Roboguru

Siapakah motor penggerak dari kelompok pemuda pada peristiwa Rengasdengklok pada tahun 1945

Pertanyaan

Siapakah motor penggerak dari kelompok pemuda pada peristiwa Rengasdengklok pada tahun 1945

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa diculiknya tokoh-tokoh bangsa pasca menyerahnya Jepang pada Sekutu. Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Ibu Fatmawati, dan Guntur Soekarno adalah tokoh yang diculik oleh golongan muda. Penculikan yang dilakukan pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.00 WIB iini bertujuan agar golongan tua mau memproklamasikan kemerdekaan Indonesia sesegera mungkin.

Dengan demikian, yang memelopori peristiwa Rengasdengklok adalah tokoh/golongan pemuda. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.00 WIB, yang mempelopori peristiwa rengasdengklok adalah Wikana, Sukarni, Chaerul Saleh.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan gambar di atas, yang termasuk golongan muda adalah ….

Pembahasan Soal:

Golongan muda merupakan kelompok aktivis pergerakan nasional yang berjuang secara nonkooperatif terhadap pemerintahan Jepang. Golongan ini berpendapat bahwa kemerdekaan Indonesia harus diperjuangkan oleh bangsa Indonesia itu sendiri, bukan atas bantuan dan pemberian Jepang. Golongan muda melakukan perjuangan dengan berbagai macam metode, seperti perjuangan bawah tanah, propaganda melalui tulisan, dan selebaran, melakukan penyadapan informasi di radio, dan lain sebagainya. Pergerakan golongan muda identik dengan kelompok-kelompok pemuda yang pada saat itu bermunculan, di antaranya terdapat kelompok Pemuda Sjahrir, kelompok Asrama Indonesia Merdeka, kelompok Menteng 31 dan lain sebagainya. Adapun tokoh-tokoh muda yang tergabung di dalamnya antara lain: Sjahrir (gambar nomor 1), Wikana (gambar nomor 2), dan Sukarni (gambar nomor 3).

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Bagaimana reaksi para golongan muda terkait kekalahan Jepang

Pembahasan Soal:

Setelah serangkaian kekalahan Jepang dalam pertempuran Perang Dunia II yang diikuti oleh pemboman Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945, pemerintahan Jepang melihat bahwa mereka tidak bisa lagi menghindari kekalahan dari pasukan Sekutu. Akhirnya, pada tanggal 15 Agustus 1945, kaisar Hirohito membacakan pernyataan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat. Menyerahnya Jepang ini menyebabkan “”vacuum of power”atau kekosongan kekuasaan, sebab meski Jepang menyerah kepada Sekutu, pasukan Sekutu sendiri belum ada di sebagian besar wilayah Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan. Berita menyerahnya Jepang ini disensor oleh radio dan kantor berita Jepang di Indonesia, namun, radio-radio negara Sekutu masih dapat didengarkan, dan berita ini akhirnya sampai ke para pejuang kemerdekaan. Para pemuda, seperti Sutan Syahrir, yang mendengar berita ini mengambil kesimpulan bahwa Indonesia harus memproklamasikan kemerdekaanya segera. Menurut rencana, proklamasi akan dilakukan pada tanggal 24 September 1945, sesuai dengan keputusan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang dibentuk oleh Jepang. Namun, kalangan pemuda berpendapat bahwa proklamasi harus dilakukan segera, agar kekosongan kekuasaan tidak berlangsung lama, dan agar tidak dianggap hadiah dari Jepang, karena PPKI adalah badan bentukan Jepang. Sutan Sjahrir meminta agar Sukarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan.  Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini. Akhirnya, para pemuda membawa Sukarno dan hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan. Setelah Ahmad Subarjo datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta, reaksi golongan pemuda setelah mendengar berita bahwa Jepang menyerah kepada SekutuAkhirnya, Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi. Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno.

Dengan demikian, reaksi golongan pemuda setelah mendengar berita bahwa Jepang menyerah kepada Sekutu adalah mendesak segera dilakukan proklamasi kemerdekaan Indonesia

Roboguru

Apa pertimbangan golongan muda agar proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan?

Pembahasan Soal:

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia terwujud dengan dorongan para pemuda yang didukung oleh golongan tua. Sempat berbeda pendapat hingga terjadi Peristiwa Rengasdengklok, dua golongan tersebut lantas membulatkan tekad memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Penculikan Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 menunjukkan puncak pertentangan golongan tua dan muda dalam cara melaksanakan proklamasi kemerdekaan. Dalam situasi genting, kedua golongan sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945. Pengelompokkan kedua golongan ini semata sebagai strategi untuk memudahkan memahami Peristiwa Proklamasi. Baik golongan tua maupun muda sepakat bahwa kemerdekaan Indonesia harus segera diproklamasikan. Golongan tua berpendapat bahwa proklamasi dapat diwujudkan tanpa pertumpahan darah. Mereka mengikuti langkah-langkah legal pembentukan negara yang telah dipersiapkan sejak pembentukan BPUPKI dan PPKI. Sebaliknya, golongan muda menginginkan segera dilaksanakan proklamasi kemerdekaan, bahkan bila harus terjadi pertumpahan darah. 

Dengan demikian, pertimbangan keputusan golongan muda dalam rapat di Asrama Baperpi untuk mengamankan Soekarno-Hatta ke luar Jakarta agar proklamasi kemerdekaan Indonesia harus lepas dari pengaruh pihak manapun, termasuk Jepang. Proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan karena ingin memberitahukan kepaada seluruh masyarakat di indonesia bahwa pada saat itu indonesia telah bebas dari penjajahan, Indonesia telah merdeka dan juga Proklamasi berdampak besar terhadap bangsa Indonesia.

Roboguru

Sebutkan 10 tokoh yang berperan di sekitar proklamasi kemerdekaan RI!

Pembahasan Soal:

Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia atas penjajahan yang telah berlangsung selama berabad-abad. Dalam proses menegakkan kemerdekaan tersebut banyak pihak yang terlibat atau turut serta, baik dari golongan tua maupun golongan muda. Tokoh-tokoh yang terlibat dalam proses proklamasi, yakni:

  1. Sukarno (perumus proklamasi kemerdekaan),
  2. Moh. Hatta (perumus proklamasi kemerdekaan),
  3. Ahmad Subarjo (perumus proklamasi kemerdekaan),
  4. Sukarni (orang yang menculik Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok),
  5. Wikana (orang yang menculik Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok),
  6. Sutan Sjahrir (orang yang menculik Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok),
  7. Latief Hendradiningrat (pengibar bendera Merah Putih saat proklamasi kemerdekaan),
  8. S. Suhud (pengibar bendera Merah Putih saat proklamasi kemerdekaan),
  9. Sayuti Melik (pengetik naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia), dan
  10. B.M Diah (menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia).

Dengan demikian 10 tokoh proklamasi adalah Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Subarjo, Sukarni, Wikana, Sutan Sjahrir, Latief Hendradiningrat, S.Suhud, Sayuti Melik, dan B.M Diah.

Roboguru

Keputusan yang dihasilkan pertemuan golongan muda pada tanggal 15 Agustus 1945 adalah ….

Pembahasan Soal:

Pada 15 Agustus 1945, Ir.Soekarno dan Drs. Moh.Hatta menyampaikan undangan kepada seluruh anggota PPKI untuk hadir pada rapat tanggal 16 Agustus 1945. Pada hari yang sama, golongan muda mengadakan rapat yang dipimpin oleh Chairul Saleh di Laboratorium Mikrobiologi, Pegangsaan Timur, Jakarta. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa keputusan, antara lain:

  1. Mendesak Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta untuk bermusyawarah dengan golongan muda, dan memutuskan segala ikatan dengan Jepang.undefined 
  2. Mendesak Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan paling lambat tanggal 16 Agustus 1945 malam.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved