Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan solusi konflik sosial!

Sebutkan solusi konflik sosial!undefined 

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Solusi dalam menyelesaikan konflik sosial: MEDIASI Yaitu salah satu cara untuk menyelesaikan konflik sosial di masyarakat, penyelesaian dapat di lakakukan melalui pihak ketiga sebagai mediator apabila pihak – pihak yang sedang memiliki konflik sosial sepakat. Hal tersebut termasuk dalam pengendalian konflik sosial dengan adanya mediator dengan persetujuan pihak yang sedang memiliki konflik sosial. KONSILIASI Yaitu cara pengendalian konflik sosial yang dilakukan oleh lembaga – lembaga yang berwewenang untuk mengadili suatu konflik sosial seperti lembaga perwakilan rakyat dimana dapat memberikan keputusan dengan adil. Konfiliasi akan menengahi dua pihak kelompok yang mendapat konflik sosial untuk saling berdiskusi. ARBITRASI Yaitu bentuk mengendalikan suatu konflik sosial melalui pihak ketiga dimana pihak ketiga ini tidak mengikat apapun dari kedua pihak kelompok yang berkonflik tersebut serta kedua pihak individu maupun kelompok yang berkonflik setuju. Pihak ketiga akan mengadili serta mengambil keputusan konflik yang terjadi antara kedua pihak atas persetujuan mereka. ADJUDICATION Yaitu menyelesaikan konflik melalui pengadilan yang jelas dan adil. Adjudication salah satu cara menyelesaikan konflik sosial antara dua kelompok pihak dengan jelas dan adil dengan melalui pengadilan di pemerintahan, penyelesaian melalui pengadilan memiliki beberapa syarat yang sudah di tentukan oleh negara sebagai pemenuhan syarat dua pihak. KOMPROMI yaitu penyelesaian konflik sosial yang dilakukan kedua belah pihak kelompok maupun individu berusaha untuk mencari penyelesaian dengan mengurangi beberapa tuntunan karena terjadinya pertentangan, hal ini akan menguntungkan satu sama lain karena penyelesaian konflik sosial dengan cara berkompromi antar pihak. STALEMATE yaitu penyelesaikan konflik sosial antar dua belah pihak yang akan selesai dengan sendirinya di karenakan terjadi kekuatan yang seimbang dan kedua belah pihak setuju untuk menyelesaikan konflik sosial tersebut tanpa adanya peperangan yang terjadi karena kekuatan yang mereka keluarkan seimbang atau memiliki kelebihan yang sama.

Solusi dalam menyelesaikan konflik sosial:

  1.  MEDIASI Yaitu salah satu cara untuk menyelesaikan konflik sosial di masyarakat, penyelesaian dapat di lakakukan melalui pihak ketiga sebagai mediator apabila pihak – pihak yang sedang memiliki konflik sosial sepakat. Hal tersebut termasuk dalam pengendalian konflik sosial dengan adanya mediator dengan persetujuan pihak yang sedang memiliki konflik sosial.

  2. KONSILIASI Yaitu cara pengendalian konflik sosial yang dilakukan oleh lembaga – lembaga yang berwewenang untuk mengadili suatu konflik sosial seperti lembaga perwakilan rakyat dimana dapat memberikan keputusan dengan adil. Konfiliasi akan menengahi dua pihak kelompok yang mendapat konflik sosial untuk saling berdiskusi.
  3. ARBITRASI Yaitu bentuk mengendalikan suatu konflik sosial melalui pihak ketiga dimana pihak ketiga ini tidak mengikat apapun dari kedua pihak kelompok yang berkonflik tersebut serta kedua pihak individu maupun kelompok yang berkonflik setuju. Pihak ketiga akan mengadili serta mengambil keputusan konflik yang terjadi antara kedua pihak atas persetujuan mereka.
  4.  ADJUDICATION Yaitu menyelesaikan konflik melalui pengadilan yang jelas dan adil. Adjudication salah satu cara menyelesaikan konflik sosial antara dua kelompok pihak dengan jelas dan adil dengan melalui pengadilan di pemerintahan, penyelesaian melalui pengadilan memiliki beberapa syarat yang sudah di tentukan oleh negara sebagai pemenuhan syarat dua pihak.
  5.  KOMPROMI yaitu penyelesaian konflik sosial yang dilakukan kedua belah pihak kelompok maupun individu berusaha untuk mencari penyelesaian dengan mengurangi beberapa tuntunan karena terjadinya pertentangan, hal ini akan menguntungkan satu sama lain karena penyelesaian konflik sosial dengan cara berkompromi antar pihak.
  6. STALEMATE yaitu penyelesaikan konflik sosial antar dua belah pihak yang akan selesai dengan sendirinya di karenakan terjadi kekuatan yang seimbang dan kedua belah pihak setuju untuk menyelesaikan konflik sosial tersebut tanpa adanya peperangan yang terjadi karena kekuatan yang mereka keluarkan seimbang atau memiliki kelebihan yang sama.space space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Livia Latifa

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penyelesaian masalah melalui musyawarah gagal dicapai. Warga akhirnya sepakat menyelesaikan masalah tersebut melalui voting. Setiap warga berhak memilih satu diantara tiga pilihan. Pilihan dengan suar...

67

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia