Roboguru

Sejarah berdirinya kerajaan Majapahit adalah

Pertanyaan

Sejarah berdirinya kerajaan Majapahit adalah

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan Hindu di Jawa Timur yang didirikan oleh Raden Wijaya (1293 M). Kerajaan kuno di Indonesia ini berdiri pada tahun 1293-1500 Masehi. Kerajaan Hindu terakhir di Semenanjung Malaya ini dianggap sebagai salah satu negara tersbesar sepanjang sejarah Indonesia. Dimana wilayah kekuasaannya meliputi, Sumatera, Bali, Borneo, dan Filipina.

Dengan demikian, asal mula berdirinya Kerajaan Majapahit yakni adanya serangan dari Jayakatwang (Adipati Kediri) yang berhasil membunuh Kertanegara (penguasa Kerajaan Singasari terakhir) akibat menolak pembayaran upeti. Kemudian Raden Wijaya (menantu Kertanegara) berhasil melarikan diri ke Madura untuk meminta perlindungan kepada Aryawiraraja. Raden Wijaya diberikan hutan Tarik oleh Aryawiraraja sebagai daerah kekuasaanya kemudian dijadikan desa baru yang diberi nama “Majapahit”.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sejarah berdirinya kerajaan Majapahit.

Pembahasan Soal:

Berdirinya Kerajaan Majapahit tahun 1293 diawali dengan runtuhnya Kerajaan Singasari. Ketika Kerajaan Singasari diserang oleh Jayakatwang, adipati Kediri, Raden Wijaya berhasil melarikan diri ke Pulau Madura. Di pulau ini, Raden Wijaya meminta bantuan kepada Bupati Madura yang bernama Arya Wiraraja. Dengan bantuan Arya Wiraraja, Raden Wijaya kemudian kembali ke Singasari dan mengaku ingin mengabdikan diri kepada Jayakatwang.

Jayakatwang menyambutnya dengan senang hati dan memberikan Raden Wijaya sebuah wilayah untuk dijadikan pedesaan. Wilayah itu ternyata sebuah hutan yang bernama Hutan Tarik. Untuk menjadikannya pedesaan, Raden Wijaya kemudian membabat Hutan Tarik. Saat itulah dirinya menemukan buah maja yang terlihat sangat ranum, tetapi rasanya sangat pahit. Berdasarkan pengalaman itulah, pedesaan yang dibuat Raden Wijaya diberi nama Majapahit.

Ketika Kubilai Khan, penguasa Dinasti Yuan di Tiongkok, menghancurkan Jayakatwang, Raden Wijaya bersiap melakukan penyerangan. Atas bantuan Arya Wiraraja, Raden Wijaya berhasil memukul mundur bala tentara Tiongkok dari Nusantara. Setelah itu, Raden Wijaya diangkat sebagai raja pertama Kerajaan Majapahit dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana. Meski kerap menghadapi masalah dan pemberontakan, tetapi Majapahit berhasil berkembang menjadi kerajaan yang sangat jaya. Kejayaan Majapahit tidak luput dari peran Gajah Mada, mahapatih yang berhasil menumpas semua pemberontakan dan menyatukan wilayah Nusantara.

Dengan demikian, Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang didirikan oleh Raden Wijaya tahun 1293 setelah runtuhnya Kerajaan Singasari dibawah Jayakatwang. Raden Wijaya diberi sebuah desa oleh Jayakatwang yang masih berupa hutan, akhirnya Raden Wijaya membabat hutan tersebut dan menemukan buah Maja yang telah ranum dengan rasa pahit, dari sinilah cikal bakal penamaan Majapahit tersebut.

0

Roboguru

Sejarah berdirinya kerajaan Majapahit!

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia. Kerajaan  Majapahit diperkirakan terletak di daerah Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Hal ini didasarkan pada temuan artefak berupa bekas tembok dan fondasi bangunan, pintu gapura, candi, saluran air dan tiang-tiang rumah. Informasi kerajaan Majapahit diperoleh dari Kitab Pararaton, Sutasoma dan Negarakertagama. Kerajaan Majapahit juga disebutkan dalam beberapa prasasti seperti prasasti Gunung Butak, Kudadu, Blambangan dan Langgaran. Tanggal pasti berdirinya kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja yaitu pada 10 November 1293. Lebih jelasnya, Kerajaan Majapahit merupakan lanjutan dari Kerajaan Singasari yang didirikan Ken Arok. Kerajaan Singasari runtuh akibat pemberontakan Bupati Gelanggelang (Madiun) Jayakatwang pada 1292. Setelah Singasari runtuh, Raden Wijaya melarikan diri bersama tiga sahabatnya yakni Sora, Nambi, dan Ranggalawe. Raden Wijaya adalah putra pangeran dari Prabu Guru Darmasiksa, Raja Sunda Galuh, sedangkan ibunya adalah putri Mahisa Campaka dari Kerajaan Singasari.

Di desa Kudadu, Raden Wijaya disambut dan dibantu bersembunyi dari kejaran musuh. Atas bantuan kepala desa, Raden Wijaya diterima berlindung kepada Arya Wiraja di Sumenep. Arya Wiraja kemudian membantu hingga Raden Wijaya diterima Raja Jayakatwang, bahkan diperbolehkan membuka hutan Tarik di Trowulan untuk dijadikan desa. Raden Wijaya menamai desa yang dibangunnya di hutan Tarik dengan Majapahit. Ini dikarenakan di area itu banyak tumbuh pohon maja yang berbuah pahit. Raden Wijaya berhasil memikat hati penduduk untuk tinggal di tempat baru. Penduduk berdatangan dari Tumapel dan Daha. Secara diam-diam, Raden Wijaya bersiap untuk merebut kembali kekuasaan dari Jayakatwang. Rencana Raden Wijaya tertolong oleh pasukan Mongol yang datang untuk menghukum Raja Jawa (Kertanegara) yang telah menghina utusan Kaisar Khubilai Khan. Tentara Mongol tak tahu perubahan politik di tanah Jawa, dimanfaatkan oleh Raden Wijaya. Bersama Raden Wijaya, tentara Mongol di bawah pimpinan panglima perang Shih-pi, Ike Mese, dan Kau Hsing, menyerang dan membunuh Jayakatwang. Setelah berhasil mengalahkan Kediri, Raden Wijaya berbalik menyerang tentara Mongol dan memaksa mereka angkat kaki dari Jawa. Pada tanggal 15 bulan Kartika tahun 1215 saka yang bertepatan dengan tanggal 10 November 1293, Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Raden Wijaya dinobatkan menjadi Raja Majapahit yang pertama.


Dengan demikian sejarah berdirinya kerajaan Majapahit adalah kerajaan Majapahit terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur dan didirikan pada 10 November 1293 dengan Raden Wijaya sebagai raja pertama setelah berhasil mengalahkan Jayakatwang.

0

Roboguru

Pendiri kerajaan Majapahit adalah ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majaphit (1293-1500) berpusat di sekitar daerah Trowulan sekarang, sekitar 10 km sebelah barat daya Kota Mojokerto, Jawa Timur. Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya, menantu dari Kertanegara, yang berhasil mendirikan kerajaan baru di wilayah hutan tarik dengan bantuan Bupati Arya Wiraja (bawahan Kertanegara). Hal ini berawal ketika penguasa Singasari terakhir (raja Kertanegara) gugur karena serangan Jayakatwang. Setelah itu, Kerajaan Singasari akhirnya berada di bawah kekuasaan Raja Kediri yaitu Jayakatwang. Raden Wijaya berusaha untuk merebut kembali kekuasaan mertuanya dari tangan raja Jayakatwang dengan bantuan Adipati Wiraraja dari Madura. Ia juga memanfaatkan kedatangan tentara Khubilai Khan yang sebenarnya dikirim untuk menyerang Singasari dalam menyambut tantangan raja Kertanegara yang telah menganiaya utusannya Meng-Chi. Ketika pasukan Mongol datang, kesempatan ini pun digunakan dengan baik oleh Raden Wijaya untuk membangun persekutuan dengan tentara Mongol dan menghancurkan Kediri. Tentara Mongol pun dipaksa oleh Raden Wijaya untuk kembali ke negaranya dan hal ini dimungkinkan karena adanya bantuan dari Arya Wiraraja yang mengerahkan pasukannya dari Madura. Setelah Wijaya berhasil mengusir tentara Mongol, maka dirinya dinobatkan menjadi raja Majapahit pada tahun 1215 S (1293 M).


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah A.
 

1

Roboguru

Pendiri Kerajaan Majapahit adalah...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya, menantu Kertanegara, yang berhasil mendirikan kerajaan baru di wilayah Hutan Tarik dengan bantuan bupati Arya Wiraraja (bawahan Kertanegara). Ketika pasukan Mongol datang kembali untuk menghukum Kertanegara, kesempatan ini digunakan oleh Raden Wijaya untuk membangun persekutuan dengan tentara Mongol dan menghancurkan Kediri, sebagai balasan akan tindakan Jayakatwang membunuh Kertanegara. Tentara Mongol kemudian dipaksa oleh Raden Wijaya untuk kembali ke negaranya dan hal ini dimungkinkan karena adanya bantuan dari Arya Wiraraja yang mengerahkan pasukannya dari Madura.space space

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah B.undefined

0

Roboguru

Kitab mengenai keruntuhan Kerajaan Singosari dan upaya Raden Wijaya untuk mendirikan Kerajaan Majapahit tertulis dalam ...

Pembahasan Soal:

Kitab pertama yang menjadi sumber sejarah pada zaman kerajaan Majapahit ialah kitab Paraton. Isi dari kitab Pararaton adalah tentang sejarah dari raja-raja yang pernah memimpin Majapahit dan kerajaan Singasari di wilayah Jawa Timur. Hingga saat ini belum diketahui siapa gerangan yang menulis kitab Pararaton yang menjadi sumber sejarah Majapahit.

Selain itu ada kitab Negara Kertagama atau Kakawin Negarakertagama yang merupakan sebuah kitab peninggalan Majapahit dan ditulis oleh Mpu Prapanca. Isi dari kitab Negara Kertagama ialah uraian tentang kondisi keraton Majapahit ketika dipimpin oleh Prabu Hayam Wuruk dan dibantu oleh Mahapatih Gajah Mada. Pada masa kekuasaannya, Majapahit berhasil meraih masa keemasan dan kejayaan. Akan tetapi dalam bagian penting isi kitab ini diuraikan tentang wilayah dan daerah kekuasaan Majapahit yang wajib memberikan upeti.

Dengan demikian, kitab yang menjelaskan mengenai keruntuhan Singosari dan berdirinya Majapahit adalah kitab Pararaton.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved