Roboguru

Senyawa-senyawa xenon yang terbentuk melalui hibridisasi elektron valensi sp3d2 dari Xe adalah...

Pertanyaan

Senyawa-senyawa xenon yang terbentuk melalui hibridisasi elektron valensi sp3d2 dari Xe adalah...

  1. XeO

  2. XeF2

  3. XeF4

  4. XeF6

  5. XeO4

Pembahasan Soal:

Hibridisasi dapat diartikan penggabungan orbital s, p, d dan f. Sehingga pada hibridisasi elektron valensi sp3d2 terdapat pemakaian 1 orbital s, 3 orbital p dan 2 orbital d terpakai untuk berikatan sehingga jika ditotalkan maka ada 6 orbital yg digabung, misalnya pada molekul XeF4 dengan struktur lewis sebagai berikut:



Berdasarkan struktur lewis molekul XeF4 di atas, atom pusat Xe terdapat 4 domain pasangan elektron ikatan dan 2 domain pasangan elektron bebas, totalnya ada 6 domain pasangan elektron artinya ada penggabungan 6 orbital dari sub kulit s, p, d dan f untuk Xe berikatan dengan 4 atom F sehingga nantinya didapat hibridisasinya sp3d2.

Dengan demikian, senyawa xenon yang terbentuk melalui hibridisasi elektron valensi sp3d2 dari Xe adalah XeF4.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Z. Hardi

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan, mengapa Xe dan Kr dapat membentuk senyawa, sedangkan He dan Ne tidak dapat membentuk senyawa?

Pembahasan Soal:

Senyawa gas mulia tidak ada di alam, yang ada adalah senyawa buatan. Walaupun gas mulia stabil (inert), namun senyawa gas mulia, khususnya tiga unsur yang terakhir, dapat dibuat. Gas mulia dengan jari-jari yang besar (Xe dan Rn) dapat direaksikan dengan unsur yang sangat elektronegatif seperti fluor dan oksigen. Namun unsur He dan Ne tidak dapat membentuk senyawa, karena energi ionisasi He dan Ne sangat tinggi.

Jadi, jawaban yang benar He dan Ne tidak dapat membentuk senyawa karena energi ionisasi He dan Ne sangat tinggi. 

0

Roboguru

Pasangan unsur gas mulia yang senyawanya telah disintesis adalah ….

Pembahasan Soal:

Beberapa unsur gas mulia dapat bereaksi dengan unsur lain yang memiliki elektronegativitas besar sehingga membentuk suatu senyawa. Unsur gas mulia yang senyawanya telah disintesis adalah xenon dan krypton. Xenon dan krypton memiliki energi ionisasi yang kecil. Semakin kecil energi ionisasi, semakin mudah membentuk ion positif yang berarti semakin reaktif. Oleh karena itu, xenon dan krypton dapat bereaksi dengan unsur lain membentuk senyawa.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Semua gas mulia bersifat tidak reaktif sehingga sebenarnya semua dapat digunakan untuk mengisi bola lampu, penggunaan Ar lebih umum dibandingkan yang lainnya, mengapa demikian?

Pembahasan Soal:

Karena keberadaan Ar di alam relatif lebih tinggi. Cahaya yang diperoleh pada penggunaan Ar memungkinkan pemanasan filamen pada suhu lebih tinggi sehingga cahaya yang diperoleh lebih putih.

Jadi, Ar lebih umum digunakan karena keberadaannya di alam lebih tingi, serta dapat menghasilkan warna cahaya yang lebih putih

0

Roboguru

Gas mulia mempunyai konfigurasi elektron paling stabil. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan keadaan gas mulia tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Jika dilihat pernyataan pada setiap jawaban yaitu:

A. Di alam selalu dalam keadaan bebas adalah benar. Akibat dari energi ionisasi yang besar dan orbital penuh, atom-atom gas mulia sulit bereaksi dengan atom unsur lain, akibatnya di alam unsur gas mulia selalu dalam keadaaan bebas.

B. Semua gas mulia tidak dapat dibuat senyawanya adalah salah. Unsur dengan nomor atom besar seperti Xe  dan Ra dapat membentuk senyawa.

C. Energi pengionan terbesar dalam periodenya adalah benar. Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan suatu elektron dari atom unsur tersebut dan membentuk ion positif. Semua orbital di atom-atom gas mulia sudah terisi penuh oleh elektron (sebagaimana di atas), sehingga sangat susah membuat elektron ini keluar dari atom, yang menyebabkan energi ionisasinya menjadi besar.

D. Semua elektron gas mulia telah berpasangan adalah benar. Akibat dari orbital yang penuh ini, semua elektron sudah berpasangan dalam bilangan kuantumnya.

E. Makin besar nomor atomnya, makin reaktif adalah benar. Hal ini karena semakin besar nomor atom, semakin banyak elektron dan orbital elektron suatu atom. Ini membuat jari-jari atom semakin besar, dan jarak elektron ke inti atom semakin jauh. Akibatnya gaya tarik elektron oleh proton semakin lemah dan reaktivitas meningkat.

Oleh karena itu, pernyataan yang tidak sesuai dengan keadaan gas mulia adalah semua gas mulia tidak dapat dibuat senyawanya.

Jadi, jawaban yang benar adalah B. 

0

Roboguru

Gas mulia yang dapat disintesis membentuk senyawa dengan unsur lain adalah ....

Pembahasan Soal:

Gas mulia merupakan kelompok unsur yang terletak pada Golongan VIIIA dalam sistem periodik unsur. Kelompok gas mulia telah memiliki susunan konfigurasi elektron yang sudah stabil sehingga sulit untuk bereaksi dengan unsur lain. Hal ini dapat dilihat dari data energi ionisasi unsur-unsur gas mulia yang paling besar dibandingkan dengan unsur-unsur golongan lain. 

Dalam satu golongan gas mulia, semakin ke bawah, nilai energi ionisasinya semakin kecil sehingga ada beberapa unsur yang masih memungkinkan dapat disintesis senyawanya, di antaranya adalah Kr, Xe, dan Rn. Selain unsur-unsur tersebut sangat sulit disintesis senyawanya karena energi ionisasi yang dibutuhkan sangat besar.

Unsur Kr membentuk senyawa Kr F subscript 2 dan Kr F subscript 6, sedangkan Xe dapat membentuk senyawa  Xe F subscript 2 space end subscriptdan Xe F subscript 6.

Jadi jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved