Pertanyaan

Jelaskan latar belakang terjadinya Revolusi Prancis!

Jelaskan latar belakang terjadinya Revolusi Prancis!

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

latar belakang terjadinya Revolusi Prancis adalah berkembangnya paham rasionalisme, aufklarung , paham romantisme, pengaruh revolusi Amerika, ketidakadilan dalam sistem feodalisme, dan pemerintahan yang buruk. Namun. latar belakang yang paling dominan adalah masalah keuangan negara.

latar belakang terjadinya Revolusi Prancis adalah berkembangnya paham rasionalisme, aufklarung, paham romantisme, pengaruh revolusi Amerika, ketidakadilan dalam sistem feodalisme, dan pemerintahan yang buruk. Namun. latar belakang yang paling dominan adalah masalah keuangan negara.

Pembahasan

Revolusi Prancis adalah gerakan yang menuntut dilakukannya perubahan besar-besaran di Prancis dalam kurun waktu 1789-1799. Revolusi ini ditandai dengan jatuhnya monarki absolut di Prancis yang saat itu diperintah oleh Raja Louis XVI. Pelopor utamanya adalah kaum demokrat yang menginginkan penghapusan sistem monarki di Prancis. Revolusi Prancis disebabkan oleh beberapa faktor, tetapi faktor yang paling dominan adalah masalah keuangan negara. Revolusi Prancis tidak hanya mengakibatkan banyak perubahan dalam masyarakat Prancis, melainkan juga berpengaruh bagi berbagai bangsa. Revolusi Prancis disebabkan oleh banyak hal yang cakupannya cukup luas, di antaranya sebagai berikut. Berkembangnya paham rasionalisme, aufklarung , dan paham romantisme. Tokoh-tokoh paham romantisme yang banyak berpengaruh dalam Revolusi Prancis adalah Jean Jacques Rousseau. Pengaruh Perang Kemerdekaan Amerika (Revolusi Amerika). Adanya ketidakadilan dalam sistem feodalisme Prancis yang membagi masyarakat menjadi tiga golongan, yaitu Golongan I (bangsawan), Golongan II (kaum agama), Golongan III (rakyat jelata). Kaum bangsawan dan agama memiliki hak istimewa sedangkan rakyat jelata tidak memiliki hak. Dengan hak-hak istimewanya, selain bebas pajak, kaum bangsawan pun dapat menarik pajak dari rakyat. Pemerintahan yang buruk, kekuasaan tunggal raja pada masa pemerintahannya berubah menjadi tirani yang memberikan kelonggaran raja untuk bertindak sewenang-wenang. Dengan demikian latar belakang terjadinya Revolusi Prancis adalah berkembangnya paham rasionalisme, aufklarung , paham romantisme, pengaruh revolusi Amerika, ketidakadilan dalam sistem feodalisme, dan pemerintahan yang buruk. Namun. latar belakang yang paling dominan adalah masalah keuangan negara.

Revolusi Prancis adalah gerakan yang menuntut dilakukannya perubahan besar-besaran di Prancis dalam kurun waktu 1789-1799. Revolusi ini ditandai dengan jatuhnya monarki absolut di Prancis yang saat itu diperintah oleh Raja Louis XVI. Pelopor utamanya adalah kaum demokrat yang menginginkan penghapusan sistem monarki di Prancis. Revolusi Prancis disebabkan oleh beberapa faktor, tetapi faktor yang paling dominan adalah masalah keuangan negara. Revolusi Prancis tidak hanya mengakibatkan banyak perubahan dalam masyarakat Prancis, melainkan juga berpengaruh bagi berbagai bangsa. Revolusi Prancis disebabkan oleh banyak hal yang cakupannya cukup luas, di antaranya sebagai berikut.

  1. Berkembangnya paham rasionalisme, aufklarung, dan paham romantisme. Tokoh-tokoh paham romantisme yang banyak berpengaruh dalam Revolusi Prancis adalah Jean Jacques Rousseau.
  2. Pengaruh Perang Kemerdekaan Amerika (Revolusi Amerika).
  3. Adanya ketidakadilan dalam sistem feodalisme Prancis yang membagi masyarakat menjadi tiga golongan, yaitu Golongan I (bangsawan), Golongan II (kaum agama), Golongan III (rakyat jelata). Kaum bangsawan dan agama memiliki hak istimewa sedangkan rakyat jelata tidak memiliki hak. Dengan hak-hak istimewanya, selain bebas pajak, kaum bangsawan pun dapat menarik pajak dari rakyat.
  4. Pemerintahan yang buruk, kekuasaan tunggal raja pada masa pemerintahannya berubah menjadi tirani yang memberikan kelonggaran raja  untuk bertindak sewenang-wenang.

Dengan demikian latar belakang terjadinya Revolusi Prancis adalah berkembangnya paham rasionalisme, aufklarung, paham romantisme, pengaruh revolusi Amerika, ketidakadilan dalam sistem feodalisme, dan pemerintahan yang buruk. Namun. latar belakang yang paling dominan adalah masalah keuangan negara.

12rb+

4.8 (7 rating)

Atha Moestar

Pembahasan tidak lengkap Pembahasan terpotong Jawaban tidak sesuai

Iklan

Pertanyaan serupa

Dibawah ini mana faktor yang melatar belakangi terjadinya Revolusi Prancis...

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia