Pertanyaan

Sebutkan dampak positif bioteknologi modern!

Sebutkan dampak positif bioteknologi modern! 

  1. .... 

  2. .... 

A. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Bioteknologi modern merupakanmerupakan metode bioteknologi yang menggunakan prinsip rekayasa DNA, selain prinsip mikrobiologi dan biokimia. Metode ini dilakukan dengan cara memodifikasi gen-gen spesifik dan menyisipkannya pada organisme lain seperti mikroba, hewan dan tumbuhan. Bioteknologi modern memiliki beberapa dampak positifdalam bidang pertanian, peternakan, kedokteran dan farmasi, yaitu sebagai berikut. Rekayasa genetika, dalam bidang pertanian bioteknologi mempunyai tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan perbaikan sifat-sifat suatu tanaman pada level gen. Kultur jaringan digunakan untuk memperbanyak tanaman hasil rekayasa genetika dan juga untuk menyediakan benih unggul dalam jumlah banyak yang tidak tergantung kondisi musim atau cuaca. Kloning hewan dalam bidang peternakan,dapat menghasilkan embrioidentikdalam satu kali siklus reproduksi. Hormon insulin, dihasilkan dari gen hormone insulin manusia yang disisipkan ke DNA bakteri dengan menggunakan enzim sehingga dihasilkannya hormon insulin dalam jumlah yang besar. Antibodi monoklonal,dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kanker serta untuk mencegah keracunan dan mengetahui tanda-tanda kehamilan.

Bioteknologi modern merupakan merupakan metode bioteknologi yang menggunakan prinsip rekayasa DNA, selain prinsip mikrobiologi dan biokimia. Metode ini dilakukan dengan cara memodifikasi gen-gen spesifik dan menyisipkannya pada organisme lain seperti mikroba, hewan dan tumbuhan. Bioteknologi modern memiliki beberapa dampak positif dalam bidang pertanian, peternakan, kedokteran dan farmasi, yaitu sebagai berikut.

  1. Rekayasa genetika, dalam bidang pertanian bioteknologi mempunyai tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan perbaikan sifat-sifat suatu tanaman pada level gen. 
  2. Kultur jaringan digunakan untuk memperbanyak tanaman hasil rekayasa genetika dan juga untuk menyediakan benih unggul dalam jumlah banyak yang tidak tergantung kondisi musim atau cuaca.
  3. Kloning hewan dalam bidang peternakan, dapat menghasilkan embrio identik dalam satu kali siklus reproduksi.
  4. Hormon insulin, dihasilkan dari gen hormone insulin manusia yang disisipkan ke DNA bakteri dengan menggunakan enzim sehingga dihasilkannya hormon insulin dalam jumlah yang besar.
  5. Antibodi monoklonal, dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kanker serta untuk mencegah keracunan dan mengetahui tanda-tanda kehamilan. 

417

4.5 (2 rating)

Karbiniani satri santini

Ini yang aku cari!

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan masing-masing tujuh manfaat bioteknologi kovensional (alami) dan bioteknologi modern!

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia