Pertanyaan

Pada pertengahan abad XVIII di Prancis bermunculan filsuf terkenal, salah satunya Jean Jacques Rousseau. Bagairnana pernikiran Jean Jacques Rousseau yang rnendorong terjadinya Revolusi Prancis?

Pada pertengahan abad XVIII di Prancis bermunculan filsuf terkenal, salah satunya Jean Jacques Rousseau. Bagairnana pernikiran Jean Jacques Rousseau yang rnendorong terjadinya Revolusi Prancis?

F. Putri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Jean Jacques Rousseau merupakan seorang filsuf yang menulis buku berjudul Du , Contract Social (Perjanjian Masyarakat). Buku ini berisi mengenai hak asasi manusia. Jean Jacques Rousseau menyarankan agar pemerintah Prancis mdaksariakan sistem pemerintahan demokrasi. Atas idenya tersebut, ia dianggap sebagai "Bap.ak Demokrasi Modem". Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pada pertengahan abad XVIII di Prancis bermunculan penulis dan filsuf terkenal. Beberapa filsuf terkenal pada masa itu sebagai berikut. Montesquieu merupakan seorang filsuf yang terinspirasi dari pemikiran John Locke. Montesquieu menulis buku berj􀑅dul L 'esprit des Lois (Jiwa Undang-Undang). Buku ini menjelaskan kekuasaan negara dibagi dalam tiga bagian (Trias Politica), yaitu 'legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Voltaire merupakan seorang tokoh pembaru yang bersifat kritis terhadap pemerintah. Voltaire mengecam peraturan-peraturan negara dan menyatakan pemerintahan Raja Louis XVI bukan pemerintahan demokratis, inelainkan pemerintahan autokrasi yang berpusat pada kekuasaan raja. Jean Jacques Rousseau merupakan seorang filsuf yang menulis buku berjudul Du , Contract Social (Perjanj ian Masyarakat). Buku ini berisi mengenai hak asasi manusia. Jean Jacques Rousseau menyarankan agar pemerintah Prancis mdaksariakan sistem pemerintahan demokrasi. Atas idenya tersebut, ia dianggap sebagai "Bap.ak Demokrasi Modem".

Jean Jacques Rousseau merupakan seorang filsuf yang menulis buku berjudul Du , Contract Social (Perjanjian Masyarakat). Buku ini berisi mengenai hak asasi manusia. Jean Jacques Rousseau menyarankan agar pemerintah Prancis mdaksariakan sistem pemerintahan demokrasi. Atas idenya tersebut, ia dianggap sebagai "Bap.ak Demokrasi Modem".

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pada pertengahan abad XVIII di Prancis bermunculan penulis dan filsuf terkenal. Beberapa filsuf terkenal pada masa itu sebagai berikut.

  1. Montesquieu merupakan seorang filsuf yang terinspirasi dari pemikiran John Locke. Montesquieu menulis buku berj􀑅dul L 'esprit des Lois (Jiwa Undang-Undang). Buku ini menjelaskan kekuasaan negara dibagi dalam tiga bagian (Trias Politica), yaitu 'legislatif, eksekutif, dan yudikatif.
  2. Voltaire merupakan seorang tokoh pembaru yang bersifat kritis terhadap pemerintah. Voltaire mengecam peraturan-peraturan negara dan menyatakan pemerintahan Raja Louis XVI bukan pemerintahan demokratis, inelainkan pemerintahan autokrasi yang berpusat pada kekuasaan raja.
  3. Jean Jacques Rousseau merupakan seorang filsuf yang menulis buku berjudul Du , Contract Social (Perjanj ian Masyarakat). Buku ini berisi mengenai hak asasi manusia. Jean Jacques Rousseau menyarankan agar pemerintah Prancis mdaksariakan sistem pemerintahan demokrasi. Atas idenya tersebut, ia dianggap sebagai "Bap.ak Demokrasi Modem".

308

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan latar belakang terjadinya Revolusi Prancis!

13rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia