Roboguru

Sebutkan 7 kerajaan yang bercorak Islam di Nusanta...

Sebutkan 7 kerajaan yang bercorak Islam di Nusantara!

Jawaban:

Jejak-jejak penyebaran Islam salah satunya ditandai dengan kemunculan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Menurut sejarah, agama Islam pertama kali masuk ke Nusantara sejak akhir abad ke-6 Masehi, lalu kian berkembang lewat kemunculan kerajaan Islam. Kerajaan Islam di Indonesia berjaya sejak abad 13 Masehi karena dipengaruhi oleh jalur perdagangan dari Timur Tengah, India dan negara lainnya. Beberapa Kerajaan Islam di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan ini berada di Kabupaten Lhokseumawe, Aceh Utara dan berdiri sejak tahun 1267- 1521. Sultan Malik Al-Saleh menjadi pendiri sekaligus raja pertama Samudera Pasai yang kerajaan Islam tertua di Indonesia.

  2. Selain di Aceh, kerajaan Islam muncul di Demak, Jawa Tengah. Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Fatah pada 1478. Kerajaan Demak memberikan peran besar dalam peradaban Islam di Jawa. Selama berdiri, Kerajaan Demak dipimpin oleh 5 raja yakni: Raden Fatah, Pati Unus, Sultan Trenggono, Sunan Prawata dan Arya Penangsang.

  3. Kerajaan Aceh yang didirikan di Banda Aceh pada 1496. Pemimpin pertama Kerajaan Aceh Darussalam yakni Sultan Ali Mughayat Syah. Kerajaan Aceh Darusalam vokal menunjukkan perlawanan terhadap imperialisme Eropa. Sementara ketika berjaya, kerajaan Islam ini juga dikenal menjadi pengasil lada terbesar.

  4. Raden Samudra mendirikan kerajaan Islam pertama di Kalimantan bernama Kerajaan Banjar pada 1520. Setelah wafat, tahta Raden Samudra digantikan oleh Sultan Rahmatullah.

  5. Jejak peradaban Islam juga ditemukan di Kota Yogyakarta dengan kemunculan Kerajaan Mataram. Kerajaan tersebut berdiri sejak 1582 di Kotagede. Tercatat, ada 6 raja yang pernah memimpin Kerajaan Mataram. Salah satunya Raden Mas Rangsang (Sultan Agung) yang berhasil membawa Kerajaan Mataram di puncak kejayaan.

  6. Kerajaan Pajang merupakan penerus dari Kerajaan Demak. Kerajaan ini didirikan oleh Jaka Tingkir pada tahun 1568 di Kelurahan Pajang, Kota Surakarta. Kerajaan Pajang berkuasa dalam waktu cukup singkat dari 1548-1586.

  7. Raden Fatahillah mendirikan Kerajaan Cirebon pada 1522. Kerajaan itu mencapai puncak kejayaan semasa kepemimpinannya. Kemudian setelah wafat, tahta Raden Fatahillah berganti kepada putranya, Pangeran Pasarean.

Dengan demikian, 7 kerajaan yang bercorak Islam di Nusantara diantaranya adalah: Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Demak, Kerajaan Aceh, Kerajaan Banjar, Kerajaan Mataram Islam, Kerajaan pajang, dan Kerajaan Cirebon.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved