Roboguru

Jelaskan peran Bung Karno dan Bung Hatta dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan!

Pertanyaan

Jelaskan peran Bung Karno dan Bung Hatta dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Bung Karno dan Bung Hatta merupakan tokoh nasional yang aktif melawan penjajahan sejak masa pergerakan. Hal tersebut dibuktika dengan keikutsertaan mereka dalam organisasi-organisasi pergerakan. Pada masa atau detik-detik menjelang proklamasi, peran Bung Karno dan Bung Hatta semakin penting. Hal tersebut dimulai dengan diangkatnya Bung Karno dan Bung Hatta sebagai Ketua dan Wakil Ketua PPKI. Dalam perumusan teks proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta juga memiliki andil yang besar. Dan yang terakhir, Bung Karno dan Bung Hatta juga merupakan penandatangan teks proklamasi mewakili seluruh rakyat Indonesia.

Dengan demikian, peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi adalah dengan keikutsertaan dalam PPKI, perumusan teks proklamasi, serta penandatanganan sekaligus pembacaan teks proklamasi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan secara singkat bagaimana perjuangan pendiri negara dalam memperoleh kemerdekaan negara Republik Indonesia

Pembahasan Soal:

Kemerdekaan Indonesia saat ini tidak bisa dilepaskan dari perjuangan para pendiri bangsa Indonesia yaitu Soekarno dan Hatta. M.Hatta merupakan orang yang aktif berorganisasi, diawali dengan bergabungnya pada organisasi Jong Sumatranen Bond, kemudian Indische Vereniging yang akan berubah nama menjadi Perhimpunan Indonesia. Pada tahun 1927, M.Hatta mulai bergabung dengan Soekarno dalam PNI. Organisasi adalah salah satu upaya Bung Hatta untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Peranan Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan sudah dilakukan dengan serius sejak perjuangan pada masa Jepang. Bung Karno sengaja bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal tersebut dilakukannya semata-mata agar kelak Jepang dapat membantu memerdekakan Indonesia. Begitu pula dengan M.Hatta yang memilih bersikap kooperatif terhadap Jepang dengan tujuan yang sama. Soekarno terlibat aktif dalam beberapa organisasi bentukan Jepang seperti Putera dan Chuo Sangi In. Pada masa ini, M.Hatta selaras dengan Soekarno sebagai dwi tunggal. M.Hatta berperan aktif pula dalam organisasi PUTERA. Soekarno telah banyak membantu propaganda Jepang untuk menarik simpati rakyat agar mau membantu perang Jepang. Usaha-usaha tersebut membuahkan hasil ketika Jepang mendirikan BPUPKI. Pembentukan BPUPKI ini bertujuan agar Indonesia dapat mempersiapkan kemerdekaannya. Maka dapat dikatakan bahwa pendirian BPUPKI ini merupakan peranan besar Soekarno pada masa Jepang. Setelah berhasil merumuskan dasar negara, maka BPUPKI pun dibubarkan. Pada 7 Agustus 1945, Jepang membentuk PPKI dan Soekarno terpilih menjadi ketua badan tersebut. M.hatta termasuk dalam anggota BPUPKI dan PPKI. Ia turut membantu merumuskan Undang-Undang Dasar untuk Indonesia. PPKI mulai aktif setelah mendengar berita kekalahan Jepang pada 15 Agustus 1945. Pada saat itu terdapat kesalahpahaman antara golongan muda dan golongan tua yang membuat Soekarno dan Hatta diasingkan ke Rengasdengklok. Namun pada 16 Agustus 1945 malam harinya para tokoh proklamator telah kembali ke Jakarta dan langsung mempersiapkan teks proklamasi. Soekarno bersama M.Hatta dan Achmad Soebardjo merumuskan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peranan paling penting Ir.Soekarno terjadi pada 17 Agustus 1945. Soekarno dengan didampingi M.Hatta membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pukul 10 pagi di Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta. Inilah hari kelahiran bangsa Indonesia. Pada tanggal 18 Agustus, Soekarno dan Hatta terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Dengan demikian perjuangan pendiri negara yaitu Soekarno dan Hatta telah dilakukan dengan terlibat aktif dalam organisasi-organisasi. Perjuangan mereka semakin serius pada masa Jepang dengan bersikap kooperatif untuk mendapat kemerdekaan. Soekarno dan Hatta terlibat dalam BPUPKI dan PPKI, merumuskan dasar negara, merancang teks proklamasi, membacakan teks proklamasi hingga terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan berlangsung.

0

Roboguru

Sebutkan Sejarah perjuangan Ir. Soekarno dan Moh Hatta!

Pembahasan Soal:

Soekarno dan Hatta merupakan kedua sosok penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kedua tokoh tersebut memiliki peran besar dalam kemerdekaan bangsa ini. Pada masa kolonial, Soekarno dan Hatta telah berjuang dalam organisasi-organisasi pergerakan, seperti Perhimpunan Indonesia dan PNI. Atas peran tersebut bahkan kedua tokoh ini seringkali diamankan oleh Belanda. Pada masa Jepang kedua tokoh tersebut memperjuangkan melalui organisasi bentukan Jepang, seperti PUTERA, BPUPKI, hingga PPKI. Perjuangan tersebut tetap berlanjut hingga masa revolusi dengan memperjuangkan kedaulatan penuh sebagai sebuah negara. Soekarno dan Hatta sebagai presiden dan wakil presiden melakukan berbagai perundingan atau diplomasi dengan bangsa Belanda.

Dengan demikian, perjuangan Soekarno dan Hatta melalui proses panjang dari masa kolonial Belanda hingga pasca kemerdekaan atau masa revolusi.

0

Roboguru

Sebutkan 5 tokoh Nasional dan masing masing perannya dalam persiapan kemerdekaan Indonesia

Pembahasan Soal:

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melibatkan beberapa tokoh di dalamnya.  Masing-masing dari tokoh tersebut juga memiliki peranan penting, diantaranya adalah:

  1. Ir.Soekarno dengan perannya: penyusun teks proklamasi, penulis tek proklamasi dengan tangan, pembaca teks proklamasi, menandatangi teks proklamasi bersama Drs.Moh.Hatta atas nama bangsa Indonesia.
  2. Drs.Mohammad Hatta dengan perannya: penyusun teks proklamasi Pemberi ide kalimat teks proklamasi "hal-hal tentang pemindahan kekuasaan dan lain-lain dilaksanakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya". Menandatangi teks proklamasi bersama Soekarno atas nama bangsa Indonesia
  3. Achmad Soebardjo dengan perannya: membebaskan Soekarno dan Hatta dari Rengasdengklok Penyusunan teks proklamasi Pemberi idel kalimat pada teks proklamasi "kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia".
  4. Sayuti Melik dengan perannya: berjasa mengetik naskah Proklamasi
  5. Sukarni dengan perannya: pemuda yang menjadi tokoh sentral peristiwa Rengasdengklok dan mendesak Soekarno-Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, golongan tua dan golongan muda masing-masing memiliki perang dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 

0

Roboguru

Sebutkan tokoh-tokoh penting yang ikut dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Pembahasan Soal:

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terjadi perumusan naskah proklamasi yang dilakukan di ruang makan rumah Laksamana Maeda. Naskah tersebut merupakan hasil dari pemikiran tiga tokoh, yaitu Sukarno, Hatta, dan Ahmad Subardjo dengan disaksikan oleh Miyoshi, Sukarni, Sudiro, dan B.M. Diah. 

Teks proklamasi memuat pernyataan tegas dan keinginan bangsa Indonesia untuk menjadi negara merdeka yang menentukan nasibnya sendiri. Kalimat pertama dalam naskah dicetuskan oleh Ahmad Subardjo, sedangkan kalimat terakhir disumbang oleh Moh. Hatta. Setelah perumusan naskah, teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani oleh Sukarno-Hatta. Kemudian, teks itu digandakan dan disebarluaskan kepada masyarakat. Pada 17 Agustus 1945, Sukarno pun membacakan teks proklamasi di hadapan rakyat Indonesia.

Dengan demikian, tokoh-tokoh penting yang ikut dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Sukarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subardjo dan disaksikan oleh golongan muda diantaranya Sukarni, Sudiro, dan B.M. Diah.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini!       Berdasarkan gambar di atas, yang termasuk dalam tokoh yang merumuskan proklamasi adalah ….

Pembahasan Soal:

Malam hari di tanggal 16 Agustus 1945, para tokoh golongan tua, dan golongan muda berkumpul di kediaman Laksamana Maeda untuk hadir merumuskan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dari beberapa orang yang hadir, terdapat tiga orang yang berperan merumuskan naskah proklamasi, yaitu Sukarno, Moh.Hatta dan Achmad Soebardjo. Setelah naskah dirumuskan, naskah kemudian di ketik ulang oleh Sayuti Melik dengan beberapa perubahan yang ia lakukan. Kemudian, atas usul Sukarni, naskah proklamasi tersebut ditandatangani oleh Sukarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved