Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang tokoh yang berpandangan bahwa semua manusia sejak lahir adalah sama dan merdeka. Gagasannya tentang pemerintahan adalah demokrasi yang bersemboyan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Pandangan tersebut dikemukakan oleh ...

Seorang tokoh yang berpandangan bahwa semua manusia sejak lahir adalah sama dan merdeka. Gagasannya tentang pemerintahan adalah demokrasi yang bersemboyan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Pandangan tersebut dikemukakan oleh ...

  1. John Locke

  2. Montesquieu

  3. Jean Jacques Rousseau

  4. Voltaire

  5. Nicolo Machiavelli

Iklan

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Gagasan mengenai demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dikemukakan oleh seorang tokoh Prancis bernama Jean Jacques Rousseau. Rousseau menjelaskan pemikirannya dalam bukunya yang berjudul “ Le Contract Social et les idees politiques de J. J. Rousseau ” atau “ Du Contract Social ” (Perjanjian Sosial). Rousseau mengemukakan tentang kebebasan dan kemerdekaan dalam diri manusia karena pada dasarnya, sejak lahir manusia tidak memiliki otoritas atas manusia yang lainnya. Oleh karena itu, manusia menjalin hubungan dengan manusia lain yang disebut Rousseau sebagai kontrak sosial untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga kebebasan manusia menjadi penuh. Dalam konteks kenegaraan, penyelenggaraan suatu negara akan ideal jika melibatkan warga negara dalam sistem pemerintahan dan tidak terpusat dalam satu kekuasaan tertentu. Maka dari itu, menurutnya demokrasi bersemboyan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Gagasan mengenai demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dikemukakan oleh seorang tokoh Prancis bernama Jean Jacques Rousseau. Rousseau menjelaskan pemikirannya dalam bukunya yang berjudul “Le Contract Social et les idees politiques de J. J. Rousseau” atau “Du Contract Social” (Perjanjian Sosial). Rousseau mengemukakan tentang kebebasan dan kemerdekaan dalam diri manusia karena pada dasarnya, sejak lahir manusia tidak memiliki otoritas atas manusia yang lainnya. Oleh karena itu, manusia menjalin hubungan dengan manusia lain yang disebut Rousseau sebagai kontrak sosial untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga kebebasan manusia menjadi penuh.

Dalam konteks kenegaraan, penyelenggaraan suatu negara akan ideal jika melibatkan warga negara dalam sistem pemerintahan dan tidak terpusat dalam satu kekuasaan tertentu. Maka dari itu, menurutnya demokrasi bersemboyan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada pertengahan abad XVIII di Prancis bermunculan filsuf terkenal, salah satunya Jean Jacques Rousseau. Bagairnana pernikiran Jean Jacques Rousseau yang rnendorong terjadinya Revolusi Prancis?

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia