RoboguruRoboguru
SD

Pembangunan jaringan transportasi untuk menunjang kebijakan pemerintah kolonial Belanda turut memperlancar kegiatan per­ekonomian di Indonesia. Mengapa demikian?

Pertanyaan

Pembangunan jaringan transportasi untuk menunjang kebijakan pemerintah kolonial Belanda turut memperlancar kegiatan per­ekonomian di Indonesia. Mengapa demikian?

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembangunan jaringan transportasi untuk menunjang kebijakan pemerintah kolonial Belanda turut memperlancar kegiatan perekonomian di Indonesia karena pembangunan jaringan transportasi tersebut, dapat memperpendek waktu perjalanan sehingga mempermudah akses perdagangan antardaerah di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Kebutuhan akan jaringan transportasi yang luas dan cepat guna menunjang kebijakan yang diberlakukan, membuat pemerintah kolonial Belanda mulai membangun jalur-jalur kereta api di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Selain itu, pemerintah kolonial Belanda juga membangun jaringan transportasi antarpulau yang dikelola oleh Koninklijke Paketvaart Maatschapij, yang mana berkaitan dengan pelabuhan. Pembangunan jaringan transportasi tersebut, secara tidak langsung membawa keuntungan ekonomis bagi daerah yang dilalui. Hal ini dikarenakan dengan pembangunan jaringan transportasi tersebut, dapat memperpendek waktu perjalanan sehingga mempermudah akses perdagangan antardaerah di Indonesia. Jaringan transportasi ini membuat perdagangan antarpulau dan antarnegara yang semakin lancar. 

46

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan Tabel berikut ! Jelaskan dampak dari pengaruh bangsa asing (Portugis dan Belanda) dalam bidang ekonomi!

71

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia