Roboguru

Pertanyaan

Apa pertimbangan golongan muda agar proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan?space space 

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pertimbangan golongan muda agar proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan adalah situasi Indonesia yang sedang vacuum of power dan khawatir jika Belanda kembali menjajah Indonesia.

Pembahasan

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia terwujud dengan dorongan para pemuda yang didukung oleh golongan tua. Sempat berbeda pendapat hingga terjadi Peristiwa Rengasdengklok, dua golongan tersebut lantas membulatkan tekad memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Penculikan Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 menunjukkan puncak pertentangan golongan tua dan muda dalam cara melaksanakan proklamasi kemerdekaan. Dalam situasi genting, kedua golongan sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945. Pengelompokkan kedua golongan ini semata sebagai strategi untuk memudahkan memahami Peristiwa Proklamasi. Baik golongan tua maupun muda sepakat bahwa kemerdekaan Indonesia harus segera diproklamasikan. Golongan tua berpendapat bahwa proklamasi dapat diwujudkan tanpa pertumpahan darah. Mereka mengikuti langkah-langkah legal pembentukan negara yang telah dipersiapkan sejak pembentukan BPUPKI dan PPKI. Sebaliknya, golongan muda menginginkan segera dilaksanakan proklamasi kemerdekaan, bahkan bila harus terjadi pertumpahan darah. Hal ini dikarenakan situasi Indonesia yang tengah vacuum of power dan kekhawatiran akan Belanda yang datang menjajah Indonesia kembali.

Dengan demikian, pertimbangan golongan muda agar proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan adalah situasi Indonesia yang sedang vacuum of power dan khawatir jika Belanda kembali menjajah Indonesia.

47

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan gambar di atas, yang termasuk golongan muda adalah ….

28

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia