Roboguru

Proses perumusan Dasar Negara dan UUD dilakukan dalam sidang BPUPKI oleh para tokoh pendiri Negara dengan semangat yang perlu kita teladani sampai sekarang, antara lain sikap...

Pertanyaan

Proses perumusan Dasar Negara dan UUD dilakukan dalam sidang BPUPKI oleh para tokoh pendiri Negara dengan semangat yang perlu kita teladani sampai sekarang, antara lain sikap...

  1. Nasionalis,patriotis dan pantang berjuang

  2. Nasionalis,individualis dan bertanggungjawab

  3. Nasionalis, apatis dan individualis

  4. Nasionalis,pantang menyerah dan mengutamakan persatuan

Pembahasan Soal:

Tokoh pendiri negara Indonesia merupakan putra terbaik bangsa yang memiliki kemampuan dan visi ke depan untuk kebaikan bangsa Indonesia. BPUPKI dan PPKI adalah lembaga yang saat itu merumuskan UUD 19.45. Anggota BPUPKI dan PPKI merupakan tokoh bangsa Indonesia dan orang-orang yang terpilih serta tepat mewakili kelompok dan masyarakatnya pada waktu itu. Anggota BPUPKI telah mewakili seluruh wilayah Indonesia, suku bangsa, golongan agama, dan pemikiran yang berkembang di masyarakat saat itu. Ada dua paham utama yang dimiliki pendiri negara dalam sidang BPUPKI, yaitu nasionalisme dan agama. Pendiri negara yang didasarkan pemikiran nasionalisme menginginkan negara Indonesia yang akan dibentuk merupakan negara nasionalis atau negara kebangsaan, sedangkan golongan agama menginginkan didasarkan pada salah satu agama. Berbagai perbedaan di antara anggota BPUPKI dapat diatasi dengan sikap dan perilaku pendiri negara yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. BPUPKI melaksanakan sidang dengan semangat kebersamaan dan mengutamakan musyawarah dan mufakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada tanggal berapakah BPUPKI mengadakan sidang?

Pembahasan Soal:

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali sidang. Sidang resmi pertama tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945, sidang ini membahas tentang dasar negara. Sedangkan sidang kedua berlangsung tanggal 10 sampai 17 Juli 1945 dengan tujuan membahas Rancangan Undang-Undang Dasar. Sidang BPUPKI dilaksanakan di Gedung Chuo Sangi In

Dengan demikian BPUPKI mengadakan sidang pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 dan 10 sampai 17 Juli 1945.

Roboguru

Tuliskan pembahasan Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPK1) dalam sidang pertama dan kedua.

Pembahasan Soal:

BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia merupakan suatu badan yang dibentuk untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Badan ini melakukan 2 kali sidang. Sidang pertama berlangsung pada 29 Mei - 1 Juni 1945, sementara sidang yang kedua berlangsung pada 10 - 16 Juli 1945. Kedua sidang ini memberikan hasil yang penting untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
BPUPKI menggunakan sidang yang pertam auntuk membahas dasar negara Indonesia. Pada kesempatan ini, terdapat 3 tokoh yang membeirkan pandangan mereka tentang dasar negara Indonesia, yaitu Ir. Soekarno, Mr. Muhammad Yamin, dan Prof. Dr. Supomo. Meski telah melalui pembahasan yang lama dan alot, sidang kali ini belum berhasil menemukan kata mufakat tentang dasar negara Indonesia. Pada akhirnya, sidang ini memutuskan untuk membentuk panitia kecil beranggotakan 9 orang yang diketuai Ir. Soekarno. Melalui beberapa pertemuan, panitia ini akhirnya mengeluarkan suatu rumusan dasar negara yang kemudian disebut sebagai Piagam Jakarta.
Sidang kedua BPUPKI secara khusus membahas usulan dasar negara sebagaimana yang disusun oleh Panitia 9. Rancangan ini dibahas oleh panitia perancang UUD yang beranggotakan 19 orang dengan Ir. Soekarno sebagia ketuanya. Selain itu, dibentuk pula panitia yang berfokus pada tata bahasa yang digunakan dalam undang-undang dasar. Pada akhirnya, sidang ini berhasil merumuskan 3 hal inti yang akan dicantumkan dalam undang-undang dasar, yaitu pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia, batang tubuh, dan pembukaan UUD.

Dengan demikian, pembahasan BPUPKI pada sidang pertama adalah rumusan dasar negara yang disebut Piagam Jakarta, sedangkan pada sidang kedua membahas rancangan UUD sebagai dasar negara.

Roboguru

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali. Pada sidang kedua dilaksanakan pada 10-17 Juli 1945 membahas tentang...

Pembahasan Soal:

Sidang kedua BPUPKI ini membahas rencana undang-undang dasar, termasuk pembukaan atau preambulenya oleh Panitia Perancangan Undang-Undang Dasar yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Panitia ini berjumlah 19 orang (termasuk ketua). Dengan demikian sidang kedua BPUPKI pada 10-17 Juli 1945 membahas tentang Undang-Undang Dasar.

Roboguru

Sidang Kedua BPUPKI menghasilkan keputusan penting berupa disepakatinya ....

Pembahasan Soal:

Setelah menyelesaikan sidang yang pertama, BPUPKI melaksanakan sidangnya yang kedua pada 10 Juli sampai 14 Juli 1945, dalam sidang kedua ini dibahas rencana Undang-Undang Dasar (UUD), dan juga bentuk negara Indonesia. Dalam usaha mempercepat tugasnya, BPUPKI kemudian membentuk panitia kecil yang beranggotakan 19 orang. Panitia ini bernama Panitia Perancang UUD yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Pada 14 Juli 1945, Panitia Perancang UUD yang diketuai Soekarno melaporkan hasil kerja panitia tersebut, yaitu: Pernyataan Indonesia Merdeka, Pembukaan Undang-Undang Dasar, dan Batang Tubuh UUD, lalu mengenai bentuk negara, mayoritas peserta sidang setuju dengan bentuk republik karena sesuai dengan karakteristik Indonesia sebagai negara yang majemuk. Panitia ini juga menyepakati Piagam Jakarta sebagai inti pembukaan UUD. Dengan demikian, jawaban yang yang tepat adalah C.
 

Roboguru

Janji Jepang untuk membentuk BPUPKI (Dokuritsi Zyumbi Tyoosakai) direalisasikan pada tanggal 1 Maret 1945 BPUPKI mengadakan dua sidang resimi, di akhir sidang pertama BPUPKI membentuk sebuah panitia k...

Pembahasan Soal:

Panitia sembilan merupakan panitia kecil yang dibentuk oleh BPUPKI dan beranggotakan 9 orang dengan diketuai oleh Ir. Soekarno. Pada dasarnya, panitia ini diberi tugas untuk memriksa dan mengklarifikasi semua masukan yang diterima BPUPKI baik dalam format tulisan maupun lisan tentang dasar negara Indonesia. Panitia ini bekerja selama masa reses sidang BPUPKI, yaitu mulai dari 2 Juli hingga 9 Juli 1945. Panitia ini beranggotakan Ir Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Mr. Achmad Soebarjo, Mr. Mohammad Yamin, KH. Wachid Hasyim, Abdoel Kahar Moezakir, Abikoesno Tjokrosoejoso, H. Agus Salim, dan Mr. Alexander Andries Maramis. Adapun tugas panitia sembilan adalah sebagai berikut:

  1. bertanggungjawab dalam merumuskan dasar negara Indonesia merdeka,
  2. memberikan masukan baik secara tulisan maupun lisan serta membahas dan merumuskan dasar negara Indonesia merdeka,
  3. menampung masukan dari berbagai pihak terkait pembentukan dasar negara Indonesia,
  4. menyusun naskah rancangan dasar negara Indonesia.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved