Roboguru

Sebutkan jenis manusia purba Pithecanthropus (Manusia Kera yang Berjalan Tegak) di Indonesia beserta penemunya!

Pertanyaan

Sebutkan jenis manusia purba Pithecanthropus (Manusia Kera yang Berjalan Tegak) di Indonesia beserta penemunya!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus merupakan manusia purba yang fosilnya banyak ditemukan di Indonesia. Di Indonesia sendiri, ada tiga jenis manusia purba ini dan yang sudah ditemukan. Diantaranya adalah Pithecanthrophus Erectus, Pithecanthrophus Mojokertensis, dan Pithecanthropus Soloensis. Fosil Pithecanthropus erectus ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1891 di Dusun Trinil, Ngawi, Jawa Timur. Pithecanthropus Mojokertensis, ditemukan di Mojokerto, Jawa Timur. Fosil Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan oleh penemuan yang sama dengan Meganthropus Paleojavanicus, yaitu von Koenigswald pada tahun 1936.spaceFosil Pithecanthropus Soloensis ditemukan oleh von Koeningswald, Oppenorth, dan Ter Haar di Ngandong dan Sangiran. Tepatnya di tepi Bengawan Solo antara 1931–1933. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Pithecanthrophus Erectus ditemukan oleh Eugene Dubois, Pithecanthrophus Mojokertensis ditemukan oleh von Koenigswald, dan Pithecanthropus Soloensis ditemukan oleh von Koeningswald, Oppenorth, dan Ter Haar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 25 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan keterangan-keterangan berikut! Ditemukan tahun 1890 di  Kedungbrubus, Trinil, dan Ngawi oleh Eugene Dubois. Fosil yang ditemukan antara lain atap tengkorak, tulang paha, rahang bawah, r...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1890 di Kedungbrubus. Trinil, dan Ngawi berhasil ditemukan beberapa fosil Pithecanthropus erectus oleh Eugene Dubois. Beberapa fosil yang ditemukan antara lain atap tengkorak, tulang paha, rahang bawah, rahang atas, gigi lepas, dan tulang kering. Ciri-ciri Pithecanthropus erectus antara lain badan tegap, hidung Iebar, dagu tidak ada, alat pengunyah kuat, berat badan 80-100 kg, tinggi badan 160-180 cm, terdapat tonjolan kening pada dahi, tulang tengkorak berbentuk lonjong, volume otak 750-1.000 cc, dan muka didominasi oleh bagian rahang yang menonjol.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Pithecantropus erectus merupakan fosil manusia purba yang diketemukan pada tahun 1890 di ...

Pembahasan Soal:

Dalam buku Sejarah Nasional Indonesia: Masa Prasejarah sampai Masa Proklamasi Kemerdekaan (2011) karya M. Junaedi Al Anshori, fosil manusia purba yang pertama kali ditemukan di Indonesia adalah Pithecantropus erectus. Fosil tersebut ditemukan di lembah Sungai Bengawan Solo daerah Trinil, Jawa Timur pada 1890 oleh Eugene Dubois. KataPithecantropus erectusberasal dari bahasa Yunani. Fithkos yang artinya kera, anthropus berarti manusia, dan erectus berati tegak. Pithecantropus erectus berarti manusia kera yang berjalan tegak lurus. Oleh para ilmuwan, Pithecantropus erectusdisebut Homo erectus. Fosil yang ditemukan fosil yang ditemukan berupa tulang rahang, bagian atas tengkorak, geraham, dan tulang paha kiri. Tulang rahang yang ditemukan diperkirakan volume otaknya berkisar 750 cc. Volume otak manusia modern pada umumnya lebih dari 1.000 cc, sedangkan kera maksimal 600 cc.

Bukti lain penemuan manusia purba di Lembah Bengawan Solo, desa Trinil, Ngawi, Jawa Timur adalah tulang belakang kepala yang menentukan duduknya kepala atas leher. Anggota tubuh lainnya seperti tulang keningnya sangat menonjol ke muka. Dari ukuran tulang tengkorak dapat diketahui tingginya diperkirakan 165 cm. Ukuran itu menyerupai manusia yang sudah berjalan tegak. Selama puluhan tahun, Pithecantropus erectus sempat dianggap sebagai manusia purba tertua di Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan nama fosil manusia purba berikut! Homo ergaster Homo erectus Pithecanthropus erectus Homo sapiens Orrorin tugonensis Fosil manusia purba yang ada di Indonesia ditunjukkan pada nomo...

Pembahasan Soal:

Di Indonesia, terdapat sejumlah penemuan fosil manusia purba yang tercatat dalam sejarah. Adapun lokasi penemuan fosil tersebut tersebar di berbagai daerah, seperti di Trinil, Solo, hingga Flores. Jenis-jenis manusia purba tersebut adalah

  1. Meganthropus Paleojavanicus, yang artinya manusia besar tertua dari Jawa. Ini diambil dari kata Mega yang artinya besar, Anthropus yang artinya manusia, Paleo yang artinya tua, dan Javanicus yang artinya Jawa. Fosil ini ditemukannya di Sangiran, Jawa Tengah oleh G. H. R. von Koenigswald pada tahun 1936-1941.
  2. Pithecanthropus Mojokertensis, artinya manusia kera dari Mojokerto. Ini diambil dari kata Pithecos yang artinya kera dan Anthropus yang artinya manusia. Karena ditemukannya di Mojokerto, Jawa Timur, jadi dinamakan Mojokertensis. Dan fosil manusia purba ini ditemukannya juga oleh von Koenigswald pada tahun 1936. 
  3. Pithecanthropus Erectus, yang artinya manusia kera berbadan tegak. Ini diambil dari kata Erectus yang artinya tegak. Fosil ini ditemukannya oleh Eugene Dubois pada tahun 1891, di Lembah Bengawan Solo, Jawa Tengah.
  4. Pithecanthropus Soloensis adalah manusia kera berbadan tegak dari Solo, ditemukan oleh von Koenigswald pada tahun 1931 di Desa Ngandong, Jawa Tengah.
  5. Manusia Wajak (Homo wajakensis) merupakan satu-satunya temuan di Indonesia yang untuk sementara dapat disejajarkan perkembangannya dengan manusia modern awal dari akhir Kala Pleistosen. Pada tahun 1889, manusia Wajak ditemukan oleh B.D. van Rietschoten di sebuah ceruk di lereng pegunungan karst di barat laut Campurdarat, dekat Tulungagung, Jawa Timur. Manusia Wajak ini adalah bagian dari Homo Sapiens. Homo sapiens sendiri artinya ‘manusia sempurna’ baik dari segi fisik, volume otak maupun postur badannya yang secara umum tidak jauh berbeda dengan manusia modern. Kadang-kadang Homo sapiens juga diartikan dengan ‘manusia bijak’ karena telah lebih maju dalam berpikir dan menyiasati tantangan alam.
  6. Sama seperti sebelumnya Homo Floresiensis pun merupakan bagian dari Homo Sapiens yang artinya manusia dari Flores. Ini karena fosilnya ditemukan di Pulau Flores, Nusa Tenggara oleh Peter Brown pada tahun 2002. Sa
  7.  Homo Soloensis ditemukan di Ngandong, Blora, di Sangiran dan Sambungmacan, Sragen oleh Ter Haar, W.E.F Oppernoorth, dan Von Koenigswald pada tahun 1931-1933. Menurut Von Koenigswald, makhluk ini lebih tinggi tingkatannya di bandingkan dengan Pithecanthropus Erectus maka daripada itu Homo Solensis pun merupakan bagian dari Homo Sapiens.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Pithecanthropus Erectus ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di...

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus (manusia kera) adalah jenis manusia purba yang fosil-fosilnya paling banyak ditemukan di Indonesia. Fosil Pithecanthropus pertama kali ditemukan oleh arkeolog dari Belanda, Eugene Dubois pada tahun 1891 di Trinil, Ngawi berupa atap tengkorak dan tulang paha. Berdasarkan temuannya tersebut Dubois menamainya dengan Pithecanthropus erectus (manusia kera yang berdiri tegak). Disamping Pithecanthropus erectus jenis Pithecanthropus lainnya yang ditemukan di Indonesia adalah Pithecanthropus robustus (manusia kera yang besar), dan Pithecanthropus mojokertensis (manusia kera dari Mojokerto). Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, Pithecanthropus memiliki ciri sebagai berikut.

  • Pithecanthropus hidup pada masa Pleistosen awal dan tengah (1 juta hingga 1,5 juta tahun silam).
  • Tinggi badan sekitar 168 – 180 cm dengan berat badan rata-rata 80 – 100 kg.
  • Berjalan tegak.
  • Volume otaknya sekitar 775 cc – 975 cc.
  • Batang tulang lurus dengan tempat-tempat perlekatan otot yang sangat nyata.
  • Bentuk tubuh dan anggota badan tegap.
  • Alat pengunyah dan otot tengkuk sangat kuat.
  • Bentuk geraham besar dengan rahang yang sangat kuat.
  • Bentuk kening yang menonjol sangat tebal.
  • Bentuk hidung tebal.
  • Tidak memiliki dagu.
  • Bagian belakang kepala tampak menonjol.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan peta dan teks berikut ! Pada tahun 1980, paleontolog Eugene Dubois menemukan fosil manusia praaksara di wilayah yang ditandai huruf X pada peta. Berdasarkan penelitiannya, diperkirakan j...

Pembahasan Soal:

Huruf X pada peta menunjukkan wilayah Trinil, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Eugene Dubois pada tahun 1890-an melakukan proyek pencarian jejak manusia purba di daerah tersebut dan menemukan fosil manusia purba yang diberi nama Pithecanthropus erectus. Berdasarkan penelitiannya, manusia purba tersebut memiliki ciri-ciri, yaitu:

  1. Volume otak sekitar 900 cc.
  2. Tinggi badan 165-170 cm.
  3. Berat badan l00 kg.
  4. Berbadan tegap.
  5. Berjalan tegak.
  6. Memiliki kehidupan yang lebih maju dibandingkan primata, karena telah mampu membuat alat-alat dari batu maupun tulang.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved