Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan kelainan atau penyakit dan penyebabnya pada ginjal !

Sebutkan kelainan atau penyakit dan penyebabnya pada ginjal !undefined 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Nefritis Nefritis adalah peradangan padanefron, yaitu kerusakan bagianglomerolus ginjal. Nefritis disebabkanoleh infeksi bakteri Streptococus .Nefritis mengakibatkan masuknyakembali asam urin dan urea kepembuluh darah (uremia) sertaadanya penimbunan air di kakikarena reabsorbsi air yang terganggu(oedema). Albuminaria Penderita penyakit albuminaria di keluarkan pada urin ditemukan adanya protein. Hal inidisebabkan oleh kerusakan glomerolus yang berperan dalam proses filtrasi Hematuria Hematuria adalah suatu kelainan yang ditandai dengan adanya sel-sel darah merahpada urin. Hal ini disebabkan peradangan pada saluran kemih akibat gesekan denganbatu ginjal. Batu ginjal Gangguan berupa terbentuknyaendapan garam kalsium di dalamrongga ginjal, saluran ginjal ataukantung kemih. Biasanya diakibatkan oleh sering menahan pipis dan kurang minum air. Diabetes Melitus Penyakit diabetes melitus muncul karena pankreas tidak menghasilkan atau hanyamenghasilkan sedikit sekali insulin. Insulin ini merupakan hormon yang berfungsi untukmengubah glukosa menjadi glikogen, sehingga mengurangi kadar gula dalam darah. Kadarglukosa di dalam urin dan darah penderita sangat tinggi. Hal ini menyebabkan seringnyabuang air kecil, cepat haus, dan lapar serta menimbulkan masalah pada metabolismelemak dan protein.

  • Nefritis 
    Nefritis adalah peradangan pada nefron, yaitu kerusakan bagian glomerolus ginjal. Nefritis disebabkan oleh infeksi bakteri  Streptococus. Nefritis  mengakibatkan masuknya kembali asam urin dan urea ke pembuluh darah (uremia) serta adanya penimbunan air di kaki karena reabsorbsi air yang terganggu (oedema).
  • Albuminaria 
    Penderita penyakit albuminaria di keluarkan pada urin ditemukan adanya protein. Hal ini disebabkan oleh kerusakan glomerolus yang berperan dalam proses filtrasi
  • Hematuria 
    Hematuria adalah suatu kelainan yang ditandai dengan adanya sel-sel darah merah pada urin. Hal ini disebabkan peradangan pada saluran kemih akibat gesekan dengan batu ginjal.
  • Batu ginjal 
    Gangguan berupa terbentuknya endapan garam kalsium di  dalam rongga ginjal, saluran ginjal atau kantung kemih. Biasanya diakibatkan oleh sering menahan pipis dan kurang minum air.
  • Diabetes Melitus
    Penyakit diabetes melitus muncul karena pankreas tidak menghasilkan atau hanya menghasilkan sedikit sekali insulin. Insulin ini merupakan hormon yang berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen, sehingga mengurangi kadar gula dalam darah. Kadar glukosa di dalam urin dan darah penderita sangat tinggi. Hal ini menyebabkan seringnya buang air kecil, cepat haus, dan lapar serta menimbulkan masalah pada metabolisme lemak dan protein.

252

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kesimpulan dari materi albuminuria, nefritis, batu ginjal, jerawat, pneumonia, hepatitis!

66

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia