Roboguru

Jelaskan tentang 3 zonasi fauna di Indonesia?

Pertanyaan

Jelaskan tentang 3 zonasi fauna di Indonesia?space 

Pembahasan Soal:

Indonesia memiliki keanekaragaman jenis fauna yang dibedakan berdasarkan garis Wallacea dan garis Weber. Berdasarkan A.R. Wallacea dan M. W Carl Weber kelompok fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu:

Tipe Asiatis
Kelompok hewan asiatis tersebar di wilayah Indonesia bagian barat. Daerah yang termasuk kelompok ini yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan merupakan pulau-pulau yang berada bagian barat yang dibatasi oleh Selat Makassar dan Selat Lombok. Contoh fauna tipe asiatis yaitu:

  • Jenis mamalia, contohnya ajah, badak bercula satu, harimau, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet,kukang dan lainnya.
  • Jenis reptil, contohnya buaya, kura-kura, ular, biawak, trenggiling, dan lainnya.
  • Jenis burung, contohnya burung hantu, elang, jalak, merak, kutilang, ungags, dan lainnya.
  • Jenis ikan, contohnya ikan air tawar dan pesut.

Tipe Austaralis
Kelompok hewan Australis tersebar di wilayah Papua dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Contoh fauna tipe australis yaitu:

  • Jenis mamalia, contohnya kanguru, wallaby, beruang, nokdiak (landak Papua), opossum laying (pemanjat berkantung), kuskus, dan kelelawar.
  • Jenis reptil, contohnya buaya, biawak, ular, kadal, kura-kura.
  • Jenis amfibia, contohnya katak pohon, katak terbang, katak air.
  • Jenis burung, contohnya nuri, raja udang, cendrawasih, kasuari, dan namudur.

Tipe Peralihan
Tipe peralihan tersebar di wilayah Indonesia bagian tengah, yaitu Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Tipe peralihan diantaranya:

  • Jenis mamalia, contohnya anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, beruang, tarsius, monyet seba, kuda, sapi, banteng
  • Jenis reptil, contohnya biawak, komodo, buaya, soa-soa, ular.
  • Jenis amfibia, contohnya katak pohon, katak terbang, katak air.
  • Jenis burung, contohnya burung dewata, rangkong, kakatua, nuri, merpati, maleo, mandar, raja udang dan lainnya.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 26 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan persebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan pengamatan Alfred Russel Wallace, Max Carl Wilhelm Weber, dan Richard Lydekker.

Pembahasan Soal:

Persebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan pengamatan Alfred Russel Wallace, Max Carl Wilhelm Weber, dan Richard Lydekker sebagai berikut:

  1. Flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian barat (tipe Asiatis). Zonasi tipe Asiatis dibagi oleh garis Wallace, sebuah garis khayal utara-selatan yang terletak di antara Kalimantan dan Sulawesi dan di antara Bali dan Lombok. Contoh Fauna adalah Harimau, Singa, Gajah, Monyet, dan Badak. Contoh flora adalah Anggrek, Raflesia, Bunga Bangkai, Jati, dll.
  2. Wilayah peralihan. Pengamatan zona ini dilakukan oleh Weber sehingga batas timur wilayah ini diberi nama garis Weber. Wilayah peralihan ini mencakup Timor, Sulawesi, Sumba, Sumbawa, dan Lombok. WIlayah ini mengasilkan flora fauna edemik (hanya ditemukan di tempat ini saja). Contoh Fauna Komodo, Burung Maleo, Babi Rusa, dan Tapir. Contoh flora adalah Matoa, Cendana, dan Eboni
  3. Flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian timur (tipe Australis). Richard Lydekker mengemukakan sebuah garis sebagai batas dari kawasan timur yang berbeda dengan Weber. Garis Lydekker ini ditarik berdasarkan batas kedalaman laut di Dangkalan Sahul dan terletak di antara Maluku dan Papua. Oleh karena itu, wilayah hewan tipe australis hanya berada di Pulau Papua dan kepulauan kecil di sekitarnya. Contoh Fauna adalah cendrawasih dan koala, contoh fauna adalah pohon kayu putih dan lontar 

0

Roboguru

Perhatikan nama-nama fauna berikut. Komodo Piranha Labi-labi moncong babi Anoa Kalkun Fauna endemik di Indonesia dan dilindungi ditunjukkan nomor....

Pembahasan Soal:

Adapun beberapa fauna endemik di Indonesia dan dilindungi adalah sebagai berikut.

  • Komodo, komodo menjadi salah satu hewan yang keberadaannya terancam punah, hewan ini merupakan fauna endemik Indonesia bagian timur, yang saat ini  dilindungi di sebuah pulau kecil di kawasan Taman Nasional Komodo di ujung barat Pulau Flores, NTT. Hewan ini dilindungi karena mengalami kepunahan yang terjadi akibat adanya aksi perburuan liar serta berubahnya lingkungan akibat pembakaran liar.
  • Labi-labi moncong babi, merupakan hewan endemik yang hanya terdapat di wilayah Papua bagian selatan, mulai dari Merauke sampai Kaimana. Hewan ini dilindungi karena labi-labi moncong babi juga berperan untuk menaikkan fungsi ekosistem menjadi lebih baik dan sehat. Hilangnya keberadaan labi-labi dalam sebuah ekosistem akan mengakibatkan gangguan terhadap keseimbangan eksosistem.
  • Anoa, aksi penebangan hutan yang sembarangan serta perburuan liar menjadi penyebab langkanya hewan yang satu ini. Anoa adalah mamalia terbesar dan endemik yang hidup di daratan Pulau Sulawesi dan Pulau Buton.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Mengapa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok? Apa bukti bahwa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga?

Pembahasan Soal:

Flora dan dauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu fauna Indonesia bagian barat (tipe Asiatis), fauna Indonesia bagian tengah  (tipe peralihan), dan fauna Indonesia bagian timur (tipe Australis). Secara geologi, Indonesia terletak diantara dua paparan, yaitu Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Berdasarkan sejarah waktu geologi sebelum kala glasial, Indonesia bagian barat (Kalimantan, Sumatera, dan Jawa) pernah bersatu dengan Benua Asia, sedangkan di bagian timur (Papua) dulunya bersatu dengan Benua Australia. Keberadaan Paparan Sahul dan Paparan Sunda memiliki arti penting dalam keanekaragaman hayati di Indonesia. Hal itu menyebabkan flora dan fauna Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan garis Wallace dan Weber. 

Selain itu hal tersebut juga menjadi bukti bahwa pembagian flora dan fauna dikelompokkan menjadi tiga. Pada wilayah Indonesia bagian barat yang termasuk bagian Paparan Sunda, flora-faunanya memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Asia. Pada wilayah Indonesia bagian timur yang termasuk bagian paparan Sahul, flora-faunanya memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Australia. Sementara untuk wilayah Indonesia bagian tengah yang tidak termasuk bagian Paparan Sunda maupun Sahul, flora-faunanya sebagian besar khas Indonesia, tidak memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Asia, maupun di Benua Australia.

0

Roboguru

Bagaimana pengelompokan fauna di Indonesia menurut Wallace dan Weber?

Pembahasan Soal:

Pengelompokkan fauna di Indonesia menurut Wallace dan Weber adalah sebagai berikut.

  1. Fauna Indonesia bagian barat (Tipe Asiatis) terdapat di wilayah Sumatra, Jawa dan Kalimantan pada saat zaman es terjadi penurunan permukaan laut sampai wilayah Indonesia bagian barat kering (Paparan Sunda) sehingga binatang-binatang yang berada di Asia berpindah melalui laut yang kering ke Indonesia bagian barat. Jenis fauna tipe Asiatis, yaitu gajah, harimau, orang utan, banteng, dan beruang madu ;
  2. Fauna Indonesia bagian timur (Tipe Australis) terdapat di wilayah Papua akibat terjadi penuruan air laut pada zaman es yang menyebabkan laut Arafuru kering sehingga daratan Australia dengan Indonesia bagian timur menjadi terhubung dan binatang yang berasal dari Australia berpindah ke Papua. Jenis fauna tipe Australis, yaitu cendrawasih, kanguru, kus-kus, kakatua, walaby ; dan 
  3. Fauna Indonesia bagian tengah (Tipe Peralihan) terdapat di wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat. Jenis fauna di wilayah ini merupakan fauna endemik Indonesia yang tidak terdapat di Indonesia bagian barat ataupun Indonesia bagian timur sehingga memiliki corak tersendiri karena pada zaman es di sekitar Pulau Sulawesi laut di wilayah ini tidak kering, tetapi tergenang. Jenis fauna di wilayah ini antara lain babi rua, komodo, anoa, burung maleo.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengelompokkan fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber adalah fauna tipe Asiatis, fauna tipe Australis dan fauna tipe peralihan.

0

Roboguru

Sebutkan pembagian fauna di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Pembagian fauna di Indonesia dipisahkan oleh garis Wallace dan garis Weber, sehingga menghasilkan tiga zona sebagai berikut.

  1. Indonesia bagian barat (asiatis), meliputi wilayah Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, dan wilayah di sekitarnya. Fauna yang hidup pada zona ini mirip dengan fauna yang ada di Benua Asia, seperti gajah dan orang utan.
  2. Indonesia bagian tengah (peralihan), meliputi Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan pulau lain di sekitarnya. Fauna yang hidup pada zona ini disebut sebagai fauna tipe peralihan, seperti anoa dan komodo.
  3. Indonesia bagian timur (australis), meliputi wilayah Papua dan sekitarnya. Fauna yang hidup pada zona ini mirip dengan fauna yang ada di Benua Australia, seperti kanguru dan walabi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembagian fauna di Indonesia terdiri dari tipe asiatis, peralihan, dan australis.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved