Roboguru

Fosil manusia purba yang pertama kali ditemukan di indonesia adalah fosil jenis ....

Pertanyaan

Fosil manusia purba yang pertama kali ditemukan di indonesia adalah fosil jenis ....

  1. ... undefined

  2. ... undefined

Pembahasan Soal:

Fosil manusia purba yang pertama ditemukan di Indonesia adalah Pithecanthropus. Fosil Pithecanthropus ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di dekat Trinil, sebuah desa di sekitar Bengawan Solo, Ngawi. Fosil tersebut diberi nama Pithecanthropus Erectus yang berarti manusia kera berjalan tegak. Hal tersebut berdasar pada kerangka yang mirip manusia namun masih memiliki ciri-ciri seperti kera. Diperkirakan manusia purba ini hidup dan berkembang sekitar zaman Pleistosen Tengah.

Dengan demikian, fosil manusia purba yang ditemukan pertama di Indonesia adalah Pithecanthropus Erectus 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pithecanthropus Mojokertensis disebut juga Pithecanthropus Robustus yang artinya....

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus merupakan manusia purba yang fosilnya banyak ditemukan di Indonesia salah satu jenis dari Pithecanthropus adalah Pithecanthropus Mojokertensis atau manusia kera Mojokerto. Penemuan manusia purba oleh Von Koenigswald pada tahun 1936 ini awalnya hanya berupa fosil tengkorak kecil yang di duga masih anak-anak di daerah Kepuh, Klagen, Mojokerto. Fosil tersebut ditemukan di lapisan bawah, atau lapisan pucangan yang kemudian membuatnya diberi nama sesuai dengan daerah fosil tersebut ditemukan. Pithecantropus Mojokertensis sering disebut juga Pithecanthropus Robustus hal ini dikarenakan sebenarnya nama dari manusia purba ini adalah Pithecanthropus Robustus, namun karena fosil ini ditemukan di daerah Mojokerto sehingga spesies ini disebut juga sebagai Pithecanthropus Mojokertensis.  Pithecanthropus Robustus sendiri artinya adalah manusia kera yang memiliki badan yang kuat.. Pithecanthropus jenis ini mempunyai sebuah karakteristik tubuh dan kehidupan berikut.

  1. Mempunyai suatu rahang bawah yang kuat.
  2. Dengan tulang pipi yang tebal.
  3. Dahinya menonjol.
  4. Mempunyai otot leher yang besar dan kuat.
  5. Tulang belakang menonjol dan tajam.
  6. Tidak memiliki dagu.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah D

1

Roboguru

Sebutkan 5 jenis manusia purba yang ada di Indonesia !

Pembahasan Soal:

Jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia, yaitu :

  1. Meganthropus Paleojavanicus yang artinya manusia raksasa dari Jawa. Fosilnya ditemukan dari lapisan Plestosen bawah oleh von Koenigswald di Sangiran. Meganthropus memiliki badan yang tegap dan rahang yang besar dan kuat. Mereka hidup dengan mengumpulkan makanan atau food gathering.
  2. Pithecanthropus Mojokertensis yang artinya manusia kera dari Mojokerto. Jenis fosil ini ditemukan von Koenigswald di desa Perning, Mojokerto, pada lapisan Plestosen bawah. Mereka hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan (food gathering).
  3. Pithecanthropus Robustus yang artinya manusia kera yang kuat. Fosil manusia kera jenis ini ditemukan pada lapisan Plestosen bawah oleh Weidenreich dan von Koenigswald di Trinil. Menurut von Koenigswald, Pithecanthropus Robustus masih merupakan jenis yang sama dengan Pithecanthropus Mojokertensis. Hal ini berarti Pithecanthropus Robustus memiliki cara hidup yang sama yaitu dengan berburu dan mengumpulkan makanan.
  4. Pithecanthropus Erectus yang artinya manusia kera yang berjalan tegak. Jenis manusia ini ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil dan berasal dari lapisan Plestosen tengah. Pithecanthropus Erectus berjalan tegak dengan badan yang tegap dan alat pengunyah yang kuat. Namun sama halnya seperti jenis-jenis Pithecanthropus lainnya, diperkirakan Pithecanthropus Erectus pun hidupnya masih menggantungkan diri pada alam dengan cara berburu dan meramu.
  5. Pithecanthropus Soloensis yang artinya manusia kera dari Solo. Fosil ini ditemukan di Ngandong, Sangiran dan Sragen oleh Ter Haar, Oppenoorth dan von Koenigswald. Berbeda dengan jenis Pithecanthropus sebelumnya, untuk jenis Pithecanthropus Soloensis ini ditemukan pada Plestosen atas. Meskipun begitu Pithecanthropus Soloensis masih memiliki corak kehidupan yang sama yaitu dengan berburu dan meramu atau food gathering.

Dengan demikian, 5 jenis manusia purba yang ada di Indonesia meliputi Meganthropus Paleojavanicus, Pithecanthropus Mojokertensis, Pithecanthropus Robustus, Pithecanthropus Erectus, dan Pithecanthropus Soloensis.

0

Roboguru

Pithecanthropus merupakan jenis manusia purba pertama yang ditemukan di wilayah Indonesia. Sisa-sisa kehidupan Pithecanthropus dapat ditemukan di daerah ...

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus secara harfiah dapat diartikan sebagai Manusia Kera. Dalam konteks penemuannya di Indonesia, jenis manusia purba ini banyak ditemukan oleh para ahli keilmuan Masa Praaksara, baik dalam ataupun luar negeri. Adapun beberapa persebaran wilayah atau tempat penemuan fosil manusia purba jenis ini dan temuan sisa kehidupannya adalah sebagai berikut: 

  • Homo wajakensis yang terletak di Wajak, Tulungagung oleh van Rietschoten,
  • Pithecanthropus erectus di Trinil, dekat tepian Sungai Bengawan Solo oleh Eugene Dubois, dan
  • Pithecantrhopus soloensis yang ditemukan di Sangiran dan Ngandong oleh von Koenigswald. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

1

Roboguru

Perhatikan nama fosil manusia purba berikut! Homo ergaster Homo erectus Pithecanthropus erectus Homo sapiens Orrorin tugonensis Fosil manusia purba yang ada di Indonesia ditunjukkan pada nomo...

Pembahasan Soal:

Di Indonesia, terdapat sejumlah penemuan fosil manusia purba yang tercatat dalam sejarah. Adapun lokasi penemuan fosil tersebut tersebar di berbagai daerah, seperti di Trinil, Solo, hingga Flores. Jenis-jenis manusia purba tersebut adalah

  1. Meganthropus Paleojavanicus, yang artinya manusia besar tertua dari Jawa. Ini diambil dari kata Mega yang artinya besar, Anthropus yang artinya manusia, Paleo yang artinya tua, dan Javanicus yang artinya Jawa. Fosil ini ditemukannya di Sangiran, Jawa Tengah oleh G. H. R. von Koenigswald pada tahun 1936-1941.
  2. Pithecanthropus Mojokertensis, artinya manusia kera dari Mojokerto. Ini diambil dari kata Pithecos yang artinya kera dan Anthropus yang artinya manusia. Karena ditemukannya di Mojokerto, Jawa Timur, jadi dinamakan Mojokertensis. Dan fosil manusia purba ini ditemukannya juga oleh von Koenigswald pada tahun 1936. 
  3. Pithecanthropus Erectus, yang artinya manusia kera berbadan tegak. Ini diambil dari kata Erectus yang artinya tegak. Fosil ini ditemukannya oleh Eugene Dubois pada tahun 1891, di Lembah Bengawan Solo, Jawa Tengah.
  4. Pithecanthropus Soloensis adalah manusia kera berbadan tegak dari Solo, ditemukan oleh von Koenigswald pada tahun 1931 di Desa Ngandong, Jawa Tengah.
  5. Manusia Wajak (Homo wajakensis) merupakan satu-satunya temuan di Indonesia yang untuk sementara dapat disejajarkan perkembangannya dengan manusia modern awal dari akhir Kala Pleistosen. Pada tahun 1889, manusia Wajak ditemukan oleh B.D. van Rietschoten di sebuah ceruk di lereng pegunungan karst di barat laut Campurdarat, dekat Tulungagung, Jawa Timur. Manusia Wajak ini adalah bagian dari Homo Sapiens. Homo sapiens sendiri artinya ‘manusia sempurna’ baik dari segi fisik, volume otak maupun postur badannya yang secara umum tidak jauh berbeda dengan manusia modern. Kadang-kadang Homo sapiens juga diartikan dengan ‘manusia bijak’ karena telah lebih maju dalam berpikir dan menyiasati tantangan alam.
  6. Sama seperti sebelumnya Homo Floresiensis pun merupakan bagian dari Homo Sapiens yang artinya manusia dari Flores. Ini karena fosilnya ditemukan di Pulau Flores, Nusa Tenggara oleh Peter Brown pada tahun 2002. Sa
  7.  Homo Soloensis ditemukan di Ngandong, Blora, di Sangiran dan Sambungmacan, Sragen oleh Ter Haar, W.E.F Oppernoorth, dan Von Koenigswald pada tahun 1931-1933. Menurut Von Koenigswald, makhluk ini lebih tinggi tingkatannya di bandingkan dengan Pithecanthropus Erectus maka daripada itu Homo Solensis pun merupakan bagian dari Homo Sapiens.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Fosil temuan pertama yang menjadi pangkal penyelidikan zaman praaksara di Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus erectus merupakan jenis manusia purba yang ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di Trinil, Jawa Timur. Manusia purba tersebut diperkirakan hidup pada masa Pleistosen tengah serta memiliki ciri berupa tulang kening yang menonjol, berbadan tegap, tinggi badan berkisar antara 165-170 cm, serta volume otak sekitar 900 cc. Pithecanthropus erectus dianggap merupakan fosil temuan pertama yang menjadi pangkal penyelidikan zaman praaksara di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan fosil Pithecanthropus erectus merupakan fosil pertama yang ditemukan di Indonesia. Hasil temuan dari fosil Pithecanthropus erectus ini dipublikasikan oleh Eugene Dubois dalam sebuah majalah ilmiah tahun 1894. Fosil Pithecanthropus erectus juga sering dihubungkan dengan teori evolusi Charles Darwin.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved