Roboguru

Pertanyaan

Sebutkan tokoh-tokoh penting yang ikut dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia?

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 tokoh-tokoh penting yang ikut dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Sukarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subardjo dan disaksikan oleh golongan muda diantaranya Sukarni, Sudiro, dan B.M. Diah.

Pembahasan

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terjadi perumusan naskah proklamasi yang dilakukan di ruang makan rumah Laksamana Maeda. Naskah tersebut merupakan hasil dari pemikiran tiga tokoh, yaitu Sukarno, Hatta, dan Ahmad Subardjo dengan disaksikan oleh Miyoshi, Sukarni, Sudiro, dan B.M. Diah. 

Teks proklamasi memuat pernyataan tegas dan keinginan bangsa Indonesia untuk menjadi negara merdeka yang menentukan nasibnya sendiri. Kalimat pertama dalam naskah dicetuskan oleh Ahmad Subardjo, sedangkan kalimat terakhir disumbang oleh Moh. Hatta. Setelah perumusan naskah, teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani oleh Sukarno-Hatta. Kemudian, teks itu digandakan dan disebarluaskan kepada masyarakat. Pada 17 Agustus 1945, Sukarno pun membacakan teks proklamasi di hadapan rakyat Indonesia.

Dengan demikian, tokoh-tokoh penting yang ikut dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Sukarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subardjo dan disaksikan oleh golongan muda diantaranya Sukarni, Sudiro, dan B.M. Diah.

21

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ini!       Berdasarkan gambar di atas, yang termasuk dalam tokoh yang merumuskan proklamasi adalah ….

87

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia