Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia I dan merugikan Jerman adalah ...

Perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia I dan merugikan Jerman adalah ...

  1. Perjanjian Seures

  2. Perjanjian Versailles

  3. Perjanjian Trianon

  4. Perjanjian Meulilly

  5. Perjanjian St. Germain

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Perjanjian Versailles adalah perjanjian utama yang dihasilkan dari Konferensi Perdamaian Paris pada akhir Perang Dunia I. Perjanjian tersebut ditandatangani pada 28 Juni 1919, oleh pihak Sekutu dan oleh Jerman di Hall of Mirrors, Istana Versailles dan mulai berlaku pada 10 Januari 1920.Tokoh utama yang bertanggung jawab atas Perjanjian Versailles adalah Presiden AS. Woodrow Wilson, Perdana Menteri Prancis Georges Clemenceau, dan Perdana Menteri Inggris David Lloyd George. Perdana Menteri Italia Vittorio Orlando adalah seorang delegasi tetapi tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Wilson berusaha menciptakan sistem egaliter yang akan mencegah malapetaka yang serupa dengan Perang Dunia I terjadi lagi. Clemenceau ingin memastikan bahwa Jerman tidak akan menjadi ancaman bagi Prancis di masa depan, dan dia tidak terbujuk oleh idealisme Wilson. Lloyd George lebih suka menciptakan keseimbangan kekuatan tetapi bersikeras bahwa Jerman membayar ganti rugi. Maka akibat dari perundingan di antara keempat negera tersebut maka perjanjian versaillaes mengharuskan Jermanmelepaskan beberapa wilayah Jerman ke negara-negara tetangga dan menempatkan wilayah Jerman lainnya di bawah pengawasan internasional. Selain itu, Jerman dilucuti dari koloninya di luar negeri, kemampuan militernya sangat dibatasi, dan diharuskan membayar ganti rugi perang kepada negara-negara Sekutu. Perjanjian itu juga menciptakan Liga Bangsa-Bangsa.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Perjanjian Versailles adalah perjanjian utama yang dihasilkan dari Konferensi Perdamaian Paris pada akhir Perang Dunia I. Perjanjian tersebut ditandatangani pada 28 Juni 1919, oleh pihak Sekutu dan oleh Jerman di Hall of Mirrors, Istana Versailles dan mulai berlaku pada 10 Januari 1920. Tokoh utama yang bertanggung jawab atas Perjanjian Versailles adalah Presiden AS. Woodrow Wilson, Perdana Menteri Prancis Georges Clemenceau, dan Perdana Menteri Inggris David Lloyd George.

Perdana Menteri Italia Vittorio Orlando adalah seorang delegasi tetapi tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Wilson berusaha menciptakan sistem egaliter yang akan mencegah malapetaka yang serupa dengan Perang Dunia I terjadi lagi. Clemenceau ingin memastikan bahwa Jerman tidak akan menjadi ancaman bagi Prancis di masa depan, dan dia tidak terbujuk oleh idealisme Wilson. Lloyd George lebih suka menciptakan keseimbangan kekuatan tetapi bersikeras bahwa Jerman membayar ganti rugi. Maka akibat dari perundingan di antara keempat negera tersebut maka perjanjian versaillaes mengharuskan Jerman melepaskan beberapa wilayah Jerman ke negara-negara tetangga dan menempatkan wilayah Jerman lainnya di bawah pengawasan internasional. Selain itu, Jerman dilucuti dari koloninya di luar negeri, kemampuan militernya sangat dibatasi, dan diharuskan membayar ganti rugi perang kepada negara-negara Sekutu. Perjanjian itu juga menciptakan Liga Bangsa-Bangsa.

 

 

Community Verified icon

 

Community Verified icon

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

29

aghata bellance

Pembahasan lengkap banget

akun bodong

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia I antaraJerman dan Sekutu adalah ...

24

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia