Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan dampak dari imperialisme yang dilakukan oleh Portugis di Indonesia!

Sebutkan dampak dari imperialisme yang dilakukan oleh Portugis di Indonesia! 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dampak dari imperialisme Portugis di Indonesia berpengaruh pada bidang politik, sosial, agama dan budaya pada masyarakat Indonesia.

dampak dari imperialisme Portugis di Indonesia berpengaruh pada bidang politik, sosial, agama dan budaya pada masyarakat Indonesia.

Iklan

Pembahasan

Beberapa dampak imperialisme Portugis di Indonesia adalah sebagai berikut. Dalam bidang politik, dengan dikuasainya Malaka menghancurkan organisasi perdagangan Asia, Macau di Cina,Ambon, dan kerajaan-kerajaan Islam pada saat itu mengalami kendala untuk berdagang mengingat pentingnya Malaka bagi kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara. Terjadinya penyebaran agama Kristen yang dipimpin oleh Xaverius di Ambon, Ternate, dan Morotai. Banyaknya nama orang di daerah Maluku yang menggunakan nama Portugis. Selain itu, ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang menyerap unsur bahasa Portugis seperti meriam, minggu, nona, signor, sinyor, dan dalam kesenian, musik keroncong merupakan perpaduan dengan budaya Portugis. Dengan demikian, dampak dari imperialisme Portugis di Indonesia berpengaruh pada bidang politik, sosial, agama dan budaya pada masyarakat Indonesia.

Beberapa dampak imperialisme Portugis di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Dalam bidang politik, dengan dikuasainya Malaka menghancurkan organisasi perdagangan Asia, Macau di Cina, Ambon, dan kerajaan-kerajaan Islam pada saat itu mengalami kendala untuk berdagang mengingat pentingnya Malaka bagi kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara.
  2. Terjadinya penyebaran agama Kristen yang dipimpin oleh Xaverius di Ambon, Ternate, dan Morotai.
  3. Banyaknya nama orang di daerah Maluku yang menggunakan nama Portugis. Selain itu, ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang menyerap unsur bahasa Portugis seperti meriam, minggu, nona, signor, sinyor, dan dalam kesenian, musik keroncong merupakan perpaduan dengan budaya Portugis.

Dengan demikian, dampak dari imperialisme Portugis di Indonesia berpengaruh pada bidang politik, sosial, agama dan budaya pada masyarakat Indonesia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Sn_

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada masa pemerintahannya, Raffles berusaha menghapus sistem feodal dalam masyarakat Jawa. Deskripsikan upaya Raffles menghapus sistem tersebut!

40

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia