Mengapa kerajaan-kerajaan Islam Nusantara muncul dari wilayah pesisir, misalnya Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Demak, dan Kerajaan Banten? Berikan pendapat Anda!

Pertanyaan

Mengapa kerajaan-kerajaan Islam Nusantara muncul dari wilayah pesisir, misalnya Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Demak, dan Kerajaan Banten? Berikan pendapat Anda!

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kerajaan-kerajaan Islam Nusantara muncul dari wilayah pesisir karena biasanya para pedagang Islam bermukim di wilayah pesisir dan karakteristik penduduk di pesisir cenderung terbuka.

Pembahasan

Masuknya Islam ke Nusantara memiliki beberapa teori, seperti teori Gujarat, teori Persiam teori China, serta teori Mekkah. Kerajaan-kerajaan Islam banyak berkembang di wilayah pesisir, seperti Kesultanan Samudera Pasai, Kesultanan Demak, dan Kesultanan Banten. Hal ini dikemukakan dalam teori Arab  bahwasannya terdapat permukiman Islam pada tahun 674 di Barus, pantai barat Sumatera. Pada saat itu, para pedagang Islam bermukim di perkampungan pesisir di Nusantara. Karakteristik penduduk pesisir yang terbuka terhadap hal-hal baru turut mempermudah penyebaran agama Islam. Para pedagang Islam juga berinteraksi dengan penguasa setempat yang secara perlahan masuk ke lingkaran pusat kekuasaan. Ketika raja-raja dan para bangsawan memeluk Islam, rakyatnya dengan mudah mengikuti.

Dengan demikian, kerajaan-kerajaan Islam Nusantara muncul dari wilayah pesisir karena biasanya para pedagang Islam bermukim di wilayah pesisir dan karakteristik penduduk di pesisir cenderung terbuka.

923

5.0 (1 rating)

Adella

Makasih ❤️

Pertanyaan serupa

Di bawah ini yang tidak termasuk cara penyebaran Islam di Nusantara adalah saluran ...

9rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia