Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Raja-raja Jawa tidak menyukai kebijakan-kebijakan H.W. DaendelsdiIndonesia. SEBAB Daendels bersikapotoriter serta membawa semangat antifeodalisme yang kuat yang mengganggu statusquo dan kenyamanan raja-rajaJawa.

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Raja-raja Jawa tidak menyukai kebijakan-kebijakan H.W. Daendels di Indonesia. 

SEBAB

Daendels bersikap otoriter serta membawa semangat antifeodalisme yang kuat yang mengganggu status quo dan kenyamanan raja-raja Jawa.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pernyataan benar.H.W. Daendels menganut antifeodalisme dari Revolusi Prancis sehingga berpengaruh terhadap kebijakan yang diambilnya. Hal inilah yang menyebabkan raja-raja Jawa tidak menyukai kebijakan-kebijakan H..W.Daendels. Alasan benar.H.W. Daendels membuat peraturan tentangperlakuanraja-raja Jawa kepada paraminister (dahulu bernama residen) di keratonnya. Misalnya, minister berhak duduksejajardenganraja,memakai payungseperti raja,tidakperlu membukatopiataumempersembahkansirih kepada raja,dan harus disambutoleh rajadengan berdiri daritakhtanya ketika Ministerdatang.Hal ini menyebabkan kedudukan raja menjadi terlihat lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Jadi,pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pernyataan benar. H.W. Daendels menganut antifeodalisme dari Revolusi Prancis sehingga berpengaruh terhadap kebijakan yang diambilnya. Hal inilah yang menyebabkan raja-raja Jawa tidak menyukai kebijakan-kebijakan H..W. Daendels.

Alasan benar. H.W. Daendels membuat peraturan tentang perlakuan raja-raja Jawa kepada para minister (dahulu bernama residen) di keratonnya. Misalnya, minister berhak duduk sejajar dengan raja, memakai payung seperti raja, tidak perlu membuka topi atau mempersembahkan sirih kepada raja, dan harus disambut oleh raja dengan berdiri dari takhtanya ketika Minister datang. Hal ini menyebabkan kedudukan raja menjadi terlihat lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Jadi,  pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kebijakan Jenderal Daendels ...

36

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia