Roboguru

Sebagai ketua Karang Taruna, Ridho berhasil mengaj...

Sebagai ketua Karang Taruna, Ridho berhasil mengajak teman-temannya untuk berpartisipasi kerja bakti pada hari Minggu di lingkungan tempat tinggal mereka sesuai dengan surat edaran ketua RW setempat. Dari contoh tersebut unsur pembentuk keteraturan sosialnya adalah ....

  1. tertib sosial

  2. order sosial

  3. kajegan sosial

  4. keteraturan sosial

  5. pola perilaku sosial

Jawaban:

Keteraturan sosial adalah kondisi sosial yang stabil dan hubungan sosial antarindividu atau masyarakat yang harmonis. Terdapat empat unsur keteraturan sosial. Terpenuhinya keempat unsur tersebut berarti terciptanya keteraturan dalam masyarakat. Berikut adalah unsur-unsur terciptanya keteraturan sosial:

  • Tertib sosial: keadaan masyarakat dengan kehidupan tertib dan teratur sebagai hasil dari interaksi sosial yang berjalan harmonis. Sebagai contoh, seorang pendatang melapor kepada ketua RT setempat sebelum keliling kampung meminta sumbangan pembangunan masjid.
  • Order: sistem nilai dan norma yang berlaku dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat. Sebagai contoh, masyarakat desa yang melakukan kerja bakti membersihkan got atau selokan di kampungnya.
  • Keajegan: keteraturan sosial yang reguler atau rutin sebagai hasil dari interaksi sosial yang mengalami pelembagaan. Contoh, seorang anak yang rutin pergi ke sekolah untuk belajar. Seorang pegawai yang rutin pergi ke kantor untuk melayani masyarakat.
  • Pola: corak hubungan sosial yang tetap dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, santri yang cium tangan ketika bertemu kyai.

Pada soal ini, diilustrasikan pemuda karang taruna yang berhasil mengajak teman-temannya ikut kerja bakti berdasarkan surat edaran ketua RW setempat. Hal ini adalah contoh unsur order atau sistem nilai dan norma yang berlaku dan dipatuhi anggota masyarakat.  Norma yang berlaku di sini ditunjukkan oleh surat edaran ketua RW setempat.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved