Pertanyaan

Sebuah kapal berlayar dari titik O ke arah timur laut sejauh 5km menuju ke titik A , kemudian berbelok ke arah barat sejauh 2km menuju titik B . Sketsalah perjalanan kapal tersebut dan nyatakan dalam bentuk vektor.

Sebuah kapal berlayar dari titik  ke arah timur laut sejauh  menuju ke titik , kemudian berbelok ke arah barat sejauh  menuju titik . Sketsalah perjalanan kapal tersebut dan nyatakan dalam bentuk vektor.

S. Nur

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sketsa perjalanan kapal tersebut digambarkan seperti gambar di atas dan dapat dinyatakan dalam bentuk vektor OA + AB = OB .

sketsa perjalanan kapal tersebut digambarkan seperti gambar di atas dan dapat dinyatakan dalam bentuk vektor .

Pembahasan

Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Vektor AB artinya vektor yang memiliki titik pangkal A dan titik ujung B . Arah vektor dinyatakan dengan arah panah, sedangkan besar vektor dinyatakan dengan panjang anak panah tersebut. Pada soal di atas, sebuah kapal berlayar dari titik O ke arah timur laut sejauh 5km menuju ke titik A , kemudian berbelok ke arah barat sejauh 2km menuju titik B . Sketsa perjalanan kapaltersebut dapat gambarkan sebagai berikut. Berdasarkan sketsa di atas, perjalanan kapal tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk vektor sebagai berikut. OA + AB = OB Dengan demikian, sketsa perjalanan kapal tersebut digambarkan seperti gambar di atas dan dapat dinyatakan dalam bentuk vektor OA + AB = OB .

Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Vektor  artinya vektor yang memiliki titik pangkal  dan titik ujung . Arah vektor dinyatakan dengan arah panah, sedangkan besar vektor dinyatakan dengan panjang anak panah tersebut.

Pada soal di atas, sebuah kapal berlayar dari titik  ke arah timur laut sejauh  menuju ke titik , kemudian berbelok ke arah barat sejauh  menuju titik . Sketsa perjalanan kapal tersebut dapat gambarkan sebagai berikut.

Berdasarkan sketsa di atas, perjalanan kapal tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk vektor sebagai berikut.

Dengan demikian, sketsa perjalanan kapal tersebut digambarkan seperti gambar di atas dan dapat dinyatakan dalam bentuk vektor .

1rb+

5.0 (11 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambarlah vektor berikut pada buku corak catur atau milimeter block e. q ​ = ⎝ ⎛ ​ 5 − 2 9 ​ ⎠ ⎞ ​

378

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia