Roboguru

Perhatikan tabel percobaan tumbuhan berikut. Dari data tersebut faktor apa sajakah yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan?

Pertanyaan

Perhatikan tabel percobaan tumbuhan berikut.

Dari data tersebut faktor apa sajakah yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan?space

Pembahasan Soal:

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman berdasarkan data tersebut adalah cahaya dan media tumbuh.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tabel pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan intensitas cahaya yang berbeda- beda. No. Kondisi Cahaya Pertambahan tinggi pada hari ke- (cm) 1 ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan data pengamatan didapatkan bahwa ditempat gelap pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan di tempat remang-remang dan tempat terang. Sehingga pertumbuhan berbanding terbalik dengan intensitas cahaya dimana semakin sedikit cahaya maka pertumbuhan akan semakin tinggi. Peristiwa tumbuhan tumbuh dengan cepat di tempat gelap dinamakan etiolasi.

0

Roboguru

Suatu percobaan dilakukan dengan menanam masing-masing 5 biji kacang tanah di tempat terbuka, di dalam ruang laboratorium, dan di tempat gelap. Alasan dilakukannya perbedaan tempat penanaman ini adal...

Pembahasan Soal:

Adanya perbedaan tempat penanaman pada percobaan, bertujuan untuk membandingkan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang tanah. Cahaya merupakan salah satu  faktor eksternal yang memengaruhi pertumbuhan tanaman. Jika tidak ada cahaya, fotosintesis tidak akan terjadi sehingga tidak tersedia sumber energi bagi tumbuhan untuk membangun komponen-komponen sel. Cahaya juga berhubungan dengan kerja hormon auksin. Aktivitas hormon auksin akan terhambat jika ada cahaya. Pada kondisi tidak ada cahaya/gelap, kerja auksin menjadi sangat optimal sehingga memacu pembelahan dan pemanjangan sel. Akibatnya, tumbuhan tumbuh sangat cepat, tetapi berdaun pucat (kuning) karena tidak dapat membentuk klorofil.

 

0

Roboguru

Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai pengaruh cahaya yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman, yaitu …

Pembahasan Soal:

Cahaya dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan melihat pertumbuhan tumbuhan yang ditempatkan di tempat gelap memiliki batang yang lebih tinggi dan laju pertumbuhan yang lebih cepat jika dibandingkan tumbuhan yang di tempat terang. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan hasil percobaan pertumbuhan bunga krisan berikut! perlakuan pembentukan bunga hari 7 pembentukan bunga hari 14 pencahayaan 6 jam mulai tumbuh kuncup bunga mek...

Pembahasan Soal:

Pembungaan pada tanaman dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu fotoperiode, fitokrom, dan ritme atau jam biologis tanaman. Tanaman krisan termasuk tanaman hari pendek yang akan berbunga apabila menerima panjang hari kurang dari batas kritisnya. Sehingga sesuai pada hasil percobaan, lama pencahayaan 6 jam adalah batas optimal bunga krisan mekar. Apabila lebih dari itu maka krisan tidak akan dapat inisiasi bunga.

0

Roboguru

Perhatikan tabel hasil pengamatan berikut! Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa cahaya ….

Pembahasan Soal:

Pertambahan tinggi tanaman paling besar pada tanaman yang diletakkan ditempat gelap, sedangkan paling kecil yang diletakkan di tempat terang. Dengan demikian, cahaya menghambat pertumbuhan tanaman. Cahaya dapat menghambat karena cahaya dapat menguraikan hormon auksin (hormon yang berfungsi untuk pemanjangan sel)  yang terdapat pada ujung batang sehingga, tumbuhan yang diletakan di tempat terang pertumbuhannya terhambat, berbeda dengan tanaman di tempat gelap yang auksin nya tidak terurai sehingga pertambahan tinggi tanamannya pun paling besar. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved