Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Menjelang peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945, golongan pemuda membawa Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok. SEBAB Para pemuda mengamankan Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok untuk menghindari pembunuhan yang telah direncanakan oleh tentara Jepang.

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Menjelang peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945, golongan pemuda membawa Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok.

SEBAB

Para pemuda mengamankan Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok untuk menghindari pembunuhan yang telah direncanakan oleh tentara Jepang.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan benar dan alasan salah.

pernyataan benar dan alasan salah.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah C. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pernyataan benar. Menjelang proklamasi 17 Agustus 1945, para pemuda mengamankan Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok. Perdebatan yang terjadi pada tanggal 15 Agustus 1945 antara Golongan Muda dan Golongan Tua, di mana Golongan Muda mendesak agar segera dilakukannya proklamasi kemerdekaan ternyata tidak menemukan titik temu. Golongan Tua ingin memastikan terlebih dahulu kabar kalahnya tentara Jepang. Karena hal tersebut akhirnya Golongan Muda membawa Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok. Alasan salah. Diamankannya Sukarno-Hatta agar terhindar dari pengaruh Jepang, bukan pembunuhan Jepang. Para golongan pemuda khawatir apabila kemerdekaan yang sebenarnya merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia, menjadi seolah-olah merupakan pemberian dari Jepang. Rengasdengklok dianggap sebagai tempat yang tepat untuk menjauhkan Sukarno Hatta dari pengaruh pemerintah Jepang. Jadi, pernyataan benar dan alasan salah.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah C.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pernyataan benar. Menjelang proklamasi 17 Agustus 1945, para pemuda mengamankan Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok. Perdebatan yang terjadi pada tanggal 15 Agustus 1945 antara Golongan Muda dan Golongan Tua, di mana Golongan Muda mendesak agar segera dilakukannya proklamasi kemerdekaan ternyata tidak menemukan titik temu. Golongan Tua ingin memastikan terlebih dahulu kabar kalahnya tentara Jepang. Karena hal tersebut akhirnya Golongan Muda membawa Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok.

Alasan salah. Diamankannya Sukarno-Hatta agar terhindar dari pengaruh Jepang, bukan pembunuhan Jepang. Para golongan pemuda khawatir apabila kemerdekaan yang sebenarnya merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia, menjadi seolah-olah merupakan pemberian dari Jepang. Rengasdengklok dianggap sebagai tempat yang tepat untuk menjauhkan Sukarno Hatta dari pengaruh pemerintah Jepang. Jadi, pernyataan benar dan alasan salah.

Konsep Kilat Masa Awal Kemerdekaan (NEW!)

Konsep Kilat Revolusi Indonesia (NEW!)

Bedah Tipe Soal Masa Awal Kemerdekaan (NEW!)

Bedah Tipe Soal Revolusi Indonesia (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

115

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Walaupun telah membentuk BPUPKI dan PPKI, sebagai pihak yang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang tidak berhak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. SEBAB Proklamasi kemerdekaan ...

43

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia