Roboguru

Sebutkan pengelompokan fauna berdasarkan iklim!

Pertanyaan

Sebutkan pengelompokan fauna berdasarkan iklim! 

  1. ... 

  2. ... 

Pembahasan Soal:

Menurut Alfred Russel fauna di dunia terbagi menjadi 6 wilayah, diantaranya:

  1. Wilayah Neartik; Meliputi Greenland dan Amerika bagian utara, jenis fauna di kawasan ini dipengaruhi oleh jenis vegetasi dan kondisi alam, seperti antelop bertanduk cabang tiga, praraire (sejenis tupai dari Amerika Utara), kalkun, burung biru salamander dan Byson.
  2. Wilayah Neotropik; Sebagian besar beriklim tropis kecuali di daerah utara lebih dipengaruhi oleh iklim sedang, kawasan neotropik meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Meksiko. Fauna khas kawasan ini adalah piranha, belut listrik, anaconda, alpaca, kera dan tapir.
  3. Wilayah Oriental; Kondisi fisik wilayah Oriental bervariasi, sebagian kawasan beriklim tropis sehingga terdapat hutan hujan tropis yang kaya flora dan fauna. Fauna kawasan oriental di dominasi oleh babon dan orang utan. Fauna khas oriental tersebar di wilayah India, Sri Lanka, Indo-Cina, Tiongkok bagian selatan, Indonesia bagian barat, dan Malaysia.
  4. Wilayah Ethiopian; Tersebar di wilayah Afrika selatan, Pegunungan Atlas, Gurun Sahara, dan Barat Daya Arabia. Fauna khas kawasan ini adalah zebra, kuda nil, singa, badak, jerapah, dan berbagai jenis burung.
  5. Wilayah Australis; Tipe Australis tersebar di daerah Papua dan pulau kecil sekitarnya. seperti Kanguru, Kakaktua, burung cenderawasih, burunh emu, dan masih banyak lagi.
  6. Wilayah Paleartik; mencakup wilayah eropa dan asia bagian utara, fauna yang ada seperti reptil, domba, kambing, bison dan ikan salmon.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved