dan militerisme di wilayah Eropa menyebabkan timbulnya banyak konflik diantara negara-negara Eropa. Mereka memiliki kepentingan yang berbeda, namun tujuannya sama yaitu untuk memperkaya negara mereka sendiri. Konflik-konflik yang terjadi membuat negara-negara yang bertikai membentuk aliansi politik dan militer untuk menyeimbangkan kekuatan dengan lawannya. Jadi pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu sebab umum terjadinya Perang Dunia I, yaitu pertentangan antara Rusia melawan Austria. Pokok persoalannya mengenai ...

31

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia