Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Reorganisasi dan rasionalisasi di dalam tubuh militer membawa dampak terhadap profesionalisme Tentara Republik Indonesia. SEBAB Soekarno pada 5 Mei 1947 mengeluarkan maklumat untuk mempersatukan Tentara Republik Indonesia dengan laskar-laskar ke dalam suatu organisasi tentara.

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Reorganisasi dan rasionalisasi di dalam tubuh militer membawa dampak terhadap profesionalisme Tentara Republik Indonesia.

SEBAB

Soekarno pada 5 Mei 1947 mengeluarkan maklumat untuk mempersatukan Tentara Republik Indonesia dengan laskar-laskar ke dalam suatu organisasi tentara.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pernyataan benar. Program Rasionalisasi dan Reogranisasi (RERA) bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi beban negara. Rasionalisasi meliputi penyempurnaan administrasi negara, angkatan perang, dan aparat ekonomi. Sejumlah bekas prajurit disalurkan pada bidang-bidang produktif seperti bidang pertanian dan perkebunan. Hal ini membuat cara kerja tentara lebih profesional. Alasan benar. Presiden mengeluarkan maklumat 5 Mei 1947 m empersatukan laskar-laskar perjuangan di Indonesia dalam satu tubuh Tentara Republik Indonesia bertujuan untuk membentuk tentara yang lebih profesional berdasarkan sistem tentara internasional. Pembentukan TRI ini adalah bentuk penegasan bahwa TRI satu-satunya organisasi militer di Indonesia.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pernyataan benar. Program Rasionalisasi dan Reogranisasi (RERA) bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi beban negara. Rasionalisasi meliputi penyempurnaan administrasi negara, angkatan perang, dan aparat ekonomi. Sejumlah bekas prajurit disalurkan pada bidang-bidang produktif seperti bidang pertanian dan perkebunan. Hal ini membuat cara kerja tentara lebih profesional.

Alasan benar. Presiden mengeluarkan maklumat 5 Mei 1947 mempersatukan laskar-laskar perjuangan di Indonesia dalam satu tubuh Tentara Republik Indonesia bertujuan untuk membentuk tentara yang lebih profesional berdasarkan sistem tentara internasional. Pembentukan TRI ini adalah bentuk penegasan bahwa TRI satu-satunya organisasi militer di Indonesia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

29

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tanggal 7 Mei 1949 dicapai kesepakatan yang dikenal dengan Persetujuan Roem-Royen yang berisi bahwa pemerintah Indonesia bersedia untuk ...

951

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia