Roboguru

Manusia purba pada masa lampau, telah tinggal di beberapa daerah di Pulau Jawa diantaranya di lembah….

Pertanyaan

Manusia purba pada masa lampau, telah tinggal di beberapa daerah di Pulau Jawa diantaranya di lembah….

  1. Baliem

  2. Sungai Nil

  3. Sungai Bengawan Solo

  4. Sungai Kapuas

  5. Sungai Musi

Pembahasan Soal:

Manusia purba yang berada di beberapa daerah Pulau Jawa banyak tinggal di lembah Sungai Bengawan Solo. Berdasarkan penelitian para ahli di wilayah lembah Sungai Bengawan Solo banyak fosil-fosil manusia purba yang ditemukan seperti fosil Pithecanthropus erectus dan sebagian besar manusia purba yang di Sangiran. Hal tersebut bisa terjadi karena pada masa berburu dan mengumpulkan makanan Sungai Bengawan Solo menyediakan air bersih dan makanan seperti hewan dan tumbuhan.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 09 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada tanggal 5 Desember 1996, situs Sangiran ditetapkan sebagai warisan budaya dunia yaitu sebagai The Early Man Site oleh...

Pembahasan Soal:

Situs Sangiran berpotensi sebagai ilmu pengetahuan dan sejarah peradaban. Selain itu, situs ini juga memiliki nilai dalam industri pariwisata. Untuk mendukung kegiatan kepariwisataan, pendidikan, dan penelitian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Departemen Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi mendirikan Museum Prasejarah Sangiran di Desa Krikilan pada 1988. Pentingnya Situs Sangiran bagi perkembangan dunia ilmu pengetahuan tentang evolusi manusia dan lingkungan masa lalu membuat pemerintah RI mengajukan usulan ke UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada 1995 agar dimasukkan ke dalam World Heritage List. Akhirnya pada 5 Desember 1996, Situs Sangiran ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia dengan nomor 593 tahun 1996 dengan nama The Sangiran Early Man Site.

Dengan demikian, jawaban yang paling benar adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan keterangan-keterangan berikut! Ditemukan tahun 1890 di  Kedungbrubus, Trinil, dan Ngawi oleh Eugene Dubois. Fosil yang ditemukan antara lain atap tengkorak, tulang paha, rahang bawah, r...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1890 di Kedungbrubus. Trinil, dan Ngawi berhasil ditemukan beberapa fosil Pithecanthropus erectus oleh Eugene Dubois. Beberapa fosil yang ditemukan antara lain atap tengkorak, tulang paha, rahang bawah, rahang atas, gigi lepas, dan tulang kering. Ciri-ciri Pithecanthropus erectus antara lain badan tegap, hidung Iebar, dagu tidak ada, alat pengunyah kuat, berat badan 80-100 kg, tinggi badan 160-180 cm, terdapat tonjolan kening pada dahi, tulang tengkorak berbentuk lonjong, volume otak 750-1.000 cc, dan muka didominasi oleh bagian rahang yang menonjol.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Fosil Pithecanthropus erectus yang merupakan fosil manusia pertama di Indonesia ditemukan di daerah....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1890, peneliti arkeolog Eugene Dubois menemukan fosil dari manusia purba di tepian Sungai Bengawan Solo, daerah Trini, Jawa Timur. Penelitian terhadap fosil kerangka manusia Jawa tersebut kemudian disebut dengan Pithecanthropus ertectus yang berarti manusia kera yang sudah berdiri tegak. Ciri-ciri dari Pithecanthropus erectus adalah sebagai berikut.

  1. Tulang rahang dan gigi besar dan kuat.
  2. Tinggi badan sekitar 165-170 cm.
  3. Kening menonjol.
  4. Tidak berdagu.
  5. Berbadan dan berjalan tegak.
  6. Volume otaknya 900 cc.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Roboguru

Pithecantropus erectus merupakan fosil manusia purba yang diketemukan pada tahun 1890 di ...

Pembahasan Soal:

Dalam buku Sejarah Nasional Indonesia: Masa Prasejarah sampai Masa Proklamasi Kemerdekaan (2011) karya M. Junaedi Al Anshori, fosil manusia purba yang pertama kali ditemukan di Indonesia adalah Pithecantropus erectus. Fosil tersebut ditemukan di lembah Sungai Bengawan Solo daerah Trinil, Jawa Timur pada 1890 oleh Eugene Dubois. KataPithecantropus erectusberasal dari bahasa Yunani. Fithkos yang artinya kera, anthropus berarti manusia, dan erectus berati tegak. Pithecantropus erectus berarti manusia kera yang berjalan tegak lurus. Oleh para ilmuwan, Pithecantropus erectusdisebut Homo erectus. Fosil yang ditemukan fosil yang ditemukan berupa tulang rahang, bagian atas tengkorak, geraham, dan tulang paha kiri. Tulang rahang yang ditemukan diperkirakan volume otaknya berkisar 750 cc. Volume otak manusia modern pada umumnya lebih dari 1.000 cc, sedangkan kera maksimal 600 cc.

Bukti lain penemuan manusia purba di Lembah Bengawan Solo, desa Trinil, Ngawi, Jawa Timur adalah tulang belakang kepala yang menentukan duduknya kepala atas leher. Anggota tubuh lainnya seperti tulang keningnya sangat menonjol ke muka. Dari ukuran tulang tengkorak dapat diketahui tingginya diperkirakan 165 cm. Ukuran itu menyerupai manusia yang sudah berjalan tegak. Selama puluhan tahun, Pithecantropus erectus sempat dianggap sebagai manusia purba tertua di Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Penemuan fosil berupa makhluk Pithecanthropus erectus di beberapa wilayah Jawa, terutama daerah Mojokerto dan Sangiran, diduga sebagai makhluk yang sudah sempurna. Makhluk itu hidup pada masa ....

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus erectus adalah salah satu jenis manusia purba yang teridentifikasi berdasarkan penemuan fosil (tulang yang membatu) di Indonesia. Jika dilihat dari bahasa Yunani, Pithecantropus Erectus memiliki arti "manusia kera yang berjalan tegak". Diperkirakan jenis manusia purba ini hidup dan berkembang sekitar zaman Pleistosen Tengah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved