Pertanyaan

Perhatikan tabel hasil pengamatan berikut! Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa cahaya ….

Perhatikan tabel hasil pengamatan berikut!

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa cahaya ….

  1. menghambat pertumbuhan tanaman

  2. mempercepat pertumbuhan tanaman

  3. tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman

  4. pada kondisi terang menghambat, namun tidak berpengaruh pada kondisi gelap dan remang-remang

  5. pada kondisi remang-remang dan gelap mempercepat, tapi pada kondisi gelap tidak berpengaruh

N. Shoimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cahaya menghambat pertumbuhan tanaman. Cahaya dapat menghambat karena cahaya dapat menguraikan hormon auksin (hormon yang berfungsi untuk pemanjangan sel) yang terdapat pada ujung batang sehingga, tumbuhan yang diletakan di tempat terang pertumbuhannya terhambat, berbeda dengan tanaman di tempat gelap yang auksin nya tidak terurai sehingga pertambahan tinggi tanamannya pun paling besar. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

cahaya menghambat pertumbuhan tanaman. Cahaya dapat menghambat karena cahaya dapat menguraikan hormon auksin (hormon yang berfungsi untuk pemanjangan sel)  yang terdapat pada ujung batang sehingga, tumbuhan yang diletakan di tempat terang pertumbuhannya terhambat, berbeda dengan tanaman di tempat gelap yang auksin nya tidak terurai sehingga pertambahan tinggi tanamannya pun paling besar. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Pertambahan tinggi tanaman paling besar pada tanaman yang diletakkan ditempat gelap, sedangkan paling kecil yang diletakkan di tempat terang. Dengan demikian, cahaya menghambat pertumbuhan tanaman. Cahaya dapat menghambat karena cahaya dapat menguraikan hormon auksin (hormon yang berfungsi untuk pemanjangan sel) yang terdapat pada ujung batang sehingga, tumbuhan yang diletakan di tempat terang pertumbuhannya terhambat, berbeda dengan tanaman di tempat gelap yang auksin nya tidak terurai sehingga pertambahan tinggi tanamannya pun paling besar. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Pertambahan tinggi tanaman paling besar pada tanaman yang diletakkan ditempat gelap, sedangkan paling kecil yang diletakkan di tempat terang. Dengan demikian, cahaya menghambat pertumbuhan tanaman. Cahaya dapat menghambat karena cahaya dapat menguraikan hormon auksin (hormon yang berfungsi untuk pemanjangan sel)  yang terdapat pada ujung batang sehingga, tumbuhan yang diletakan di tempat terang pertumbuhannya terhambat, berbeda dengan tanaman di tempat gelap yang auksin nya tidak terurai sehingga pertambahan tinggi tanamannya pun paling besar. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

3rb+

Naura Lutfiandra

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Pertanyaan serupa

Mery membagi 30 pot tanaman X dengan kondisi yang sama menjadi 10 pot tanaman per kelompok, dengan masing-masing kelompok diperlakukan dengan berbagai jenis cahaya. Setelah sebulan, masing-masing kelo...

160

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia