Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sidang BPUPKI yang kedua mengalami perubahan pada tanggal 13 Juli 1945, apa perubahannya?

Sidang BPUPKI yang kedua mengalami perubahan pada tanggal 13 Juli 1945, apa perubahannya?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sidang BPUPKI tanggal 13 Juli memperoleh hasil terkait perubahan tentang Lambang Negara, Negara Kesatuan dan pembentukan MPR.

sidang BPUPKI tanggal 13 Juli memperoleh hasil terkait perubahan tentang Lambang Negara, Negara Kesatuan dan pembentukan MPR. 

Iklan

Pembahasan

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) sebagai organisasi yang dipersiapkan untuk mencari hal-hal terkait kemerdekaan Indonesia pernah menggelar dua kali sidang, sidang pertama dilakukan pada 29 mei-1 Juni 1945 dan sidang kedua dilakukan pada 10-16 Juli 1945. Sidang kedua BPUPKI membahas tentang rancangan UUD 1945, dan dalam prosesnya BPUPKI membahas secara teknis mengenai bentuk negara dan dan pemerintahan baru yang nantinya akan diterapkan setelah Indonesia merdeka. Pada sidang kedua BPUPKI dibentuk Panitia Hukum Dasar berjumlah 19 orang, dan Sukarno ditunjuk sebagai ketua, dari Panitia Dasar itu dibentuk lagi panitia kecil beranggotakan 9 orang dan diketuai oleh Mr. Supomo.Ketika sidang berlangsung tepatnya pada 13 Juli 1945, Panitia Kecil Perancang Undang-Undang Dasar telah memperoleh hasil terkait Lambang Negara, Negara Kesatuan dan pembentukan Majelis Permusyawaratan Rakyat untuk diserahkan kepada Sukarno dan dibentuk lagi Panitia Penghalus Bahasa berjumlah 3 orang: (1) Husein Djajadiningrat, (2) Agus Salim, dan (3) Supomo untuk memperbaiki tata bahasa terkait Lambang Negara, Negara Kesatuan dan pembentukan MPR itu. Dengan demikian, sidang BPUPKI tanggal 13 Juli memperoleh hasil terkait perubahan tentang Lambang Negara, Negara Kesatuan dan pembentukan MPR.

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) sebagai organisasi yang dipersiapkan untuk mencari hal-hal terkait kemerdekaan Indonesia pernah menggelar dua kali sidang, sidang pertama dilakukan pada 29 mei-1 Juni 1945 dan sidang kedua dilakukan pada 10-16 Juli 1945. Sidang kedua BPUPKI membahas tentang rancangan UUD 1945, dan dalam prosesnya BPUPKI membahas secara teknis mengenai bentuk negara dan dan pemerintahan baru yang nantinya akan diterapkan setelah Indonesia merdeka. 

Pada sidang kedua BPUPKI dibentuk Panitia Hukum Dasar berjumlah 19 orang, dan Sukarno ditunjuk sebagai ketua, dari Panitia Dasar itu dibentuk lagi panitia kecil beranggotakan 9 orang dan diketuai oleh Mr. Supomo.Ketika sidang berlangsung tepatnya pada 13 Juli 1945, Panitia Kecil Perancang Undang-Undang Dasar telah memperoleh hasil terkait Lambang Negara, Negara Kesatuan dan pembentukan Majelis Permusyawaratan Rakyat untuk diserahkan kepada Sukarno dan dibentuk lagi Panitia Penghalus Bahasa berjumlah 3 orang: (1) Husein Djajadiningrat, (2) Agus Salim, dan (3) Supomo untuk memperbaiki tata bahasa terkait Lambang Negara, Negara Kesatuan dan pembentukan MPR itu. 

Dengan demikian, sidang BPUPKI tanggal 13 Juli memperoleh hasil terkait perubahan tentang Lambang Negara, Negara Kesatuan dan pembentukan MPR. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tanggal berapakah BPUPKI mengadakan sidang?

31

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia