Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kesimpulan dari materi albuminuria, nefritis, batu ginjal, jerawat, pneumonia, hepatitis!

Kesimpulan dari materi albuminuria, nefritis, batu ginjal, jerawat, pneumonia, hepatitis!undefined

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Beberapa kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi misalnya adalah: Albuminuria adalah penyakit yang muncul akibat terjadinya kegagalan pada proses filtrasi di nefron. Akibatnya albumin lolos dalam proses filtrasi dan ditemukan dalam urine. Nefritis adalah radang pada nefron ginjal yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Peradangan tersebut menyebabkan nefron gagal melakukan fungsinya sehingga dapat menyebabkan uremia, yaitu terdapat kandungan urea yang tinggi di dalam darah. Batu ginjal terbentuk dari pengendapan garam garam mineral misalnya kalsium fosfat di dalam ginjal atau di saluran urine. Adanya batu ginjal di dalam saluran urine menyebabkan aliran urine menjadi terhambat dan akan menimbulkan rasa sakit pada saat buang air kecil. Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae yang mengakibatkan alveolus berisi cairan dan eritrosit yang berlebihan. Hepatitis adalah peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis yang menyebabkan terganggunya berbagai fungsi hati.

Beberapa kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi misalnya adalah:

  1. Albuminuria adalah penyakit yang muncul akibat terjadinya kegagalan pada proses filtrasi di nefron. Akibatnya albumin lolos dalam proses filtrasi dan ditemukan dalam urine.
  2. Nefritis adalah radang pada nefron ginjal yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Peradangan tersebut menyebabkan nefron gagal melakukan fungsinya sehingga dapat menyebabkan uremia, yaitu terdapat kandungan urea yang tinggi di dalam darah.
  3. Batu ginjal terbentuk dari pengendapan garam garam mineral misalnya kalsium fosfat di dalam ginjal atau di saluran urine. Adanya batu ginjal di dalam saluran urine menyebabkan aliran urine menjadi terhambat dan akan menimbulkan rasa sakit pada saat buang air kecil.
  4. Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.
  5. Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae yang mengakibatkan alveolus berisi cairan dan eritrosit yang berlebihan.
  6. Hepatitis adalah peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis yang menyebabkan terganggunya berbagai fungsi hati.undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan penyakit-penyakit pada sistem ekskresi yang kamu ketahui!

2

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia