Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan merupakan kota yang dapat diklarifikasikan sebagai wilayah formal SEBAB Wilayah formal kota didasarkan pada fungsi kota sebagai kota kebudayaan dengan keadaan ekonomi yang heterogen. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan merupakan kota yang dapat diklarifikasikan sebagai wilayah formal

SEBAB

Wilayah formal kota didasarkan pada fungsi kota sebagai kota kebudayaan dengan keadaan ekonomi yang heterogen.


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

     

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space

  5. Pernyataan dan alasan salah.space

Pembahasan Soal:

Wilayah formal merupakan wilayah yang dibentuk oleh adanya kesamaan ketampakan (homogenitas). Wilayah formal berdasarkan kriteria sosial budaya antara lain berupa kegiatan perekonomian dan bentuk pemerintahan. Kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan merupakan kota yang dapat diklasifikasikan sebagai wilayah formal karena memiliki kesamaan secara administrasi. Maka kalimat pernyataan tepat. Selanjutnya kalimat alasan tidak tepat karena fungsi kebudayaan adalah fungsi fungsional kota. Hal ini karena didasarkan pada fungsi kota sebagai kota kebudayaan dengan keadaan ekonomi yang heterogen.

Jadi, Jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Implementasi pembangunan berkelanjutan telah menjadi agenda internasional, yaitu setiap negara mempunyai t...

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana, efisiensi. dan memperhatikan pemanfaatan, baik untuk generasi masa kini maupun generasi yang akan datang. Implementasi pembangunan berkelanjutan telah menjadi agenda internasional, yaitu setiap negara mempunyai tanggungjawab untuk menyukseskan pembangunan berkelanjutan secara global. Negara berkembang yang berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan salah satunya adalah Indonesia. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, jawabannya adalah B. 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Keberhasilan konservasi hutan mangrove dapat mencegah terjadinya banjir. SEBAB Kawasan hutan mangrove ef...

Pembahasan Soal:

Mangrove atau hutan pasang merupakan hutan yang khas bagi daerah pantai tropik. Manfaat/fungsi fisik hutan mangrove adalah sebagai penahan gelombang pasang untuk mencegah banjir dari laut. Maka Pernyataan tepat. Selanjutnya kalimat alasan juga tepat karena kawasan hutan mangrove efektif berfungsi sebagai daerah resapan air. Pernyataan dan alasan tepat namun tidak menunjukkan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pengendalian eksploitasi sumber daya alam tak terbarukan di Indonesia perlu digalakkan karena.... Jumlah cadangan terbatas Sebaran tidak merata Pembentukannya berlangsung lama Antisipasi pertumb...

Pembahasan Soal:

Eksplorasi merupakan kegiatan pengumpulan data tentang jenis maupun keberadaan persebaran bahan tambang yang akan digali. Pengendalian eksplorasi sumber daya alam tak terbarukan di Indonesia dapat digalakkan karena jumlah cadangan terbatas (1), sebaran tidak merata (2), pembentukannya berlangsung lama (3), antisipasi pertumbuhan kebutuhan (4). Sumber daya alam tak terbarukan di antaranya batubara, minyak bumi dan gas alam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Dalam konsep wilayah dan pusat pertumbuhan, terdapat wilayah formal dan fungsional yang mempunyai karakteristik …. wilayah formal merupakan wilayah yang statis wilayah fungsional merupakan wilayah...

Pembahasan Soal:

  • Wilayah formal dapat diidentifikasi dari kenampakan fisik, seperti bentuk lahan, iklim, tanah, dan vegetasi alami. Batas-batas wilayah formal diperoleh melalui berbagai metode, contohnya mengikuti batas alami. Batas alami kenampakan fisik dapat berupa puncak pegunungan, sungai, danau, atau. tepi lautan . Batas suatu wilayah formal juga dapat ditentukan berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Selain kenampakan fisik, wilayah fomal dibatasi kesamaan karakteristik sosial dan budaya seperti bahasa, suku bangsa, etnik, dan identitas politik.
  • Wilayah fungsional merupakan wilayah di sekeliling pusat pertumbuhan yang didukung sistem transportasi, sistem komunikasi, dan aktivitas ekonorni. Berikut adalah ciri khas sebuah wilayah yang dikategorikan sebagai wilayah fungsional.
  1. Memiliki hubungan yang erat antar nodal wilayahnya. Artinya, dalam suatu wilayah, terdapat beberapa titik-titik yang saling berhubungan secara erat. Unsur penting dalam suatu region nodal adalah : adanya arus barang, ide/gagasan dan manusia, adanya node (pusat) yang menjadi pusat pertemuan arus tersebut secara terorganisir, adanya wilayah yang makin meluas, dan adanya jaring-jaring rute tempat berlangsungnya tukar menukar. 
  2. Umumnya memiliki karakteristik yang heterogen. Berbeda dengan kawasan formal, kawasan fungsional umumnya memiliki karakteristik yang heterogen. Mereka menjadi suatu wilayah hanya karena hubungan-hubungan yang terbentuk. Contohnya adalah kawasan perkotaan Cirebon raya yang diisi oleh perkotaan dan daerah-daerah pertanian.
  3. Umumnya memiliki batas yang kurang jelas atau lebih fleksibel. Karena terbentuk berbasis hubungan timbal balik, kawasan fungsional memiliki batas-batas yang terkadang berubah-ubah.
    Pewilayahan fungsional memusatkan pada aliran antartitik pusat. Aliran ini dapat berupa perpindahan barang, jasa, atau orang. Titik pusat dari suatu wilayah fungsional, contohnya pusat pelayanan transportasi; pusat perdagangan, dan pusat pendidikan. Titik pusat juga dapat berupa lokasi yang berpotensi mendorong terbentulaiya pusat pertumbuhan.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan perbedaan antara wilayah formal dan wilayah fungsional adalah : wilayah formal merupakan wilayah yang statis karena batas suatu wilayah formal juga dapat ditentukan berdasarkan garis lintang dan garis bujur, sedangkan wilayah fungsional merupakan wilayah yang dinamis karena memiliki batas-batas yang terkadang berubah-ubah. Selain itu, wilayah fungsional juga disebut wilayah sentral atau pusat.

Jadi, jawabannya adalah A. 
 

0

Roboguru

Ibu Ayu adalah seorang konsultan bisnis. Dia bekerja di perusahaan konsultan internasional. Pekerjaannya sangat berat karena ia harus berkeliling dunia untuk menemui para pemilik perusahaan yang mengg...

Pembahasan Soal:

Pembagian wilayah dibagi menjadi dua yaitu wilayah formal dan fungsional (nodal). Wilayah formal adalah wilayah yang didasarkan oleh kesamaan fenomena tertentu. Berdasarkan uraian tersebut, terdapat informasi utama yang dapat digunakan untuk menentukan jenis wilayah kerja Bu Ayu yaitu iklim. Pada awal bulan Juli, Bu Ayu pergi ke Australia yang berada di bumi belahan selatan dan Kanada yang berada di bumi belahan utara. Pada saat itu, Australia tengah mengalami musim dingin, sedangkan Kanada mengalami musim panas. Perbedaan musim yang sedang berlangsung di kedua wilayah itulah yang menyebabkan Bu Ayu tidak mampu beradaptasi dan jatuh sakit. Pembagian wilayah berdasarkan perbedaan karakteristik iklimnya termasuk contoh wilayah formal (formal region) karena pembagian tersebut dibagi berdasarkan keseragaman wilayah (dalam hal iklim).  space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved