Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan hewan-hewan di Indonesia pada bagian barat, tengah, dan timur....

Jelaskan perbedaan hewan-hewan di Indonesia pada bagian barat, tengah, dan timur....

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Wilayah fauna di Indonesia dipisahkan oleh garis Wallace dan Weber. Diambil dari 2 nama ahli botani, yaitu Alfred Russel Wallace dan Max Carl Wilhelm Weber. Persebaran Fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga yaitu fauna wilayah Indonesia barat, fauna Indonesia tengah dan fauna Indonesia timur . Perbedaan hewan-hewan pada persebaran fauna tersebut adalah sebagai berikut. Fauna Indonesia barat disebut juga wilayah fauna Dangkalan Sunda memiliki ciri yaitu mamalia berukuran besar dan terdapat berbagai macam jenis kera . Persebarannya meliputi Pulau Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan serta Pulau Bali. Fauna di wilayah ini di antaranya gajah, badak bercula satu, orang utan dan siamang. Fauna Indonesia tengah memiliki ciri yaitu hampir sebagian besar didominasi oleh hewan endemik . Persebarannya meliputi Pulau Sulawesi, Pulau Timor serta Kepulauan Nusa Tenggara.Fauna di wilayah ini di antaranya anoa, babi rusa, kuskus dan komodo. Fauna Indonesia timur memiliki ciri banyak jenis burung, terdapat hewan berkantung, mamalia berukuran kecil dan tidak ada spesies kera . Persebarannya meliputi Kepulauan Maluku, Papua dan kepulauan kecil di sekitarnya.Fauna di wilayah ini di antaranya wallaby, katak pohon dan kasuari.

Wilayah fauna di Indonesia dipisahkan oleh garis Wallace dan Weber. Diambil dari 2 nama ahli botani, yaitu Alfred Russel Wallace dan Max Carl Wilhelm Weber. Persebaran Fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga yaitu fauna wilayah Indonesia barat, fauna Indonesia tengah dan fauna Indonesia timur. Perbedaan hewan-hewan pada persebaran fauna tersebut adalah sebagai berikut.

  • Fauna Indonesia barat disebut juga wilayah fauna Dangkalan Sunda memiliki ciri yaitu mamalia berukuran besar dan terdapat berbagai macam jenis kera. Persebarannya meliputi Pulau Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan serta Pulau Bali. Fauna di wilayah ini di antaranya gajah, badak bercula satu, orang utan dan siamang.
  • Fauna Indonesia tengah memiliki ciri yaitu hampir sebagian besar didominasi oleh hewan endemik. Persebarannya meliputi Pulau Sulawesi, Pulau Timor serta Kepulauan Nusa Tenggara. Fauna di wilayah ini di antaranya anoa, babi rusa, kuskus dan komodo.
  • Fauna Indonesia timur memiliki ciri banyak jenis burung, terdapat hewan berkantung, mamalia berukuran kecil dan tidak ada spesies kera. Persebarannya meliputi Kepulauan Maluku, Papua dan kepulauan kecil di sekitarnya. Fauna di wilayah ini di antaranya wallaby, katak pohon dan kasuari. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan pembagian fauna di Indonesia!

10

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia