Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang siswa mereaksikan pita magnesium dengan larutan asam klorida, menghasilkan 12,3 mL gas hidrogen yang diukur pada suhu 127 ∘ C dan tekanan 1 atm menurut persamaan : Mg ( s ) + 2 HCI ( a q ) → MgCl 2 ​ ( a q ) + H 2 ​ ( g ) Massa pita magnesium yang habis dalam reaksi tersebut adalah.... ( Ar Mg = 24 ; R = 0 , 082 Latm mol − 1 K − 1 )

Seorang siswa mereaksikan pita magnesium dengan larutan asam klorida, menghasilkan 12,3 mL gas hidrogen yang diukur pada suhu dan tekanan 1 atm menurut persamaan :

 

Massa pita magnesium yang habis dalam reaksi tersebut adalah.... 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

massa pita magnesium adalah gram.

massa pita magnesium adalah bold 9 bold. bold 10 to the power of bold minus sign bold 3 end exponent gram.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Untuk menghitung massa dari pita magnesium, yang perlu dilakukan pertama adalah memastikan apakah persamaan reaksi yang diketahui di soal sudah setara atau belum. Persamaan reaksi dikatakan setara apabila rumus kimia dari zat yang terlibat telah ditulis dengan benar, jumlah atom di ruas kiri sama dengan ruas kanan, serta muatan di ruas kiri sama dengan ruas kanan. Dalam soal ini, persamaan reaksinya sudah setara. Langkah selanjutnyauntuk menghitung massa dari pita magnesium adalah menghitung mol gas hidrogen: Menenetukan mol pita magnesium: Untuk menentukan mol pita magnesium, yang perlu diketahui adalah bahwa perbandingan koefisien reaksi sama dengan perbandingan molnya. Jika koefisien reaksi dari dua zat itu sama, maka perbandingan molnya juga sama. (karena koefisien reaksinya sama) Menghitung massa pita magnesium: Oleh karena itu, massa pita magnesium adalah gram.

Untuk menghitung massa dari pita magnesium, yang perlu dilakukan pertama adalah memastikan apakah persamaan reaksi yang diketahui di soal sudah setara atau belum. Persamaan reaksi dikatakan setara apabila rumus kimia dari zat yang terlibat telah ditulis dengan benar, jumlah atom di ruas kiri sama dengan ruas kanan, serta muatan di ruas kiri sama dengan ruas kanan. Dalam soal ini, persamaan reaksinya sudah setara.

Langkah selanjutnya untuk menghitung massa dari pita magnesium adalah menghitung mol gas hidrogen:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell P point V end cell equals cell n point R point T end cell row cell 1.0 comma 0123 end cell equals cell n point 0 comma 082.400 end cell row cell space space space 0 comma 0123 end cell equals cell 32 comma 8 n end cell row cell space space space space space space space space space space space n end cell equals cell fraction numerator 0 comma 0123 over denominator 32 comma 8 end fraction equals 0 comma 000375 space mol end cell row n equals cell 3 comma 75.10 to the power of negative sign 4 end exponent space mol end cell row blank blank blank end table 

Menenetukan mol pita magnesium:

Untuk menentukan mol pita magnesium, yang perlu diketahui adalah bahwa perbandingan koefisien reaksi sama dengan perbandingan molnya. Jika koefisien reaksi dari dua zat itu sama, maka perbandingan molnya juga sama.

n space Mg double bond n space H subscript 2 equals 3 comma 75.10 to the power of negative sign 4 end exponent space mol (karena koefisien reaksinya sama)

Menghitung massa pita magnesium:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Massa space Mg end cell equals cell n point Ar end cell row cell space space space space space space space space space space space space space space space end cell equals cell 3 comma 75.10 to the power of negative sign 4 end exponent.24 end cell row cell space space space space space space space space space space space space space space space end cell equals cell 9.10 to the power of negative sign 3 end exponent space gram end cell end table 

Oleh karena itu, massa pita magnesium adalah bold 9 bold. bold 10 to the power of bold minus sign bold 3 end exponent gram.

Latihan Bab

Hitungan Stoikiometri Reaksi Sederhana

Hitungan Stoikiometri Reaksi dengan Pereaksi Pembatas

Hitungan Stoikiometri Reaksi dengan Senyawa Hidrat

Stoikiometri Senyawa

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Untuk memperoleh gas hidrogen, direaksikan 12 gram logam magnesium ( A r ​ Mg = 24 ; Cl = 35 , 5 ) dengan larutan asam klorida sampai habis dengan reaksi: Mg ( s ) + 2 HCl ( a q ) → MgCl 2 ​ ( a q ...

425

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia