Siswa kelas XII sedang melakukan penelitian faktor luar yang mempengaruhi  pertumbuhan tumbuhan dengan membandingkan tumbuhan yang tumbuh pada lingkungan berbeda (lokasi A dan B). Untuk membandingkan populasi pada kedua  lokasi tersebut, sebanyak 40 individu dari setiap lokasi dipanen, diukur tinggi batangnya serta keadaan daunnya. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut adalah sebagai berikut: Lokasi Tinggi Tumbuhan Keadaan Daun A 120 cm Daun hijau pucat dan sebagian menguning B 40 cm Daun hijau segar Berdasarkan data tersebut, kesimpulan yang diperoleh dari hasil percobaan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Siswa kelas XII sedang melakukan penelitian faktor luar yang mempengaruhi  pertumbuhan tumbuhan dengan membandingkan tumbuhan yang tumbuh pada lingkungan berbeda (lokasi A dan B). Untuk membandingkan populasi pada kedua  lokasi tersebut, sebanyak 40 individu dari setiap lokasi dipanen, diukur tinggi batangnya serta keadaan daunnya. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut adalah sebagai berikut:

Lokasi Tinggi Tumbuhan Keadaan Daun
A 120 cm Daun hijau pucat dan sebagian menguning
B 40 cm Daun hijau segar

Berdasarkan data tersebut, kesimpulan yang diperoleh dari hasil percobaan tersebut adalah ....

  1. Lokasi A memiliki kelembaban yang sangat rendah

  2. Lokasi A merupakan tempat yang gelap dibandingkan B

  3. Nutrisi di lokasi A lebih sedikit dari lokasi B

  4. Tumbuhan hanya dipengaruhi faktor internal

  5. Tumbuhan di lokasi A mengalami krisis air

L. Indah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tumbuhan di lokasi A lebih tinggi. Keadaan ini disebut dengan etiolasi atau pertumbuhan tumbuhan yang cepat jika tidak ada cahaya. Meskipun demikian, keadaan daun di lokasi A hijau pucat dan menguning, selain itu batangnya tampak lemas dan pucat artinya terjadi kekurangan klorofil akibat kurangnya cahaya. Jika dibiarkan maka tumbuhan di lokasi A akan mati. 

Pembahasan

Berdasarkan informasi tersebut dapat diketahui bahwa lokasi A merupakan tempat gelap sedangkan lokasi B tempat terang. Hal ini karena terdapat perbedaan tinggi tumbuhan di lokasi A dan B. Tumbuhan di lokasi A lebih tinggi daripada lokasi B. Ini berarti cahaya menghambat pertumbuhan. Sehingga tumbuhan di lokasi A lebih tinggi. Keadaan ini disebut dengan etiolasi atau pertumbuhan tumbuhan yang cepat jika tidak ada cahaya. Meskipun demikian, keadaan daun di lokasi A hijau pucat dan menguning, selain itu batangnya tampak lemas dan pucat artinya terjadi kekurangan klorofil akibat kurangnya cahaya. Jika dibiarkan maka tumbuhan di lokasi A akan mati. 

39

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan hasil percobaan pertumbuhan bunga krisan berikut! perlakuan pembentukan bunga hari 7 pembentukan bunga hari 14 pencahayaan 6 jam mulai tumbuh kuncup bunga mek...

450

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia