Roboguru

Selama menduduki wilayah Indonesia, Jepang membent...

Selama menduduki wilayah Indonesia, Jepang membentuk pemerintahan militer yang terdiri atas beberapa wilayah. Latar belakang pembentukan pemerintahan militer oleh Jepang adalah...

  1. Perbedaan kekayaan alam di setiap wilayah di Indonesia

  2. Pembubaran organisasi pergerakan nasional oleh Jepang.undefined

  3. Perbedaan kepentingan Jepang di setiap wilayah Indonesia.undefined

  4. Propaganda Jepang yang membawa kemakmuran bagi wilayah Asia Timur Raya.

  5. Pemerintahan militer akan melibatkan seluruh rakyat Indonesia.

Jawaban:

Pendirian pemerintahan militer Jepang di Indonesia tidak didasari atas suatu pemerintahan terpusat yang dipraktekkan oleh Belanda sebelum Perang Dunia II. Serangan militer secara terpisah yang dilakukan Jepang dalam usahanya untuk menaklukkan Hindia - Belanda, membuat di beberapa wilayah, berdiri pemerintahan militer yang berbeda - beda. Tentara ke - 25 menguasai wilayah Sumatera setelah berhasil menaklukkan Malaya, Tentara ke - 16 menguasai Jawa setelah berhasil menguasai wilayah Tarakan dan Laut Jawa. Sementara itu Armada Laut ke - 2 memegang kendali untuk wilayah Indonesia Timur karena dekat dengan pusat operasi mereka di Rabaul dan Papua.
 

Perbedaan pimpinan di ketiga wilayah ini juga membuat terjadinya perbedaan perkembangan politik di setiap daerah. Pihak angkatan darat Jepang yang menguasai Sumatera dan Jawa berusaha bekerja sama dengan para pemimpin nasionalis untuk mengurangi terjadinya usaha perlawanan terhadap Jepang. Sementara pihak angkatan laut Jepang di Indonesia bagian timur menolak bekerja sama dengan pemimpin lokal karena tidak mempercayai sama sekali kemampuan dan kesetiaan mereka. Hal ini berakibat pada begitu pesatnya perkembangan politik nasionalisme dan kemerdekaan di Jawa dan Sumatera, sementara itu di pulau lainnya antusiasme akan kemerdekaan tidak sebesar kedua pulau tersebut.

 

Jadi, latar belakang pemerintahan militer Jepang di Indonesia adalah perbedaan kepentingan yang dimiliki oleh angkatan darat dan laut di setiap wilayah di Indonesia.

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah C undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved