Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada masyarakat modern kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku dan penerapan sanksi bagi yang menyimpang merupakan unsur pembentukan keteraturan sosial di masyarakat berupa ….

Pada masyarakat modern kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku dan penerapan sanksi bagi yang menyimpang merupakan unsur pembentukan keteraturan sosial di masyarakat berupa ….

  1. order sosial

  2. pola perilaku

  3. tertib hukum

  4. perilaku sosial

  5. keajegan sosial

Iklan

P. Nabilah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Unsur-unsur ketertiban sosial dan contohnya Tertib sosial Tertib sosial adalah keadaan masyarakat dengan kehidupan tertib dan teratur sebagai hasil dari interaksi sosial yang berjalan harmonis. Sebagai contoh, seorang pendatang melapor kepada ketua RT setempat sebelum keliling kampung meminta sumbangan pembangunan masjid. Seorang pengendara mematikan motor ketika masuk gang kecil saat jam belajar masyarakat. Order Order adalah sistem nilai dan norma yang berlaku dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat. Sebagai contoh, masyarakat desa yang melakukan kerja bakti membersihkan got atau selokan di kampungnya. Contoh lain, warga kampung yang bergotong royong mengecat gapura dalam perayaan 17-an. Keajegan Keajegan adalah keteraturan sosial yang reguler atau rutin sebagai hasil dari interaksi sosial yang mengalami pelembagaan. Sebagai contoh, seorang anak yang rutin pergi ke sekolah untuk belajar. Seorang pegawai yang rutin pergi ke kantor untuk melayani masyarakat. Sekolah adalah lembaga pendidikan dan kantor pegawai adalah lembaga pemerintahan. Pola Pola adalah corak hubungan sosial yang tetap dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, santri yang cium tangan ketika bertemu kyai. Meski tidak di pesantren, saat bertemu kyai-nya, para santri cium tangan sebagai penghormatan kepadanya. Corak tersebut merupakan pola hubungan antara kyai dan santri.

Unsur-unsur ketertiban sosial dan contohnya
Tertib sosial
Tertib sosial adalah keadaan masyarakat dengan kehidupan tertib dan teratur sebagai hasil dari interaksi sosial yang berjalan harmonis. Sebagai contoh, seorang pendatang melapor kepada ketua RT setempat sebelum keliling kampung meminta sumbangan pembangunan masjid. Seorang pengendara mematikan motor ketika masuk gang kecil saat jam belajar masyarakat.

Order
Order adalah sistem nilai dan norma yang berlaku dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat. Sebagai contoh, masyarakat desa yang melakukan kerja bakti membersihkan got atau selokan di kampungnya. Contoh lain, warga kampung yang bergotong royong mengecat gapura dalam perayaan 17-an.

Keajegan
Keajegan adalah keteraturan sosial yang reguler atau rutin sebagai hasil dari interaksi sosial yang mengalami pelembagaan. Sebagai contoh, seorang anak yang rutin pergi ke sekolah untuk belajar. Seorang pegawai yang rutin pergi ke kantor untuk melayani masyarakat. Sekolah adalah lembaga pendidikan dan kantor pegawai adalah lembaga pemerintahan.

Pola
Pola adalah corak hubungan sosial yang tetap dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, santri yang cium tangan ketika bertemu kyai. Meski tidak di pesantren, saat bertemu kyai-nya, para santri cium tangan sebagai penghormatan kepadanya. Corak tersebut merupakan pola hubungan antara kyai dan santri.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sekolah meerapkan disiplin tinggi dan memiliki tata tertib yang jelas sebagai acuan bagi siswa dalam bertingkah laku selama berada di lingkungan sekolah. Setiap terjadi pelanggaran maka diterapkan san...

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia