Roboguru

Pendudukan Jepang di Indonesia memengaruhi sistem pemerintahan di Indonesia. Salah satu bentuk pengaruh tersebut adalah ...

Pertanyaan

Pendudukan Jepang di Indonesia memengaruhi sistem pemerintahan di Indonesia. Salah satu bentuk pengaruh tersebut adalah ... space

  1. penghapusan jabatan perdana menteri space

  2. penghapusan sistem pemerintahan sipil space

  3. penerapan sistem pemerintahan bercorak militer space

  4. penyederhanaan struktur lembaga pemerintahan space

  5. pembagian wilayah kekuasaan menjadi lima bagian space

Pembahasan Soal:

Jepang memasuki Indonesia sekaligus memulai masa kependudukan militer Jepang pada tahun 1942 hingga 1945. Pada masa ini, pemerintah Jepang banyak melakukan berbagai perubahan, salah satunya di bidang pemerintahan. Sistem pemerintahan yang diberlakukan oleh pemerintah Jepang di Indonesia adalah sistem pemerintahan bercorak militer. Maka, sejak penyerahan kekuasaan Hindia Belanda kepada Jepang oleh Belanda lewat Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942, berdirilah tiga pemerintahan militer Jepang di Indonesia. Pembagiannya adalah sebagai berikut.

  1. Pulau Sumatra diperintah oleh Tentara ke-25 Angkatan Darat Jepang dengan bermarkas di Bukittinggi.
  2. Pulau Jawa dan Bali dipegang oleh Tentara ke-16 Angkatan Darat Jepang dan bermarkas besar di Batavia.
  3. Pulau Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua dikuasai oleh Armada ke-3 Angkatan Laut Jepang serta bermarkas besar di Makassar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Selama menduduki Indonesia, Jepang membentuk berbagai pasukan militer. Pasukan ini dibentuk untuk membantu Jepang dalam perang serta menjaga keamanan wilayah Indonesia apabila Jepang terdesak dalam Pe...

Pembahasan Soal:

Selama menduduki wilayah Nusantara, Jepang membentuk berbagai pasukan militer. Pasukan ini dibentuk untuk membantu Jepang dalam menjaga keamanan di wilayah Nusantara dan digunakan apabila Jepang terdesak dalam Perang Pasifik. Hal ini menunjukkan bahwa tenaga bangsa Indonesia digunakan untuk membantu Jepang dalam Perang Pasifik. Pendapat ini juga didukung karena organisasi yang dibentuk Jepang hampir sebagian besar bercorak militer.

Roboguru

Ceritakan dengan jelas pendudukan Jepang di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Pendudukan Jepang di Indonesia dimulai setelah menyerahnya Belanda kepada Jepang melalui Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942. Pasca menyerahnya Belanda, Jepang segera membentuk pemerintahan militer dan sipil di Indonesia. Pemerintahan militer dibagi menjadi tiga wilayah, yakni Tentara Kedua Puluh Lima yang berpusat di Bukittinggi, Tentara Keenam Belas yang berpusat di Jakarta, serta Armada Selatan Kedua yang berpusat di Makasar. Sedangkan untuk pemerintahan sipil dibentuk berdasarkan UU No. 28 tentang pemerintahan Shu serta Tokubetsi. Dalam perkembangan selanjutnya, Jepang banyak mengeluarkan serta menerapkan kebijakan di Indonesia untuk mendukung keberhasilan dalam Perang Asia Pasifik, salah satunya adalah kebijakan Ekonomi Perang dan Romusha. Namun kebijakan-kebijakan yang dijalankan oleh Jepang banyak menyebabkan penderitaan masyarakat Indonesia. Hal tersebut selanjutnya yang memunculkan perlawanan terhadap Jepang di berbagai daerah, seperti perlawanan Pang Suma, Singaparna, Cot Plien, Koreri, dan seterusnya. Pendudukan Jepang di Indonesia berakhir setalah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II dan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Dengan demikian, pendudukan Jepang di Indonesia berlangsung pada tahun 1942-1945. Pada masa pendudukannya, banyak kebijakan Jepang yang menyebabkan penderitaan terhadap rakyat.

Roboguru

Uraikan kebijakan Pendudukan Jepang di Indonesia di bidang politik!

Pembahasan Soal:

Pada masa pendudukan Jepang, pemerintah Jepang selalu mengajak bekerja sama golongan-golongan nasionalis. Jepang menganggap bahwa golongan nasionalis ini memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat Indonesia. Namun, kemudian Jepang justru mengeluarkan undang-undang yang merugikan bangsa Indonesia di bidang politik. Kebijakan pertama yang dilakukan Jepang adalah melarang semua rapat dan kegiatan politik. Pada tanggal 20 Maret 1942, dikeluarkan peraturan yang membubarkan semua organisasi politik dan semua bentuk perkumpulan. Pada tanggal 8 September 1942 dikeluarkan UU no. 2 Jepang mengendalikan seluruh organisasi nasional.

Dengan demikian kebijakan Jepang di bidang politik adalah melarang membubarkan dan melarang aktivitas semua organisasi politik yang bukan dibentuk oleh pemerintah Jepang.

Roboguru

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 27 tahun 1942 sistem pemerintahan daerah di Indonesia pada masa pendudukan Jepang dibagi menjadi berapa wilayah?

Pembahasan Soal:

Jepang datang ke Indonesia pada tahun 1942 dengan tujuan untuk menguasai cadangan bahan logistik dan bahan industri. Setelah berhasil mengusir dan menggantikan pemerintahan Belanda, Jepang mulai membentuk pemerintahan militer di Indonesia. Selain membentuk pemerintahan yang bersifat militer, Jepang pun mengembangkan pemerintahan sipil. Pada bulan Agustus 1942, Jepang mengeluarkan UU No. 27 tentang aturan pemerintahan daerah dan diperkuat dengan UU No 28 tentang pemerintahan shu serta tokubetsushi. Menurut UU ini seluruh pulau Jawa dan Madura, kecuali Kochi Yogyakarta dan Kochi Surakarta, dibagi menjadi daerah-daerah, yakni sebagai berikut.

  1. Shu (keresidenan), yang dipimpin oleh shukocan dan seluruh pulau jawa dibagi menjadi 17 shu.
  2. Shi (kotapraja).
  3. Ken (kabupaten).
  4. Gun (kawedanan).
  5. Son (kecamatan).
  6. Ku (desa/kelurahan).

Selain membagi daerah Jawa dan Madura menjadi 6 wilayah, dibentuk pula Tonarigumi atau Rukun Tetangga (RT) yang bertujuan untuk mengawasi gerak-gerik masyarakat ditingkat paling bawah.

Dengan demikian, menurut UU No. 27 dan 28 tahun 1942 sistem pemerintahan daerah di Indonesia pada zaman Jepang dibagi menjadi 6 wilayah, yang tertinggi disebut dengan shu (keresidenan) dan tingkatan paling bawah disebut ku (desa/kelurahan).

Roboguru

Selama menduduki wilayah Indonesia, Jepang membentuk pemerintahan militer yang terdiri atas beberapa wilayah. Latar belakang pembentukan pemerintahan militer oleh Jepang adalah...

Pembahasan Soal:

Pendirian pemerintahan militer Jepang di Indonesia tidak didasari atas suatu pemerintahan terpusat yang dipraktekkan oleh Belanda sebelum Perang Dunia II. Serangan militer secara terpisah yang dilakukan Jepang dalam usahanya untuk menaklukkan Hindia - Belanda, membuat di beberapa wilayah, berdiri pemerintahan militer yang berbeda - beda. Tentara ke - 25 menguasai wilayah Sumatera setelah berhasil menaklukkan Malaya, Tentara ke - 16 menguasai Jawa setelah berhasil menguasai wilayah Tarakan dan Laut Jawa. Sementara itu Armada Laut ke - 2 memegang kendali untuk wilayah Indonesia Timur karena dekat dengan pusat operasi mereka di Rabaul dan Papua.
 

Perbedaan pimpinan di ketiga wilayah ini juga membuat terjadinya perbedaan perkembangan politik di setiap daerah. Pihak angkatan darat Jepang yang menguasai Sumatera dan Jawa berusaha bekerja sama dengan para pemimpin nasionalis untuk mengurangi terjadinya usaha perlawanan terhadap Jepang. Sementara pihak angkatan laut Jepang di Indonesia bagian timur menolak bekerja sama dengan pemimpin lokal karena tidak mempercayai sama sekali kemampuan dan kesetiaan mereka. Hal ini berakibat pada begitu pesatnya perkembangan politik nasionalisme dan kemerdekaan di Jawa dan Sumatera, sementara itu di pulau lainnya antusiasme akan kemerdekaan tidak sebesar kedua pulau tersebut.

 

Jadi, latar belakang pemerintahan militer Jepang di Indonesia adalah perbedaan kepentingan yang dimiliki oleh angkatan darat dan laut di setiap wilayah di Indonesia.

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah C undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved