Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sejak tahun 1870, di wilayah Indonesia diberlakukan kebijakan ekonomi liberal yang memberi konsekuensi bagi Indonesia...

Sejak tahun 1870, di wilayah Indonesia diberlakukan kebijakan ekonomi liberal yang memberi konsekuensi bagi Indonesia...space 

  1. ekploitasi dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah Hindia Belandaspace 

  2. wilayah Indonesia menjadi ajang eksploitasispace 

  3. rakyat diberi kebebasan untuk menentukan nasibnyaspace 

  4. diberlakukannya sistem tanam paksaspace 

  5. ditetapkannya politik balas budi (etis)space 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Penerapan ekonomi liberal atausistem pintu terbuka ditandaiUndang-Undang Agraria (Agrarische Wet) pada 1870.Didalam undang-undang itu ditegaskan, antara lain: Tanah di negeri jajahan di Hindia Belanda dibagi menjadi dua bagian. Pertama, tanah milik penduduk pribumi berupa persawahan, kebun, ladang dan sebagainya. Kedua, tanah-tanah hutan, pegunungan dan lainnya yang tidak termasuk tanah penduduk pribumi dinyatakan sebagai tanah pemerintah. Pemerintah mengeluarkan surat bukti kepemilikan tanah. Pihak swasta dapat menyewa tanah, baik tanah pemerintah maupun tanah penduduk. Tanah-tanah pemerintah dapat disewa pengusaha swasta sampai 75 tahun. Tanah penduduk dapat disewa selama lima tahun, ada juga yang disewa sampai 30 tahun. Sewa-menyewa tanah ini harus didaftarkan kepada pemerintah. Sejak dikeluarkan UU Agraria itu, pihak swasta semakin banyak memasuki tanah jajahan di Hindia Belanda.Tanah jajahan berfungsi sebagai: (1) tempat untuk mendapatkan bahan mentah untuk kepentingan industri di Eropa, dan tempat penanaman modal asing, (2) tempat pemasaran barang-barang hasil industri dari Eropa, (3) penyedia tenaga kerja yang murah. Bisa dikatakan hanya pihak yang mengeksploitasi saja yang berubah, dari pihak pemerintah berpindah ke pihak swasta.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: 

Penerapan ekonomi liberal atau sistem pintu terbuka ditandai Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet) pada 1870. Didalam undang-undang itu ditegaskan, antara lain:

  1. Tanah di negeri jajahan di Hindia Belanda dibagi menjadi dua bagian. Pertama, tanah milik penduduk pribumi berupa persawahan, kebun, ladang dan sebagainya. Kedua, tanah-tanah hutan, pegunungan dan lainnya yang tidak termasuk tanah penduduk pribumi dinyatakan sebagai tanah pemerintah.
  2. Pemerintah mengeluarkan surat bukti kepemilikan tanah.
  3. Pihak swasta dapat menyewa tanah, baik tanah pemerintah maupun tanah penduduk. Tanah-tanah pemerintah dapat disewa pengusaha swasta sampai 75 tahun. Tanah penduduk dapat disewa selama lima tahun, ada juga yang disewa sampai 30 tahun. Sewa-menyewa tanah ini harus didaftarkan kepada pemerintah.

Sejak dikeluarkan UU Agraria itu, pihak swasta semakin banyak memasuki tanah jajahan di Hindia Belanda. Tanah jajahan berfungsi sebagai: (1) tempat untuk mendapatkan bahan mentah untuk kepentingan industri di Eropa, dan tempat penanaman modal asing, (2) tempat pemasaran barang-barang hasil industri dari Eropa, (3) penyedia tenaga kerja yang murah. Bisa dikatakan hanya pihak yang mengeksploitasi saja yang berubah, dari pihak pemerintah berpindah ke pihak swasta. 

Konsep Kilat Kolonialisme-Imperialisme di Indonesia (NEW!)

Bedah Tipe Soal Kolonialisme-Imperialisme di Indonesia (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

502

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar belakang dilaksanakannya politik Pintu Terbukadi Indonesia tahun 1870 adalah ...

142

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia