Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 3 (tiga) gangguan/ kelainan ginjal disertai tanda-tanda, penyebab dan cara mengatasinya!

Sebutkan 3 (tiga) gangguan/ kelainan ginjal disertai tanda-tanda, penyebab dan cara mengatasinya!undefined 
 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ginjal merupakan alat ekskresi yang berfungsi untuk menyaring darah dan memproduksi urin. Gangguan/ kelainan ginjal disertai tanda-tanda, penyebab dan cara mengatasinya yaitu: Nefritis yaitu radang pada nefron ginjal. Tanda-tandanya yaitu demam, tekanan darah tinggi, urin yang keruh dan mengandung darah atau nanah, nyeri perut sampai ke ginjal, sering buang air kecil, edema, dan sering muntah. Penyebab nefritis yaitu bakteri Streptpcoccus sp. Cara mengatasi nefritis yaitu pengobatan dengan antibiotik dan penghilang rasa sakit serta obat-obatan infeksi ginjal. Albuminuria yaitu adanya albumin/ protein dalam urin. Tanda-tandanya yaitu sering buang air kecil, sesak naps, mual, muntah, kelelahan, hilang nafsu makan, edema, kram otot, mata bengkak, urin berbusa. Penyebab albuminuria yaitu gangguan pada glomerolus, ada batu pada saluran kemih, pemakaian obat aspirin, dan beberapa kondisi kesehatan khusus. Cara mengatasi albuminuria yaitu pemberian obat kelas ACE inhibitors dan ARB serta obat lain yang menangani penyebabnya, dan memperbaiki pola makan. Diabetes melitus yaitu adanya glukosa dalam urin. Tanda-tandanya yaitu sering haus, sering buang air kecil, sering lapar, turun berat badan, terdapat keton dalam urin, lemas, pandangan kabur, ldan uka sulit sembuh. Penyebab diabetes melitus yaitu kurangnya jumlah insulin yang diproduksi oleh pankreas. Cara mengatasi diabetes melitus yaitu terapi insulin, pengaturan pola makan dan mengganti asupan gula dengan pemanis yang lebih aman.

Ginjal merupakan alat ekskresi yang berfungsi untuk menyaring darah dan memproduksi urin. Gangguan/ kelainan ginjal disertai tanda-tanda, penyebab dan cara mengatasinya yaitu:

  1. Nefritis yaitu radang pada nefron ginjal. Tanda-tandanya yaitu demam, tekanan darah tinggi, urin yang keruh dan mengandung darah atau nanah, nyeri perut sampai ke ginjal, sering buang air kecil, edema, dan sering muntah. Penyebab nefritis yaitu bakteri Streptpcoccus sp. Cara mengatasi nefritis yaitu pengobatan dengan antibiotik dan penghilang rasa sakit serta obat-obatan infeksi ginjal.
  2. Albuminuria yaitu adanya albumin/ protein dalam urin. Tanda-tandanya yaitu sering buang air kecil, sesak naps, mual, muntah, kelelahan, hilang nafsu makan, edema, kram otot, mata bengkak, urin berbusa. Penyebab albuminuria yaitu gangguan pada glomerolus, ada batu pada saluran kemih, pemakaian obat aspirin, dan beberapa kondisi kesehatan khusus. Cara mengatasi albuminuria yaitu pemberian obat kelas ACE inhibitors dan ARB serta obat lain yang menangani penyebabnya, dan memperbaiki pola makan.
  3. Diabetes melitus yaitu adanya glukosa dalam urin. Tanda-tandanya yaitu sering haus, sering buang air kecil, sering lapar, turun berat badan, terdapat keton dalam urin, lemas, pandangan kabur, ldan uka sulit sembuh. Penyebab diabetes melitus yaitu kurangnya jumlah insulin yang diproduksi oleh pankreas. Cara mengatasi diabetes melitus yaitu terapi insulin, pengaturan pola makan dan mengganti asupan gula dengan pemanis yang lebih aman.undefined 

42

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kesimpulan dari materi albuminuria, nefritis, batu ginjal, jerawat, pneumonia, hepatitis!

66

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia